August 04, 2016

Kelebihan Jurusan TKJ (Teknik Komputer Jaringan)

Tags
Memilih jurusan memang sangat perlu guna menunjang karir kita setelah lulus sekolah nantinya. Hal ini merupakan kewajiban siswa dalam menentukan jurusan mana yang akan dipilihnya. Jurusan yang dipilih sebaiknya sesuai dengan apa yang diinginkan dan disukai. Karena jika tidak, proses pembelajaran dan pendalaman materi akan terhambat karena ketidaksukaan dan ketidaksesuaian jurusan dengan siswa. Jadi ketika akan memilih jurusan, pastikan memikirkannya dengan matang agar tidak salah pilih nantinya.

Setiap jurusan memiliki keunggulan-keunggulan tersendiri. Jadi jangan berpikir hanya ada satu jurusan yang terbaik. Ada banyak jurusan yang tersedia di setiap Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Namun pada kali ini saya hanya akan membahas mengenai kelebihan jurusan teknik komputer dan jaringan atau biasa disingkat TKJ.

Sebelumnya apa sih itu TKJ? TKJ merupakan jurusan SMK (Karena saya masih SMK) yang mempelajari semua tentang Sistem Operasi, Perakitan Komputer/Laptop, Troubleshoting Jaringan, Software dan Hardware Komputer, dan masih banyak lagi.

Jurusan TKJ hampir mirip dengan RPL karena tidak jauh dengan komputer. Yang membedakan adalah jika RPL (Rekayasa Perangkat Lunak) mempelajari bagaimana cara membuat sebuah program komputer, Bahasa Pemrograman, Visual Basic, dan masih banyak lagi. Jadi pada intinya, RPL adalah jurusan yang berhubungan program komputer, sedangkan TKJ merupakan jurusan yang berhubungan dengan rakit-merakit komputer dan komponen-komponennya.
kelebihan jurusan teknik komputer jaringan

Keunggulan Jurusan TKJ

Saya membahas TKJ karena saya sendiri saat ini mengambil jurusan TKJ di SMK Muhammadiyah 1 Salam. Jadi saya sedikit-sedikit tahu lah apa sih kelebihan dan keunggulan jurusan TKJ.

Cerita sedikit tentang pengalaman saya saat mengambil jurusan TKJ.
Saat pertama memilih Jurusan SMK, saya memilih jurusan Teknik Pemesinan (TP), pertama saya memilih jurusan Pemesinan adalah karena saran dari orang tua. Dalam hati saya sudah terasa tidak enak, karena memang saya sendiri kurang suka jurusan tersebut. Lalu saya pikir-pikir kenapa kok tidak memilih jurusan yang saya suka saja yaitu jurusan TKJ. Lalu saya mengambil inisiatif saya sendiri untuk meminta dipindahkan dari jurusan Pemesinan ke jurusan TKJ. Dan akhirnya diperbolehkan oleh pihak sekolah.

Namun disisi lain, orang tua saya kurang setuju jika saya masuk jurusan TKJ. Namun saya tetap semangat dan mantap dalam mengambil jurusan ini agar orang tua saya yakin dengan TKJ. Setelah sekian lama di Jurusan TKJ mulai kelas X TKJ B - XII TKJ B, berikut adalah pengamatan saya mengenai Kelebihan TKJ:

1. Pembahasan Mantap
Mulai kelas X dulu pelajaran pertama yang diajarkan adalah mengenai Software dan Hardware. Kita diajarkan mengenal komponen-komponen komputer mulai software dan hardware. Penjelasannya sangat lengkap dan bisa menambahkan ilmu pengetahuan. Tidak hanya itu, pembelajaran Sistem Operasi juga tidak ketinggalan. Di kelas X kita diajarkan tentang bagaimana cara menginstall Windows XP, Windowx 7, dan Ubuntu. Dan lagi, konversi bilangan juga diajarkan. Mulai dari binner hingga hexa.

Troubleshooting Komputer juga diajarkan. Menganalisa permasalahan pada RAM, Hard Disk, dan yang lainnya. Pokoknya banyak deh. Kita diajarkan mengenai permasalahan apa saja yang sering terjadi pada komponen komputer dan cara mengatasinya. Bunyi beep juga diajarkan.

Setelah itu praktek perakitan komputer juga tidak lupa. Dengan menggunakan CPU yang terbongkar kita disuruh merakit komputer dan membuat video dokumentasinya. Pokoknya pembahasan pada Jurusan teknik komputer dan jaringan sangat mantap menurut saya.

2. Prakerind Menambah Pengalaman Kerja
Prakerind menjadi salah satu ajang menuangkan bakat kita di tempat kerja yang sesungguhnya. Berbagai macam tempat service komputer menerima siswa SMK untuk Prakerind. Di sana kita juga diajarkan bagaimana cara menerima konsumen, bongkar pasang laptop, install sistem operasi, dan masih banyak lagi.

Kualitas tempat prakerind yang satu berbeda dengan yang lainnya. Jadi pilihlah tempat prakerind yang menurut Anda cocok untuk menguji kemampuan selama menjalani pembelajaran di Sekolah.

Selama Prakerind, siswa tidak lagi datang ke sekolah akan tetapi datang ke tempat prakerind. Saat saya dulu waktu prakerind adalah 3 bulan. Dengan waktu 3 bulan itu, diharapkan siswa dapat mendapatkan banyak pengalaman kerja. Karena pengalaman kerja tersebut akan digunakan setelah lulus sekolah untuk bekerja. Jadi manfaatkan benar-benar waktu 3 bulan tersebut untuk prakerind.

3. Semakin Mantap dengan Jaringan
Pembelajaran tidak hanya seputar rakit-merakit komputer saja. Namun belajar jaringan juga ikut serta dalam jurusan TKJ. Pemahaman 7 Layer OSI menambah pengetahuan jaringan. Belajar Topologi Jaringan dan setting IP Address, DHCP Server, DHCP Client. 

Untuk Jaringan saat ini sedang sampai Mikrotik (saya masih kelas XII). Belajar Mikrotik dan mempraktekkannya menambah isi otak kita. Dan masih banyak lagi pembelajaran Jaringan.

4. Peluang Kerja
Untuk saat ini sangat banyak perusahaan yang membutuhkan karyawan yang ahli di bidang komputer. Setelah lulus tidak menutup kemungkinan untuk belajar lagi (Kuliah), karena walaupun SMK tetap bisa melanjutkan kuliah.

Keinginan Anda untuk menjadi teknisi komputer tidak akan tertutup selama ada kemauan. Banyak peluang kerja bagi lulusan TKJ. Jadi jangan takut masuk Jurusan TKJ.

1 komentar so far

artikel yang bagus gan :D .. izin share sekalian izin comot gambarnya ..bagus bangett :D salam dari admin blog PELUANG TKJ ,kebtulan saya juga adtikel yg sejenis bisa untuk dijadikan referensi tambahan semoga membantu .. di tunggu komentar baliknya http://peluangtkj.blogspot.co.id/2017/01/fakta-jurusan-tkj-yang-harus-kalian-ketahui.html

Silahkan berkomentar
EmoticonEmoticon