August 22, 2016

Cara Membuat Halaman Fanspage di Facebook

Tags
Facebook memang memberikan fungsi-fungsi yang banyak bagi penggunanya. Pengguna bisa leluasa memanfaatkan fitur-fitur pada facebook. Salah satunya adalah Facebook Fanspage. Kali ini saya akan membahas mengenai cara membuat fanspage/halaman di facebook.

Facebook merupakan salah satu social media yang sangat populer, berbagai fitur yang ditawarkan sangatlah menarik. Salah satunya adalah Fanspage, apa itu Fanspage? Fanspage adalah salah satu fitur yang diberikan oleh pihak facebook untuk memperkenalkan orang, tempat, blog, maupun suatu produk. Fanspage juga bisa diartikan halaman seperti sebuah blog yang bisa digunakan untuk memberikan suatu tips ataupun hal lainnya. Sebagai contoh, coba lihat halaman Mario Teguh di facebook, halaman tersebut digunakan untuk membagikan kata-kata mutiara yang sangatlah bermanfaat untuk para facebookers. Setiap yang diposting di dalam halaman tersebut adalah kata-kata yang mempunyai makna.

Banyak sekali fungsi dari halaman facebook, bagi Anda yang suka dengan kata-kata mutiara maka Anda bisa membuat halaman yang berisi kata-kata mutiara Anda. Jika yang suka berbagi tips dan trik, maka bisa membuat halaman yang berisi tips dan trik. Dan satu lagi, bagi Anda yang suka berbisnis maka halaman facebook akan sangat membantu bisnis Anda. Kok bisa? Ok, saya akan menjelaskan singkat mengenai fungsi halaman facebook untuk bisnis.

Jika Anda berbisnis, pasti tidak jauh dengan yang namanya promosi. Nah, yang bisa Anda lakukan dengan halaman facebook agar bisa membantu bisnis Anda adalah dengan mempromosikan bisnis Anda di halaman tersebut. Misal ya, Anda bisnis pakaian anak-anak, maka Anda bisa mempromosikan pakaian tersebut di halaman Anda, ini akan sangat berpengaruh pada kelangsungan bisnis Anda. Secara, pengguna facebook kan banyak, bila pakaian yang Anda share di halaman dilihat oleh banyak orang, tidak menutup kemungkinan mereka akan melirik pakaian yang dipromosikan. Anda bisa menemukan banyak contoh orang yang berbisnis dengan bantuan halaman facebook jika Anda sering mencari tahu tentang hal ini.

Oke, bagi Anda yang pengin membuat halaman facebook namun belum mengetahui caranya maka simak tutorial membuat halaman/page facebook berikut.
 
Cara Membuat Halaman Fanspage Facebook

Cara Membuat Halaman Facebook

  1. Pastikan Anda sudah login ke dalam akun facebook Anda, jika belum maka login terlebih dahulu.
  2.  Kemudian, masuk ke alamat ini https://web.facebook.com/pages/create/
  3. Setelah itu, Anda akan menemui bermacam-macam kategori. Lalu pilih kategori yang Anda inginkan. Disitu ada kategori untuk Bisnis, Produk, Organisasi, dan yang lainnya. Pilih sesuai keinginan Anda dan tujuan Anda membuat halaman.
  4. Lalu masukkan Nama Halaman yang diinginkan, usahakan namanya yang menarik agar banyak yang menyukai nantinya. Lalu klik Mulai.
  5. Lalu masukkan deskripsi tentang halaman yang Anda buat. Misal halaman yang membahas tentang tips dan trik komputer.
  6. Kemudian, Anda akan diminta untuk menambahkan foto untuk halaman Anda. Kemudian upload foto agar halaman terlihat lebih menarik.
  7. Selesai.
Itulah cara membuat halaman/fanspage di facebook. Kemudian, apa yang harus Anda lakukan setelah membuat halaman facebook? Berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda lakukan setelah membuat halaman di facebook.

1. Buat Konten yang Menarik
Setelah selesai membuat halaman, silahkan Anda buat postingan yang sekiranya menarik dan bisa bermanfaat untuk orang lain. Anda bisa mengisi halaman Anda dengan tutorial yang bermanfaat. Kenapa harus membuat konten yang menarik? Karena sebuah halaman akan mendapat suka dari orang lain melalui kontennya. Sama halnya dengan buku, buku juga akan dinilai baik buruknya melalui isinya. Jika isinya menarik dan bermanfaat, pasti banyak yang meminati buku tersebut. Namun sebaliknya, jika isinya tidak menarik maka yang ada adalah buku tersebut kurang diminati.

2. Unggah Foto Sampul Halaman
Lalu unggahlah foto sampul untuk halaman Anda. Setelah Anda mengupload foto profil halaman pada langkah diatas, maka akan kurang pas tanpa adanya foto sampul. Foto sampul juga akan memberikan kesan yang lebih profesional, dengan catatan : foto sampul yang digunakan adalah foto sampul yang tidak menimbulkan kontroversi. Jadi, buatlah foto sampul yang menarik dan tidak membuat orang lain merasa kesal. Buatlah orang lain nyaman dengan foto sampul fanspage Anda.

3. Promosikan Halaman Anda
Setelah Anda melakukan kedua hal diatas, maka sekarang promosikan halaman Anda. Mulailah promosi dengan hal yang kecil terlebih dahulu, ajaklah teman-teman, saudara, ibu, bapak, dan adik Anda untuk menyukai halaman Anda. Ini akan menjadi cara paling efektif yang bisa dilakukan untuk promosi pertama. Jika masih merasa kurang, maka Anda bisa membayar facebook untuk mengiklankan halaman Anda. Dengan facebook mengiklankan halaman Anda, maka jumlah suka yang didapat akan semakin banyak karena facebook akan menampilkan halaman Anda di hampir semua akun facebook orang.

4. Buatlah Interaksi Dengan Liker Halaman Anda
Sekarang jika sudah mendapatkan jumlah like yang banyak, maka yang harus dilakukan adalah berinteraksilah dengan orang yang menyukai halaman Anda. Artinya begini, jika ada yang mengomentari salah satu postingan Anda, jangan sungkan untuk membalasnya. Ini akan berpengaruh pada perasaan mereka. Jika Anda membalasnya dengan senang hati, maka mereka pasti akan memberikan nilai plus untuk halaman Anda. Namun jika Anda acuh tak acuh dengan komentar yang diberikan, maka pikiran mereka pasti macam-macam.

Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan membantu Anda dalam membuat halaman di facebook. Jika Anda masih kebingungan dengan cara diatas, maka Anda bisa bertanya melalui kolom komentar, saya akan dengan senang hati menjawabnya.
Terima kasih.

Silahkan berkomentar
EmoticonEmoticon