Anto Tunggal

Ilmu Komputer dan Desain Grafis

August 09, 2016

Cara Mematikan Komputer Dengan Keyboard

Menggunakan komputer merupakan sesuatu hal yang bisa dibilang harus pada saat ini. Karena hampir semua pekerjaan memerlukan bantuan komputer. Bukan hanya itu, proses pembelajaran pada tahun ajaran sekarang ini juga banyak yang menggunakan komputer. Jadi bisa dikatakan bahwa perkembangan komputer semakin meningkat dari waktu ke waktu.
cara mematikan komputer dengan keyboard

Dengan berbagai kegiatan yang memerlukan komputer. Sudah otomatis komputer tersebut harus dalam posisi menyala. Tidak mungkin suatu pekerjaan yang membutuhkan komputer dikerjakan dengan komputer yang tidak hidup. Jadi kita harus menghidupkan terlebih dahulu sebelum mengoperasikannya.

Untuk cara menghidupkan komputer saya rasa semua sudah bisa ya. Hanya perlu menekan satu tombol saja yaitu tombol power. Untuk komputer, tombol power biasanya terletak pada CPU. Sedangkan untuk laptop, tombol power terletak pada bagian atas dekat keyboard.

Nah sekarang yang akan saya bahas bukan cara menghidupkan komputer lagi karena hampir semua pengguna komputer sudah tahu lah caranya. Yang akan saya bahas kali ini adalah cara mematikan komputer.

Tujuan mematikan komputer adalah selain untuk menghemat daya listrik namun juga memperpanjang umur komputer. Karena komputer juga butuh istirahat, tidak mungkin hardware bekerja terus-menerus. Jadi mematikan komputer juga sangat penting.

Mematikan Komputer dengan Keyboard

Ada banyak cara untuk mematikan komputer. Yaitu dengan cara kasar dan halus. Apa maksudnya? Cara kasar adalah cara mematikan komputer dengan cara menekan tombol power langsung. Hal ini akan menyebabkan kerusakan pada hardware terutama Hard Disk dan RAM. Karena cara kerja Hard Disk beruptar dan jika daya listrik langsung mati maka putaran hard disk juga akan berhenti mendadak.

Nah yang cara halus adalah dengan menggunakan tombol Shut Down yang telah disediakan sistem operasi. Shut down sendiri adalah cara yang sangat disarankan untuk mematikan komputer. Nah sebenarnya cara yang saya bagikan ini juga merupakan cara mematikan komputer dengan cara halus, yang membedakan adalah dengan menggunakan keyboard.

Cara ini tergolong cara yang mudah dan praktis karena kita tinggal mengkombinasikan beberapa tombol keyboard untuk mematikan komputer. Tujuan utama menggunakan keyboard untuk mematikan komputer adalah agar prosesnya cepat, tidak lama seperti cara mematikan dengan tombol shut down.

Oke, bagi yang penasaran dengan cara ini bisa langsung simak cara ini:

Cara Pertama
Cara yang pertama adalah dengan menggunakan kombinasi tombol Windows dan huruf U. Untuk tombol windows biasanya berbentuk logo/icon dari windows. Caranya mematikannya adalah dengan menekan Windows kemudian diikuti dengan menekan huruf U. Jadi jika dibuat simple caranya adalah (Win+U). Anda juga dapat menambahkan Enter untuk kombinasi ini (Win+U+Enter).
Tombol mematikan komputer yang pertama:
(Win+U) atau (Win+U+Enter)
Cara Kedua
Untuk cara yang kedua adalah dengan menggunakan kombinasi tombol Alt diikuti dengan F4 dan juga huruf U. Jadi jika caranya adalah dengan menekan (Alt+F4+U)
Tombol mematikan komputer kedua:
(Alt+F4+U)
 Dengan begini Anda bisa sedikit menghemat tenaga Anda untuk menggerakkan mouse ataupun touchpad. Jadi tinggal menggunakan keyboard saja deh.

Nah begitulah cara mematikan komputer dengan keyboard. Cara ini juga bisa digunakan untuk mematikan laptop karena pada intinya komponen-komponennya sama saja. Semoga bermanfaat.
Rekomendasi Untuk Anda × +
0 Komentar untuk "Cara Mematikan Komputer Dengan Keyboard"

Silahkan berkomentar

Contact Form

Name

Email *

Message *

Back To Top