Kebutuhan Sekunder (Pengertian, Contoh Kebutuhan Sekunder Dan Faktor Yang Mempengaruhinya)

Diposting pada

Kebutuhan Sekunder (Pengertian Dan Contoh Kebutuhan Sekunder) – Pada materi ekonomi yang membahas tentang kebutuhan manusia, kebutuhan manusia dibagi menjadi tiga jenis yaitu kebutuhan primer, sekunder dan tersier. Pada posting sebelumnya kita sudah membahas mengenai kebutuhan primer yang di dalamnya sudah disertai dengan pengertian serta contoh dari kebutuhan primer selanjutnya yaitu pada posting kali ini kita akan membahas tentang salah satu jenis kebutuhan manusia yaitu kebutuhan sekunder.

Ada pun hal-hal yang akan kita bahas pada posting tentang kebutuhan sekunder antara lain pengertian dari kebutuhan sekunder. Pada bagian ini bertujuan agar pembaca dapat mengerti apa definisi dari kebutuhan sekunder itu sendiri. Setelah membahas pengertian dari kebutuhan sekunder selanjutnya kita akan mengulas contoh-contoh dari pengertian sekunder. Pada bagian ini kita akan menemui berbagai hal yang termasuk kebutuhan sekunder manusia. Silahkan simak baik-baik yang di bawah ini.

Kebutuhan Sekunder (Pengertian, Contoh Kebutuhan Sekunder Dan Faktor Yang Mempengaruhinya)

Sebagai seorang manusia tentunya kita memiliki rasa atau ambisi akan suatu hal, dan ketika rasa ingin tersebut sudah tidak dapat terbendung maka bagaimanapun juga kita harus membeli atau melakkan sesuatu agar membuat kita merasa lega. Dengan memahami pengertian, contoh dan Faktor yang mendorong munculnya kebutuhan sekunder maka kita akan mengetahui apa itu kebutuhan sekunder.

Kebutuhan Sekunder (Pengertian, Contoh Kebutuhan Sekunder Dan Faktor Yang Mempengaruhinya)
Kebutuhan Sekunder

Artikel Terkait : Kebutuhan Primer (Pengertian Dan Contoh Lengkap)

Pengertian Kebutuhan Sekunder

Kebutuhan sekunder merupakan kebutuhan yang dalam pemenuhannya dilakukan setelah  semua kebutuhan primer sudah terpenuhi dengan baik. Kebutuhan sekunder sendiri berperan sebagai kebutuhan pendamping atau penunjang kebutuhan primer yang dalam pemenuhannya tidak mendesak atau tidak harus terpenuhi karena tidak akan mengancam keberlangsungan hidup manusia. Tetapi setiap manusia pasti tetap berusaha untuk memenuhi  kebutuhan ini sebab jika kebutuhan ini tidak terpenuhi mungkin dapat menggangu kegiatan manusia.

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kebutuhan

Setiap Manusia memiliki tingkat kebutuhan dan keinginan yang berbeda-beda, Jika diteliti lebih dalam lagi maka akan terdapat banyak sekali faktor yang mempengaruhi perbedaan tersebut. dan berikut adalah faktor-faktor yang mempengaruhi kebutuhan sekunder yang dapat saya rangkum.

Perkembangan Zaman
Zaman merupakan perputaran waktu yang sulit untuk di prediksi, perbedaan kebutuhan antara zaman dulu dan zaman sekarang sudah sangat terlihat. Jika orang zaman dulu dapat hidup tanpa smartphone maka pada era modern sekarang ini bisa dikatakan setiap orang memerlukan smartphone untuk membantu kelangsungan hidupnya.

Seiring dengan perkembangan zaman menuntut manusia untuk mengikutinya dengan munculnya makanan yang bervariatif, tempat tinggal mewah dan lain sebagainya.

Lingkungan
Lingkungan juga merupakan faktor yang dapat mempengaruhi kebutuhan setiap indvidu, Bisa dikatakan setiap individu yang tinggal di lingkungan yang berbeda akan memiliki tingkat kebutuhan yang berbeda pula.

Adat Istiadat
Tradisi atau adat istiadat merupakan perbedaan yang terdapat pada setiap suku bangsa, dengan adanya perbedaan adat istiadat ini tentunya menjadikan kebutuhan setiap individu berbeda pula.

Agama
Agama juga merupakan faktor yang dapat mempengaruhi kebutuhan setiap individu, misalkan kebutuhan umat Islam dan umat Kristen sangat berbeda. Umat islam diharamkan untuk memakan daging babi sedangkan umat kristen diperbolehkan.

Artikel Terkait : Kebutuhan Tersier (Pengertian dan Contoh Lengkap)

Contoh Kebutuhan Sekunder

Setelah membahas pengertian dari kebutuhan sekunder sekarang waktunya untuk kita membahas tentang contoh-contoh dari kebutuhan sekunder. Ada banyak sekali kebutuhan sekunder, di bawah ini terdapat beberapa Contoh dari kebutuhan ini antara lain kebutuhan akan hiburan seperti olahraga, rekreasi, pariwisata, majalah, surat kabar. Semua jenis kebutuhan pada umumnya penting bagi kehidupan serta penunjang kegiatan manusia. Dengan terpenuhinya kebutuhan sekunder ini pastinya akan mempermudah kegiatan manusia sehingga bisa hidup lebih baik.

Sekian posting kali ini mengenai Kebutuhan Sekunder (Pengertian Dan Contoh Kebutuhan Sekunder). Secara umum kebutuhan sekunder merupakan kebutuhan yang dalam pemenuhannya dilakukan setelah  semua kebutuhan primer sudah terpenuhi dengan baik. Semoga dengan postingan ini pembaca bisa memahami materi tersebut lebih dalam.

Baca Juga  Pengertian Reklame, Ciri Ciri, Jenis Jenis, dan Contoh Lengkap

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.