Teks Berita, Pengertian, Struktur Teks, Contoh, Dan Ciri-Cirinya

Diposting pada

Teks Berita, Pengertian, Struktur Teks, Contoh, Dan Ciri-Cirinya – Teks berita adalah teks yang didalamnya mengandung sebuah informasi tentang suatu peristiwa, kejadian, fenomena alam dan lain sebagainya serta bersifat publikatif atau memiliki tujuan untuk memberikan informasi berita kepada pendengar dan pembacanya. Dalam dunia pendidikan, teks berita sendiri mengambil peran penting karena dijadikan bahan ajar pada kelas XI dan XII yang mengacu pada kurikulum 2013.

Menurut para ahli pengertian teks berita adalah sekumpulan teks yang apabila dibaca akan memberikan sebuah informasi spesifik tentang satu peristiwa, fenomena, dan kejadian yang berlangsung dalam kehidupan. Struktur teks berita pada dasarnya sangat kompleks namun satu hal yang perlu kita ingat adalah teks berita harus memiliki kaidah kebahasaan dan dapat dipertanggungjawabkan keabsahannya.

Teks Berita, Pengertian, Struktur Teks, Contoh, Dan Ciri-Cirinya
Teks Berita

Selain mengandung kaidah kebahasaan, teks berita juga harus mengandung unsur pertanyaan 5W dan 1H, yakni: why, who, what, which, where dan how yang berfungsi agar berita yang disampaikan memiliki informasi yang jelas dan tidak menimbulkan kesalahpahaman.

Dalam kehidupan sehari – hari pengertian teks berita dan contoh teks berita sudah banyak beredar di berbagai media elektronik dan media cetak seperti televisi, radio, koran dan lain sebagainya. Jika dikaji lebih dalam lagi teks berita memiliki ciri – ciri yang sangat mencolok yakni dapat menimbulkan kontroversi dan menggunakan bahasa yang terkesan formal.

Teks Berita, Pengertian, Struktur Teks, Contoh, Dan Ciri-Cirinya

Untuk dapat membedakan teks berita dengan teks-teks yang lain maka kita harus dapat mengidentifikasi pengertian, struktur dan ciri-ciri teks berita itu terlebih dahulu. Maka dari itu simaklah informasi dibawah ini:

Teks berita merupakan suatu teks yang berisikan informasi mengenai suatu hal atau kejadian yang terjadi dan masih hangat diperbincangkan oleh banyak orang. Teks berita biasanya disiarkan melalui media elektronik atau media cetak seperti koran dan majalah. Dengan membaca teks berita kita dapat memperoleh informasi mengenai suatu hal yang dapat menambah wawasan kita sehingga dapat berfikir secara kreatif, efektif dan kritis terhadap suatu masalah.

Struktur Teks Berita

Teks berita terdiri 3 (tiga) struktur yang saling berkaitan membentuk suatu teks menjadi sebuah kesatuan teks yang utuh. Struktur pada teks berita sendiri terdiri dari Orientasi, Peristiwa, dan Sumber berita. Untuk mengetahuinya lebih dalam mengenai struktur tersebut berikut di bawah ini terdapat penjelasannya mengenai setiap struktur tersebut.

  • Orientasi Berita, berisikan tentang awal atau pembukaan dari suatu kejadian atau peristiwa yang akan diberitakan. Pada bagian ini biasanya berisi tentang penjelasan secara singkat mengenai informasi yang akan diberitakan tersebut.
  • Peristiwa, berisikan tentang inti pokok dari permasalahan yang dibahas di dalam berita. Pada bagian ini akan dijelaskan tentang jalannya kejadian dari awal hingga akhir berdasarkan fakta asli.
  • Sumber Berita, berisi tentang asal didapatnya informasi yang diberitakan. Bagian ini biasa terletak di akhir berita namun tidak jarang peletakannya terdapat di dalam berita itu sendiri.

Baca Juga : Jenis Teks dalam Bahasa Indonesia

Ciri Ciri Teks Berita

Sama seperti teks – teks lainnya, teks berita juga memiliki ciri-ciri khusus untuk membantu kita membedakannya dengan teks lain. Ciri-ciri dari teks berita adalah sebagai berikut :

  • Adanya Keterangan
  • Terdapat Verba transitif
  •  Terdapat Verba pawarta

Contoh Teks Berita

Selain pengertian teks berita, struktur teks berita dan ciri ciri teks berita di atas. Berikut adalah contoh teks berita singkat yang dapat kita simak di bawah ini yaitu:

Intelijen Jerman Jalin Kerjasama dengan Dinas Rahasia Suriah
Berlin – Walaupun pemerintah Jerman melarang rezim Presiden Suriah Bashar al-Assad, badan intelijen kembali melakukan sebuah kerja sama dengan dinas rahasia Assad. Kerja sama tersebut bertujuan untuk saling bertukar informasi soal pergerakan militan.

Berdasar sumber yang memahami isu tersebut seperti yang dilaporkan surat kabar terkemuka Jerman, Bild dan dilansir  oleh Reuters, Jumat (18/12/2015), badan intelijen asing Jerman atau BND pergi langsung menuju ibukota Damaskus guna berkonsultasi dengan mitra kerjanya dari intelijen Suriah.

Baca Juga : Contoh Teks Berita Singkat Terbaru

Disebutkan juga jika dua pekan lalu, parlemen Jerman sudah menyepakati rencana pendukungan operasi militer koalisi Amerika Serikat untuk melawan kelompok Islamic State of Iraq and Syria (ISIS) di Suriah. Jerman sepakat untuk mengirimkan beberapa jumlah armada pendukung menuju dekat Suriah.

Jerman akan mengirimkan sejumlah jet pengintai berjenis Tornado, kemudian satu buah kapal perang berjenis frigate guna membantu melindungi kapal induk milik Prancis, Charles de Gaulle, dan juga pesawat untuk pengisi bahan bakar juga sekitar 1.200 personel militer.

Para media di Jerman menamai misi tersebut sebagai ‘perang pertama’ Kanselir Angela Merkel serta menyoroti resiko jatuhnya pilot dari Jerman di wilayah yang telah dikuasai anggota ISIS di sana.

Diberitakan Bild, BND memperbarui kontrak kerja sama dengan intelijen Suriah guna saling bertukar informasi terkait militan, terutama mengenai ISIS. Kontrak tersebut juga bertujuan membuat  jalur komunikasi dengan rezim Suriah, jika terjadi insiden di mana pilot jet tempur Tornado yang milik Jerman jatuh di wilayah Suriah pada saat menjalankan misi. Pihak BND tidak mau mengomentari laporan Bild ini.

Masih menurut laporan Bild, BND menginginkan untuk membuka markasnya sendiri di Damaskus segera mungkin serta mengerahkan agen-agen miliknya secara permanen di sana. Semua pergerakan BND tersebut masih dalam tahap permulaan yang menurut Bild, diketahui oleh pemerintah Jerman.

Semoga bermanfaat posting saya kali ini tentang pengertian teks beritam struktur teks berita, ciri ciri teks berita dann contoh teks berita. Teks berita adalah suatu teks yang berisikan informasi mengenai suatu hal atau kejadian yang terjadi dan masih hangat diperbincangkan oleh banyak orang. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah membaca materi teks berita di atas.

Baca Juga  Contoh Majas Metonimia Beserta Penjelasan Lengkap

2 komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.