Kebutuhan Tersier (Pengertian Dan Contoh Kebutuhan Tersier)

Diposting pada

Kebutuhan Tersier (Pengertian Dan Contoh Kebutuhan Tersier) – Kebutuhan merupakan suatu aspek psikologis yang membantu makhluk hidup dalam beraktivitas dan menjadi alasan untuk semua makhluk hidup untuk berusaha. Tidak terkecuali manusia dengan bekerja, manusia memiliki tujuan untuk memenuhi kebutuhan. Dalam posting kali ini setelah sebelumnya kita membahas tentang kebutuhan sekunder sekarang kita akan membahas salah satu jenis kebutuhan yaitu kebutuhan tersier. Kebutuhan tersier sendiri memiliki perbedaan dibanding dengan kebutuhan lainnya (kebutuhan primer dan sekunder).

Kebutuhan Tersier (Pengertian Dan Contoh Kebutuhan Tersier)
Kebutuhan Tersier

Adapun hal-hal yang akan kita bahas kali ini mengenai kebutuhan tersier akan kita bagi menjadi dua bagian. Pada bagian pertama kita akan membahas pengertian dari kebutuhan tersier lalu dilanjutkan pada bagian kedua kita akan membahas contoh-contoh dari kebutuhan tersier meliputi apa saja yang termasuk dalam kebutuhan tersier manusia.

Kebutuhan Tersier (Pengertian Dan Contoh Kebutuhan Tersier)

Baiklah langsung saja simak ulasan saya dibawah ini untuk mengetahui pengertian dan contoh kebutuhan tersier. Kebutuhan tersier adalah kebutuhan yang dalam pemenuhannya dipenuhi setelah kebutuhan primer dan sekunder telah terpenuhi. Kebutuhan ini dapat terpenuhi dengan cara menggunakan barang-barang yang tergolong mewah atau bisa disebut luxe. kebutuhan tersier ini lebih bersifat prestisius yang memiliki Arti,jika seseorang dapat memenuhi kebutuhan ini akan berpengaruh terhadap terangkatnya gengsi, derajat atau martabat orang yang memilikinya.Dalam kehidupan sehari-hari kebutuhan tersier tergolong kebutuhan yang tidak semua orang bisa memenuhinya.

Baca Juga : Pengertian Dan Contoh Kebutuhan Primer

Hanya kalangan atas yang memiliki uang dan kekayaan yang cukup untuk membeli barang-barang mewahlah yang bisa memenuhi kebutuhan ini, sehingga hanya sebagian kecil orang yang bisa memenuhinya. Dalam hal ini kebutuhan tersier tidak harus terpenuhi seperti halnya kebutuhan lainnya dikarenakan kebutuhan ini hanya bersifat sebagai hiburan atau kesenangan belaka. Sehingga jika tidak terpenuhi juga tidak akan berpengaruh pada kelangsungan hidup manusia.

Contoh Kebutuhan Tersier

Setelah pada bagian sebelumnya kita sudah membahas pengertian dari kebutuhan tersier sekarang kita akan membahas sebagaian contoh dari kebutuhan tersier karena kebutuhan tersier itu ada banyak sekali. Ok, bagi kalian yang ingin mengetahui apa saja contoh dari kebutuhan tersier bisa simak langsung yang dibawah ini.

  1. Mobil
  2. Perhiasan, barang ini akan menambah kesan indahan bagi pemakainya. Namun jika tidak terpenuhi juga tidak berdampak buruk sama sekali bagi manusia.
  3. Komputer, barang ini bisa bersifat sebagai barang untuk hiburan maupun barang untuk membantu aktifitas lain seperti pekerjaan kantor,tugas sekolah dll.
  4. Mainan, barang ini termasuk sebagai barang yang digunakan sebagai hiburan belaka.
  5. Rumah mewah, rumah merupakan salah satu kebutuhan primer, namun bagi sebagian orang  yang tingkat ekonominya tinggi memiliki rumah sederhana saja tidak cukup sehingga mereka membeli rumah yang mewah.
  6. Alat-alat elektronik, barang-barang ini seperti alat pemutar musik, handphone dll
  7. Makanan mewah dan sebagainya.

Diatas telah saya sebutkan sebagaian contoh dari kebutuhan tersier, contoh di atas belum lah keseluruhan dari barang-barang yang tergolong kebutuhan tersier. Kebutuhan tersier sendiri bisa menjadi sebuah kebutuhan primer bagi orang-orang tertentu contohnya sebagai seseorang yang bekerja sebagai penyedia jasa angkutan seseorang itu perlu dan harus memiliki mobil untuk melakukan pekerjaannya. Namun di kehidupan sehari-hari pada umumnya orang-orang yang memiliki tingkat ekonomi yang tinggi, setelah kebutuhan primer dan sekunder telah terpenuhi mereka akan mencoba untuk membeli barang-barang lain yang bersifat mewah karena kebutuhan lainnya telah tercukupi atau lengkap.

Sekian posting kali ini mengenai Kebutuhan Tersier (Pengertian Dan Contoh Kebutuhan Tersier) yang sekaligus menjadi penutup pembahasan materi kita mengenai jenis-jenis dari kebutuhan manusia. Jangan lupa untuk berkunjung kembali untuk mendapatkan pembahasan dari berbagai materi lainnya.

Baca Juga  Cara Membuat Neraca Saldo Yang Baik dan Benar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.