Teks Prosedur Kompleks (Pengertian, Tujuan, Struktur, Kaidah Kebahasaan, Dan Contoh Teks Prosedur)

Diposting pada

Teks Prosedur Kompleks (Pengertian, Tujuan, Struktur, Kaidah Kebahasaan, Dan Contoh Teks Prosedur) – Pada pembahasan materi kali ini kita akan membahas mengenai salah satu materi yang terdapat pada mata pelajaran bahasa indonesia yaitu teks prosedur kompleks. Adapun hal-hal yang akan kita bahas pada posting kali ini meliputi pengertian , struktur, kaidah kebahasaan, tujuan, serta contoh dari Teks Prosedur. Untuk kalian yang sudah tidak sabar ingin mengetahuinya bisa simak baik-baik yang di bawah ini.

Teks Prosedur Kompleks, Pengertian, Tujuan, struktur, kaidah kebahasaan, dan contohnya
Teks Prosedur Kompleks, Pengertian, Tujuan, struktur, kaidah kebahasaan, dan contohnya

Siapa yang belum pernah membaca teks prosedur selama ini. Sudah pasti semua pernah membacanya karena teks ini sangat mudah ditemukan dalam kehidupan nyata. Namun dari sekian banyak prosedur tersebut ada beberapa yang bersifat kompleks karena melibatkan berbagai alat, bahan, dan langkah. Misalnya saja pada buku resep masakan atau panduan perakitan. Dan coba bandingkan dengan prosedur minum obat, keduanya memiliki tingkat kesulitan yang berbeda.

Mayoritas orang memang tidak mempertimbangkan poin poin pada teks prosedur. Bagi mereka prosedur hanyalah sebatas tata cara dan langkah. Untuk menghilangkan stigma ini saya telah menyusun materi teks prosedur berdasarkan pembelajaran di SMP dan SMA. Mari kita tambah pengetahuan kita dengan membaca materi berikut ini.

Materi Teks Prosedur Kompleks

Teks prosedur kompleks bisa dengan mudah kita temukan semasa SMP dan SMA. kendati demikian, tingkat kesulitan yang disampaikan biasanya berbeda dan meningkat berdasarkan jenjangnya. Jadi bisa dibilang contoh teks prosedur kompleks di SMA lebih sulit daripada di SMP. Mungkin sebagian orang menganggap teks prosedur sebagai sesuatu yang simpel karena dapat dengan mudah ditemukan. Namun apakah anda tau bagaimana cara membuat teks prosedur kompleks yang baik dan benar?

Untuk membuat suatu prosedur kita harus memperhatikan beberapa faktor terlebih dahulu. Faktor-faktor inilah yang nantinya akan menjadi parameter susunan teks kita. Kita harus memperhatikan kaidah kebahasaan dan struktur teks itu sendiri. Selain itu kita juga tidak boleh melupakan fungsi sosial dan pengertiannya karena semua itu termasuk dalam komponen teks prosedur.

Pentingnya mempelajari materi teks prosedur kompleks bahkan dirumuskan dalam silabus hingga dijadikan bahan ujian. Sayangnya masih ada siswa yang kurang paham tentang kaidah kebahasaan, serta struktur teks prosedur tersebut. Untuk mengatasi segala problematika terkait teks ini maka saya sudah membuat rangkuman materi. Pada artikel kali ini kita akan membahas tuntas apa itu teks prosedur kompleks.

Pengertian teks prosedur kompleks

Pertama kita harus mempelajari pengertiannya terlebih dahulu. Mengapa demikian? Karena teks prosedur kompleks bukan hanya soal prosedur semata. Tapi memang ada pengertian resmi yang tercatat dalam kamus besar bahasa indonesia.

Dalam berbagai referensi baik buku maupun penuturan para pakar telah dibahas pengertian teks ini. Teks prosedur kompleks adalah sebuah teks yang berisikan langkah-langkah atau tahap-tahap untuk melakukan suatu hal baik melakukan kegiatan tertentu ataupun membuat sesuatu yang disajikan dengan urutan-urutan tertentu.

Fungsi sosial teks prosedur kompleks

Fungsi sosial jika diartikan lebih mirip seperti tujuan umum. Yakni tujuan mengapa teks tersebut disusun dan biasanya tujuan tersebut untuk kepentingan orang banyak. Tujuan dari teks prosedur kompleks adalah menginformasikan langkah langkah melakukan sesuatu untuk memperoleh hasil akhir yang akan dicapai.

Struktur teks prosedur kompleks

Salah satu poin penting dalam materi ini adalah memperlajari struktur teks prosedur kompleks. Faktanya banyak yang masih bingung menentukan struktur teks lantaran presedur berbeda dengan teks deskripsi, eksposisi, eksplanasi dan lain sebagainya. Untuk mempermudah kalian memahaminya saya mencoba merangkum struktur teksnya sesimpel mungkin.

Baca juga: Contoh Teks Prosedur Kompleks (Cara Membuat Jus Mangga)

Teks prosedur sendiri memiliki tiga struktur dalam pembentukannya. Dalam hal ini ketiga struktur tersebut adalah bagian tujuan, bagian material, dan bagian langkah-langkah. Untuk mengetahui penjelasan dari setiap struktur tersebut kalian bisa simak langsung berikut ini.

  • Bagian Tujuan, bagian tujuan dari teks prosedur dapat berupa judul dan juga berisikan tujuan dari pembuatan teks prosedur tersebut atau hasil akhir yang akan di capai jika kita melakukan tahapan pada teks prosedur tersebut.
  • Bagian material, berisikan bahan-bahan, alat-alat, atau material yang diperlukan, namun tidak tidak semua teks prosedur terdapat bagian ini. Pada umumnya penggunaan bagian material terdapat pada teks prosedur tentang pembuatan suatu hal seperti makanan dan sebagainya.
  • Bagian langkah-langkah, bagian ini berisikan langkah-langkah yang harus ditempuh untuk memperoleh hasil sesuai dengan tujuan teks prosedur. Pada bagian ini setiap langkah harus dilakukan secara urut tidak boleh secara acak dalam melakukannya.

Kaidah kebahasaan teks prosedur kompleks

Kaidah kebahasaan bisa dibilang seperti komponen penggunaan bahasa yang ditemukan dalam sebuah teks. Komponen tersebut menyangkut tata pemilihan bahasa, pengolahan kata, dan menyangkut fungsi kata itu sendiri. Lewat kaidah kebahasaan inilah selanjutnya teks dapat dikenali dan diidentifikasi ciri cirinya. Seperti teks lainnya teks prosedur juga memiliki ciri kaidah kebahasaan sendiri sebagai berikut:

  1. Konjungsi temporal: Pada teks prosedur akan banyak sekali dijumpai kata konjungsi temporal atau kata penghubung yang menyatakan waktu kegiatan yang hadir dan berisifat kronologis seperti selanjutnya, berikutnya, kemudian, lalu, dan setelah itu.
  2. Kata kerja imperatif atau kata perintah: dalam teks ini juga akan banyak dijumpai perintah-perintah dan larangan yang harus ditaati dalam pelaksanaan teks prosedur.
  3. Verba material dan tingkah laku: verba material merupakan sesuatu yang mangacu pada tindakan fisik seperti potong ikan, haluskan bumbu dan lain-lain. Sedangkan verba tingkah laku merupakan tindakan yang dilakukan dengan ungkapan.
  4. Partisipan manusia: merupakan semua manusia yang ikut serta dalam teks prosedur tersebut.
  5. Terdapat bilangan sebagai penanda urutan.
  6. Terdapat kalimat introgatif atau kalimat yang berisikan pertanyaan.
  7. Terdapat kalimat deklaratif atau kalimat yang berisikan pernyataan.

Saya rasa cukup sampai disini saja materi teks prosedur kompleks yang umum diajarkan di sekolah. Selebihnya kita bisa mengelaborasinya sendiri dan melakukan praktek identifikasi untuk mendapatkan hasil maksimal. Namun untuk mengidentifikasi tentunya kita memerlukan naskah prosedur. Maka dari itu saya akan melengkapinya dengan contoh prosedur kompleks pada bagian akhir artikel ini.

Contoh Teks Prosedur Kompleks

Sebenarnya contoh teks prosedur dapat kita temukan dengan mudah dalam kehidupan kita. Misalnya saja ketika kita sakit pastilah minum obat, pada obat tersebut biasanya akan disertakan prosedur. Ketika kita hendak memasak namun tidak tau resep pasti kita akan mencari tutorial cara memasak. Hal kecil semacam itu bisa menjadi contoh teks prosedur kompleks nyata yang ada di sekitar kita.

Namun secara garis besar hanya ada dua jenis contoh prosedur. Antara cara membuat sesuatu dan cara melakukan sesuatu. Dan pada sesi akhir artikel kali ini saya akan memberikan beberapa contoh teks prosedur kompleks sederhana dan simpel. Untuk lebih jelasnya silahkan simak prosedur di bawah ini.

Teks Prosedur 1 : Cara Membuat Nasi Goreng Kepepet
Di bawah ini merupakan cara untuk membuat nasi goreng kepepet. Sesuai dengan namanya Nasi Goreng Kepepet yang berarti nasi goreng yang di buat pada keadaan kepepet serta bahan seadanya. Untuk kalian yang ingin mencoba membuat nasi goreng ini kalian bisa siapkan bahan-bahan dan ikuti langkah-langkah sebagai berikut.

Bahan-bahan:

  • Sepiring nasi
  • 2 siung bawang merah, 1 siung bawang putih, Daun bawang (onclang), Tomat, Cabe rawit, Bawang Goreng, Telur ayam.
  • Kecap manis, 1 sendok teh garam, kaldu bubuk

Langkah-langkah membuat:

  1. Iris tomat, cabe rawit, bawang merah, bawang putih, dan daun bawang.
  2. Tumis bawang merah dan putih hingga harum lalu masukan irisan daun bawang.
  3. Lalu masukan nasi serta irisan tomat.
  4. Lalu masukan telur, kaldu bubuk, kecap manis serta garam secukupnya. Aduk hingga merata.
  5. Setelah merata dan kecap kering, nasi goreng kepepet siap disajikan.

Teks Prosedur 2 : Cara Menghidupkan Komputer Yang Benar

Dijaman yang serba maju ini, komputer sudah menjadi salah satu barang yang sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari. Entah itu untuk keperluan kerja, sekolah, ataupun hiburan. Dalam pengoprasian komputer kita memerlukan prosedur dalam penggunaannya. Mulai dari menghidupkan komputer sampai dengan mematikan komputer itu sendiri. Bagi kalian yang ingin tahu tata cara untuk menghidupkan komputer kalian bisa mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Pastikan kabel-kabel yang terhubung sudah terpasang dengan tepat dan benar.
  2. Hidupkan stabilizer voltage jika anda memilikinya.
  3. Tekan tombol power yang terdapat pada monitor untuk menghidupkan monitor.
  4. Tekan juga tombol power pada CPU untuk menghidupkan CPU.
  5. Tunggu hingga proses booting OS selesai.
  6. Setelah muncul layar desktop artinya komputer telah siap pakai.

Contoh Prosedur 3 : Cara Mematikan Komputer Yang Benar

Setelah sebelumnya kita membahas cara untuk menghidupkan komputer yang benar sekarang saatnya untuk membahas bagaimana cara untuk mematikan komputer yang benar. Di bawah ini akan dibagi menjadi dua bagian, pada bagian pertama akan dibahas tata cara mematikan komputer pada windows XP, Vista, dan Windows 7 setelah itu pada bagian kedua kita akan membahas bagai mana cara untuk mematikan komputer yang benar pada windows 8.

Baca juga: Jenis Dan Pengertian Teks Dalam Bahasa Indonesia Lengkap

Untuk cara mematikan komputer pada windows XP, Vista, dan windows 7 yang benar adalah sebagai berikut:

  1. Klik menu “START” yang berada pada pojok kiri bawah layar.
  2. Lalu klik “shutdown”.
  3. Lalu Pilih “OK”.
  4. Tunggu hingga komputer mati.
  5. Setelah komputer mati, matikan stabilizer dengan cara menekan tombol power setelah itu cabut kabel listrik untuk memutuskan arus.

Untuk cara mematikan komputer pada windows 8 yang benar adalah sebagai berikut:

  1. Arahkan pointer mouse ke pojok kanan bawah.
  2. Pilih, setelah itu klik setting.
  3. Klik power, setelah itu klik shutdown.
  4. Tunggu hingga komputer dalam keadaan benar-benar mati.
  5. Setelah itu matikan stabilier dan cabut kabel arus listirk.

Teks Prosedur 4 : Cara Membuat Slime Yang Mudah Dan Aman

Slime merupakan salah satu mainan favorit untuk anak-anak yang bisa kita dapatkan dengan membeli di toko mainan. Tapi kita juga bisa membuat slime sendiri di rumah dengan cara berikut ini:

Bahan-bahan:

  • 1 botol slime activator yang dapat diperoleh di toko-toko terdekat.
  • 1 botol cusson baby oil.
  • Pewarna makan ( warna di sesuaikan dengan kesukaan).
  • 1 botol lem povinal.
  • Sendok dan Piring.

Cara membuat:

  1. Campur lem povinal dengan pewarna makanan dalam piring hingga warna merata.
  2. Setelah tercampur merata selanjutnya tambahkan slime activator dengan cara menuangkannya sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga campuran membentuk gel dan tidak lengket dipiring.
  3. Selanjutnya tambahkan cussons baby oil agar slime tidak lengket di tangan.
  4. Slime siap untuk digunakan bermain.

Sekian pembahasan tentang contoh teks prosedur dan struktur teks prosedur kompleks kali ini. Materi prosedur sebenarnya sangat mudah untuk dikuasai asalkan kita mengetahui polanya. Usahakan untuk menghafalkan struktur dan kaidah kebahasaannya saja karena dua hal tersebut yang paling banyak dimunculkan dalam ujian.

2 thoughts on “Teks Prosedur Kompleks (Pengertian, Tujuan, Struktur, Kaidah Kebahasaan, Dan Contoh Teks Prosedur)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *