Anto Tunggal

Ilmu Komputer dan Desain Grafis

July 31, 2016

Peralatan Yang Wajib Dimiliki Seorang Teknisi Komputer

Jasa teknisi komputer sangat diperlukan sepanjang zaman. Bukan tanpa alasan, tidak sedikit masyarakat yang memiliki komputer atau laptop namun kurang mengetahui dan memahami apa saja permasalahan yang terjadi pada komputer mereka, belum lagi mereka bisa bingung dengan apa yang harus dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut. Nah, jalan selanjutnya yang terpikirkan mereka adalah membawanya kepada teknisi.

Teknisi Komputer adalah mereka yang menguasai berbagai macam permasalahan-permasalahan yang terjadi pada komputer dan mengetahui cara untuk mengatasinya. Teknisi biasanya sudah memiliki kemampuan yang mumpuni untuk menjawab berbagai macam keluhan dari para pemilik komputer yang sedang mengalami masalah pada komputernya.

Jadi, jika Anda ingin menjadi seorang teknisi komputer, pastikan Anda sudah menguasai berbagai ilmu yang luas di bidang teknologi. Ini penting, bahkan sangat penting. Jika seorang teknisi belum banyak mengetahui bidang teknologi komputer dan mereka bekerja pada suatu perusahaan, sudah bisa dipastikan saat menerima pertanyaan dari para konsumen pasti akan kebingungan. Karena pertanyaan konsumen yang tidak dapat ditebak, jadi pastikan juga Anda mempunyai imajinasi yang luas dan masuk akal jika ingin menjadi teknisi komputer.

Peralatan kerja teknisi komputer

Sebagai seorang teknisi, pasti banyak kegiatan yang harus dilakukan dalam menangani berbagai macam permasalahan yang terjadi, misalnya: menginstall Sistem operasi saat komputer terkena virus, membersihkan RAM saat RAM tidak terbaca, dan masih banyak lagi.

Nah, dalam melakukan troubleshooting para teknisi pasti memerlukan berbagai alat bantuan. Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan artikel tentang apa saja sih peralatan yang wajib digunakan teknisi.

Peralatan yang saya sebutkan dibawah ini adalah peralatan yang ada di tempat Prakerind saya saat kelas XI TKJ B. Jadi bisa dibilang artikel ini adalah sebuah hasil pengamatan saya selama prakerind. Oke langsung saja, berikut adalah SENJATA TEKNISI : Peralatan Wajib Seorang Teknisi Komputer.

1. Obeng
Obeng merupakan alat teknisi yang memiliki peranan yang penting. Obeng digunakan sebagai alat bantu untuk membuka baut. Biasanya obeng diperlukan saat teknisi akan membongkar komputer atau laptop. Jadi jika Anda ingin menjadi teknisi komputer, pastikan sudah memiliki obeng dan saya sarankan obengnya lengkap alias fullset.

2. Penghapus Karet
Selain digunakan untuk membersihkan tulisan pensil yang salah, penghapus karet juga diperlukan teknisi loh. Jadi jangan heran ketika Anda melihat di ruangan teknisi kok ada penghapus karet. Umumnya, penghapus karet digunakan teknisi untuk membersihkan RAM. Biasanya teknisi menggunakan penghapus karet saat mendapati permasalahan RAM tidak terbaca. Jadi jika Anda mengalami masalah pada RAM yang tidak terbaca jangan langsung dibawa ke teknisi dulu, cukup membersihkan kuningan dengan menggunakan penghapus karet.

3. Kuas
Kuas digunakan teknisi komputer untuk membersihkan debu pada bagian dalam komputer atau laptop. Bagian-bagian yang sering dibersihkan menggunakan kuas adalah keyboard dan kipas.

4. CD/DVD ROOM External
Alat yang satu ini sering digunakan untuk menginstall sistem operasi. CD/DVD External sangat penting dimiliki oleh teknisi. Untuk mengantisipasi apabila terjadi laptop tidak memiliki CD/DVD ROOM atau pun DVD ROOM nya sudah rusak. Maka untuk menangani masalah terrsebut seorang teknisi menggunakan bantuan CD/DVD External.

5. CD Sistem Operasi
Nah ini juga penting. Disaat konsumen hendak memperbaharui atau akan mengganti sistem operasi, seorang teknisi wajib memiliki CD Sistem Operasi. Hal ini digunakan untuk me-repair sistem operasi yang sudah lama.

6. Driver/Aplikasi DriverPack
Setelah me-repair sistem operasi, biasanya komputer akan seperti baru lagi. Mulai dari segi tampilan, aplikasi, pasti kembali ke default. Begitu juga dengan driver, driver juga sangat penting untuk sebuah sistem operasi. Jika tidak ada driver sudah bisa dipastikan ada beberapa bagian yang tidak berfungsi dengan baik. Sebagai contoh Driver VGA, tanpa driver VGA sebuah komputer akan sulit mendapatkan kualitas gambar yang baik, belum lagi jika digunakan untuk main game, pasti grafik gamenya berantakan bahkan ada juga yang tidak mau jalan alias mental.

7. Aplikasi Standard
Setelah selesai dengan permasalah driver, hal yang harus dilakukan teknisi adalah menginstall aplikasi standard. Biasanya dalam sistem operasi baru aplikasinya masih yang default. Yang umum diinstall adalah aplikasi pemutar suara, pemutar video, pengolah kata, webcam, dan masih banyak lagi.

8. Device Cadangan
Device cadangan yang dimaksud adalah peripheral komputer atau laptop misal RAM, Keyboard, dan yang lainnya. Hal ini penting untuk menganalisa sebuah masalah.

9. Tang Crimping
Tang Crimping berfungsi untuk mengupas dan meng-crimping kabel UTP yang nantinya akan dipasangkan dengan RJ45.

10. LAN Tester
Setelah peng-crimpingan, hal selanjutnya adalah melakukan test apakah sudah berjalan sesuai urutan atau belum.

Nah itulah peralatan kerja teknisi yang wajib dimiliki. Sebenarnya masih banyak peralatan yang lainnya. Namun, yang saya amati di tempat prakerind hanya itu yang nampat di mata. Mungkin peralatan yang lain disembunyikan. Ya mungkin.

Informasi tambahan terkait Teknisi Komputer
Teknisi komputer sebenarnya sama saja dengan teknisi lain, yang pada intinya adalah seseorang yang ahli dalam bidangnya. Hal yang berkaitan dengan teknisi komputer adalah teknisi HP (HandPhone). Sebagian peralatannya cenderung sama, misalnya obeng. Keduanya juga sama-sama termasuk dalam kategori teknologi.

Jadi pada intinya, semua teknisi bisa dikatakan sebagai ahli dalam bisangnya. Banyak bidang-bidang yang memerlukan teknisi untuk menganalisa suatu permasalahan dan memecahkannya.
Rekomendasi Untuk Anda × +
1 Komentar untuk "Peralatan Yang Wajib Dimiliki Seorang Teknisi Komputer"

1 Response to "Peralatan Yang Wajib Dimiliki Seorang Teknisi Komputer"

kurang lengkap gan. .
tambah lagi yaa
http://ilkom-noryz.blogspot.co.id

Silahkan berkomentar

Contact Form

Name

Email *

Message *

Back To Top