Anto Tunggal

Ilmu Komputer dan Desain Grafis

August 12, 2016

Cara Membuat Tulisan Tebal dan Miring Dengan HTML

Berbagai efek dalam tulisan biasanya digunakan untuk menegaskan suatu kata atau kalimat. Dengan menggunakan gaya huruf tebal atau miring, maka pembaca akan mudah memahami apa maksud dari bacaan tersebut. Maka dari itu, mengetahui dan bisa mempraktekkan cara membuat teks tebal dan miring itu merupakan suatu keharusan. Khususnya bagi para web designer, maka harus menguasai berbagai macam tag-tag html dan lainnya.

Sebenarnya ini hanyalah tutorial dasar saja yang mungkin saja sudah hampir semua orang mengetahuinya. Akan tetapi tidak mengapa tetap saya bagikan, kali aja ada yang membutuhkan tutorial sederhana ini.
Cara membuat teks tebal dan miring html

Membuat Teks Tebal dan Miring

Belajar dan mempelajari HTML memang menyenangkan. Apalagi bagi Anda yang sering dan menyukai desain grafis dan mempunyai blog/website. Maka Anda akan mudah mengutak-atik website Anda sendiri tanpa bingung dengan banyak kode-kode HTML, bahkan bukan cuma HTML saja, ada pula JavaScript, PHP, dan yang lainnya.

Untuk kali ini saya akan share tentang cara menebalkan dan membuat teks/tulisan miring dengan kode HTML. Mungkin untuk membuat teks tebal dan miring di Microsoft Office, Blogger, Paint sudah disediakan tools untuk membuatnya, yaitu huruf B dan I yang terdapat di menu bar (biasanya). Namun untuk HTML tidak bisa langsung menggunakan tool tersebut dan kita harus membuatnya manual.

Berikut adalah contoh tulisan tebal dan miring.

Ini adalah Tulisan Tebal.
Ini adalah Tulisan Miring.
Ini adalah Tulisan Tebal dan Miring.


Nah, contohnya adalah tulisan diatas. Karena kita menggunakan HTML, maka kode yang akan kita gunakan adalah <b>Teks Tebal</b> untuk menebalkan tulisan, dan <i>Teks Miring</i> untuk membuat tulisan miring. Kita juga bisa menggabungkan kedua tag tersebut, maka jadinya akan seperti ini <b><i>Teks Tebal dan Miring</i></b>.


Jika masih bingung, bisa copy paste kode dibawah ini dan jangan lupa edit tulisan sesuai kebutuhan Anda.
<b>Masukkan Tulisan yang akan dibuat tebal disini</b>
<i>Masukkan Tulisan yang akan dibuat miring disini</i>
<b><i>Masukkan Tulisan yang akan dibuat tebal dan miring</i></b>
Nah silahkan copy paste kode tersebut dan masukkan di web HTML Anda, jika menggunakan Notepad, maka masukkan di antara kode <body>Disini</body>.

Jika masih bingung dengan penempatannya, silahkan simak kode html berikut ini, atau bisa juga Anda copy paste dan diedit sesuai kebutuhan.
<html>
<head>
<title>Judul WEB HTML</title>
</head>
<body>
<b>Tulisan Tebal Disini</b> <br/>
<i>Tulisan Miring Disini</i> <br/>
</body>
</html>
Nah untuk penempatannya adalah diantara kode <body> dan </body> seperti yang saya contohkan diatas.

Dengan ini maka Anda sudah berhasil membuat teks tebal dan juga miring dengan HTML. Cara ini termasuk cara yang manual karena harus meletakkan tag secara manual, bukan lagi menggunakan tool yang tinggal klik maka akan langsung jadi.

Dengan cara ini pula Anda bisa sedikit menambah pengetahuan tentang tag HTML. Sebenarnya tagtag dari HTML sendiri masih banyak banget. Namun untuk tahap belajar sebaiknya dengan sedikit demi sedikit agar mudah dicerna.

Semoga dengan artikel ini bisa bermanfaat bagi Anda dan saya sendiri. Dan jangan lupa untuk membaca artikel mengenai belajar Web lainnya di blog Anto Tunggal.
Terima kasih.
Rekomendasi Untuk Anda × +
0 Komentar untuk "Cara Membuat Tulisan Tebal dan Miring Dengan HTML"

Silahkan berkomentar

Contact Form

Name

Email *

Message *

Back To Top