Kalimat Efektif (Pengertian, Ciri-Ciri, Dan Contoh Kalimat Efektif)

Diposting pada

Kalimat Efektif (Pengertian, Ciri-Ciri, Dan Contoh Kalimat Efektif) – Pada pembahasan materi kali ini kita akan membahas salah satu jenis kalimat yaitu kalimat efektif. Sebelum membahas kalimat efektif kita perlu mengetahui terlebih dahalu definisi dari kalimat itu sendiri. Kalimat adalah kesatuan kata dalam bahasa tertentu yang dirangkai dan menyatakan sebuah makna yang lengkap.Kalimat dapat diucapkan dalam bentuk lisan maupun tulisan. Ok setelah mengetahui apa itu kalimat, sekarang saatnya kita untuk membahas seputar materi kalimat efektif sebagai berikut.

Kalimat efektif adalah kesatuan kata yang dirangkai lebih tepat sesuai dengan kaidah bahasa, jelas, serta mudah dipahami oleh pendengar maupun pembaca. Dari pengertian tersebut, kalimat efektif memiliki syarat-syarat seperti mewakili pemikiran dari penulisnya atau pembicaranya secara tepat dan akurat, serta pemahaman yang diterima oleh orang yang menulis dan membaca dan orang yang membaca dan mendengar sama.

Kalimat Efektif (Pengertian, Ciri-Ciri, Dan Contoh Kalimat Efektif)

Secara umum kalimat efektif memang dapat diartikan sebagai kesatuan kata yang dirangkai lebih tepat sesuai dengan kaidah bahasa, jelas, serta mudah dipahami oleh pendengar maupun pembaca. Selain pengertian kalimat efektif tersebut, adapula ciri ciri dari kalimat efektif. Kalimat efektif memiliki beberapa ciri ciri seperti berikut ini:

  1. Kalimat efektif memiliki bentuk atau imbuhan yang sama.
  2. Hemat
  3. Kalimat efektif hanya menggunakan kata yang perlu saja.
  4. Tidak bertele-tele.
  5. Mudah dipahami oleh pembaca atau pendengar.
  6. Masuk akal.

Contoh Kalimat Efektif
Setelah membahas tentang pengertian kalimat efektif dan ciri ciri kalimat efektif di atas. Selanjutnya saya akan membagikan beberapa contoh kalimat efektif. Adapun beberapa contohnya yaitu sebagai berikut:

  • Sejak dari kemarin dia bekerja (tidak efektif)

Pembenaran: Sejak kemarin dia bekerja (efektif)

  • Oleh-oleh yang diberikan paman kami akan menerimanya (tidak efektif)

Pembenaran : Oleh-oleh yang diberikan paman akan kami terima (efektif)

Sekian penjelasan mengenai pengertian kalimat efektif, ciri ciri kalimat efektif, dan contoh kalimat efektif. Kalimat efektif merupakan salah satu jenis kalimat Bahasa Indonesia. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *