August 06, 2016

[Pengalaman] Cara Mudah Membongkar Pasang Laptop

Tags
Laptop merupakan alat elektronik yang sangat berguna untuk anak-anak sampai orang dewasa. Kegunaannya pun juga bervariasi, mulai dari bermain game, mengerjakan tugas, bekerja, dan berbisnis. Untuk saya sendiri, laptop saya gunakan untuk mengerjakan tugas, bermain game, dan berbisnis.

Kali ini saya akan menceritakan pengalaman pertama saya dalam membongkar pasang laptop. Awalnya saya cuma iseng-iseng saja pingin membersihkan kipas karena memang saya rasa sudah kotor. Dengan saya membmongkar dan membersihkan bagian kipas saya berharap kipasnya sudah tidak kotor lagi dan kinerjanya semakin bagus.

Saya pertama membongkar laptop (sendiri) waktunya masih ingat betul di pikiran saya yaitu pada hari Minggu, 24 Juli 2016 pukul 12.30. Saya membongkar laptop setelah selesai dari acara pernihakah tetangga, dan saya mendapat bagian menjadi sinoman (orang yang mengantar makanan).
Berikut adalah foto saat laptop saya bongkar.

tips bongkar pasang laptop

Jangan bayangkan seperti apa kondisi dan spesifikasi laptop saya ya. Karena kondisinya memang masih mulus, akan tetapi spesifikasinya masih low-end.

cara mudah membongkar laptop

Dan lagi, jangan bayangkan mobo laptop saya apakah bagus atau tidak. Karena jika Anda tahu pasti akan tertawa.

Tapi walaupun spesifikasi laptop saya masih rendah, yang penting masih bisa digunakan untuk mengerjakan tugas dan berbisnis, dan tidak lupa menghasilkan uang tentunya. Jadi jika laptop Anda memiliki spek dewa tapi belum pernah menghasilkan uang, ya mulai usaha lah biar bisa menghasilkan uang dengan laptop. Jangan cuma main game terus, haha.

Oke, begini cerita pengalaman saya. Yang mendorong saya untuk nekat mencoba membongkar laptop adalah karena bunyi kipas yang terlalu bising, sehingga jika sedang menggunakan laptop sedikit terasa terganggu. Jadi saya putuskan untuk membongkar laptop.

Berikut adalah cara saya dalam membongkar laptop.

Sebelumnya silahkan siapkan alat-alat sederhana berikut ini:

  1. Obeng Plus dan Minus.
  2. Bekas kartu perdana.
  3. Botol atau Mangkuk.

Cara Membongkar Laptop

1. Yang pertama, pastikan Anda sudah benar-benar mempunyai tekad dan niat terlebih dahulu. Dan jangan lupa pikirkan apa tujuan Anda membongkar laptop. Jika memang sudah mantap dan memiliki tujuan, silahkan lanjutkan tutorial ini. Namun jika Anda merasa kok belum yakin, silahkan coba lain kali. Karena dalam membongkar laptop membutuhkan tekad dan nekat.

2. Silahkan Anda buka baut pada bagian bawah laptop dengan menggunakan obeng tadi. Pastikan semua baut telah terlepas. Dan silahkan tempatkan baut tersebut di mangkuk atau botol yang telas disediakan tadi. Usahakan disendirikan antara baut yang kecil dengan yang besar agar nantinya tidak kesulitan saat akan memasangnya kembali.

3. Setelah itu, lepaskan batre dan penutup-penutup yang ada di bagian bawah. Lalu lepas RAM dan Hard Disk. Simpan terlebih dahulu hardware tersebut dan jangan sampai rusak apalagi hilang.

4. Lepaskan keyboard. Cara melepas keyboard bermacam-macam tergantung jenis keyboardnya. Kalau saya dengan cara mencungkil bagian sela-sela yang ada di samping keyboard. Dengan begitu keyboard akan terlepas, jangan langsung diangkat ya keyboardnya. Tapi pelan-pelan mengangkat keyboardnya dan sambil lihat kabel keyboard yang masih terpasang. Lalu lepaskan kabel tersebut, hati-hati jangan sampai putus.

5. Setelah itu lepaskan cassing laptop dengan menggunakan bekas kartu perdana. Cari sela-sela yang ada di samping. Lalu urut sedikit demi sedikit mulai dari bagian samping kanan sampai kiri hingga cassing terbuka. Dan silahkan lepas cassing tersebut.

6. Setelah itu, lepaskan kabel-kabel yang terhubung ke layar karena sekarang yang akan dilakukan adalah mencopot bagian layar. Perlu diketahui Anda harus hati-hati dalam melakukan satu hal ini karena jika sampai kabelnya sobek sedikit output yang ditampilkan layar akan menjadi tidak sempurna. Jika kabel sudah dilepas, tinggal copot saja bagian layarnya. Biasanya ada gagangnya, lepas sekalian karena gagang dan layar adalah satu kesatuan.

7. Sekarang lepaskan baut bagian dalam yang terhubung langsung dengan motherboard. Dan jangan lupa lepas kabel-kabel yang masih terpasang. Jika sudah, lepas dengan perlahan motherboard Anda.

8. Nah, sekarang lakukan apa yang sudah Anda pikirkan tadi. Kalau saya kemarin sih membersihkan kipas. Kalau Anda apa hayo?

Cara Pasang Laptop

Setelah selesai dengan tujuan membongkar laptop tadi, sekarang adalah waktunya memasangnya kembali.

1. Letak motherboard pada tempatnya, dan silahkan pasang kembali baut dan kabel-kabel tadi.
2. Lalu pasang layar ke tempatnya tadi, jangan lupa memasnag kabel yang dilepas tadi ke tempat semula. Dan pastikan benar-benar sudah terpasang dengan baik.
3. Pasang cassing laptop.
4. Sekarang pasang keyboard Anda.
5. Jika sudah, pasang kembali Hard Disk dan RAM yang dilepas tadi.
6. Sekarang tinggal memasang kembali baut bagian bawahnya.
7. Dan coba nyalakan laptop Anda.
8. Jika hidup selamat, dan jika tidak mau hidup ada beberapa masalah yang mungkin terjadi.

Masalah yang terjadi setelah membongkar laptop

1. RAM tidak terbaca.
RAd yang tidak terbaca bisa menjadikan laptop tidak hidup. Seperti kasus saya kemarin, awalnya laptop saya memang tidak hidup karena RAM tidak terbaca. Lalu saya coba bersihkan dengan penghapus dan memasangkan kembali. Dan akhirnya hidup.

2. Kabel tidak terpasang dengan baik.
Kabel bagian dalam jika tidak terpasang akan mengganggu kinerja komponen yang bersangkutan. Misalnya pada bagian layar, jika kabel tidak terpasang dengan baik maka layar tidak bisa menampilkan output. Sebagai contoh lain adalah kabel keyboard. Mungkin laptop masih bisa hidup, namun jika kabel belum terpasang maka tidak bisa buat menulis kan.

Nah mungkin hanya itu sedikit pengalaman saya dalam membongkar laptop. Cara yang saya bagikan ini adalah cara murni yang saya gunakan dalam membongkar laptop.

Ingat, kerusakan yang terjadi pada laptop Anda bukan tanggung jawab saya ya.

Silahkan berkomentar
EmoticonEmoticon