Anto Tunggal

Ilmu Komputer dan Desain Grafis

August 23, 2016

Cara Mengamankan Akun Facebook Terbaru

Mengamankan akun facebook penting dilakukan mengingat banyak akun facebook yang dirasa sangat penting bagi pemiliknya. Yang dimaksud penting sangat banyak, misal saja kenangan status, teman, pesan, dan yang lainnya. Biasanya yang paling membuat pemilik facebook sedih ketika akunnya hilang adalah pesan yang ada dalam akun tersebut. Terkadang pesan-pesan yang ada memang bisa menjadi kenangan, namun apalah daya jika sudah hilang. Maka dari itu, perlu adanya penanganan terhadap tangan-tangan nakal.

Mungkin, banyak orang-orang yang jahil dan ingin mengambil alih akun facebook kita. Entah apa tujuannya, yang pasti akan mengambil akun kita. Mungkin bisa saja mereka mau balas dendam atau iri dengan kita, lalu dengan cara mengambil akun kita tersebut cara mereka balas dendam.

Mengantisipasi terjadinya pembajakan akun itu lebih baik daripada berusaha mencari akun kembali setelah akun diambil orang. Maka hal yang harus dilakukan adalah mengamankannya. Jika Anda sayang dengan akun facebook Anda, maka wajib memberikan keamanan.

File-file yang tersimpan dalam facebook terkadang yang menjadi alasan mengapa kita sedih saat akun kita hilang. Seperti yang saya katakan diatas, yang paling membuat sedih adalah pesan yang ada dalam akun tersebut. Mungkin saja terdapat pesan dari orang yang disayang, mereka memberikan kata-kata yang indah untuk kita, namun tiba-tiba hilang dalam sekejap.

Oke untuk mengantisipasi terjadinya hal tersebut, maka saya akan memberikan tips mengamankan akun facebook dari tangan jahil.
 
Cara Mengamankan Akun Facebook

Cara Mengamankan Akun Facebook

Cara yang saya bagikan ini terbukti ampuh dan bisa dibilang cara paling ampuh untuk melindungi akun facebook dari pembajakan. Saya sendiri sudah mempraktekkannya pada akun saya. Bahkan, saya pernah memberikan kata sandi/password akun facebook kepada teman saya, akan tetapi dia tidak bisa membukanya walau sudah saya beri tahu kata sandinya. Lho kok bisa, ya bisa lah. Saya menggunakan nomor handphone untuk mengamankannya. Untuk yang pingin tahu bagaimana caranya, simak tutorial berikut ini:
  1. Pastikan sudah log in di akun facebook yang hendak diamankan.
  2. Lalu masuk ke Pengaturan Facebook.
  3. Setelah itu pilih menu Keamanan.
  4. Lalu aktifkan Persetujuan Masuk Menyala dan SMS Pemberitahuan Masuk.
  5. Setelah itu, masukkan nomor handphone yang nantinya akan digunakan untuk verifikasi saat akan masuk facebook. (Gunakan Nomor yang selalu aktif)
  6. Lalu Anda akan menerima kode dari facebook yang berjumlah 6 digit.
  7. Masukkan ke kolom yang telah disediakan facebook.
  8. Lalu pilih Lanjutkan.
  9. Ikuti perintah selanjutnya.
  10. Selesai.
Dengan menggunakan cara ini, maka akun facebook Anda akan 100% aman walaupun ada teman Anda yang mengetahui kata sandi akun.

Akan saya jelaskan sedikit mengenai cara kerja keamanan diatas.

Jadi begini, saat Anda masuk ke facebook pertama kali dan menggunakan browser baru (belum pernah digunakan log in sebelumnya), maka Anda wajib memasukkan kode 6 digit yang telah dikirimkan oleh facebook pada saat itu juga. Jadi, jika Anda akan log in maka facebook akan otomatis mengirimkan kode pada nomor handphone Anda, lalu Anda disuruh memasukkan kode tersebut di kolom yang sudah tersedia. Dengan memasukkan kode tersebut maka Anda akan masuk ke akun facebook Anda.

Dan jika ada yang diam-diam mengakses akun Anda maka akan langsung ketahuan lewat pemberitahuan masuk yang dikirimkan lewat email (tergantung, Anda memilih pemberitahuan email atau pemberitahuan facebook). Namun tidak secara rinci facebook mengetahui orang tersebut, biasanya yang terdeteksi hanyalah browser yang digunakan dan sistem operasi yang digunakan.

Semoga dengan ini akun facebook Anda akan aman dari para penjahat dunia maya. Jadi saya yakin dengan cara ini, tidak ada orang biasa yang bisa membuka dan mengambil alih akun Anda. Kecuali memang orang tersebut benar-benar hebat dan menguasai semua tentang facebook. Maka tidak bisa dikira mereka akan bisa mengambil akun kita. Tapi tenang saja, selama kita tidak aneh-aneh dengan orang lain maka orang lain juga tidak akan aneh-aneh dengan kita. Jadi, bersikaplah baik kepada orang lain walau hanya di dunia maya.
Terima kasih.
Rekomendasi Untuk Anda × +
0 Komentar untuk "Cara Mengamankan Akun Facebook Terbaru"

Silahkan berkomentar

Contact Form

Name

Email *

Message *

Back To Top