Contoh Laporan PKL (Praktek Kerja Lapangan) Lengkap

Diposting pada

Contoh Laporan PKL (Praktek Kerja Lapangan) Lengkap – Bagi siswa SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) kegiatan PKL memang menjadi ajang yang sangat membantu mengembangkan kualitas kerja. Karena kegiatan PKL ini akan sangat bermanfaat dan berguna ketika sudah lulus sekolah nantinya. Pengalaman-pengalaman yang didapat akan sangat bermanfaat untuk kedepannya. Siswa SMK yang melaksanakan PKL harus mempertanggung jawabkan apa yang dilakukan dengan membuat Laporan. Nah, mungkin diantara Anda ada yang masih bingung dalam membuat dan menyusun laporan PKL ini.

Contoh Laporan PKL (Praktek Kerja Lapangan) Lengkap
Contoh Laporan PKL

Menyusun laporan merupakan rangkaian dari kegiatan PKL sendiri yang harus dikumpulkan ketika sudah menyelesaikan PKL. Dalam hal ini, Anda harus memperhatikan peraturan penulisan yang diberikan pembimbing. Karena setiap sekolah memiliki ketentuan yang berbeda. Yang biasa ditentukan oleh pihak sekolah adalah batas margin, jenis huruf, dan ukuran huruf. Karena laporan ini harus dikumpulkan setelah pelaksanaan PKL, jadi Anda harus sesegera mungkin membuatnya sebelum kegiatan berakhir. Saran saya adalah Anda membuat laporan ini ketika masih kegiatan PKL, agar nantinya bisa selesai tepat pada waktu yang telah ditentukan.

Contoh Laporan PKL (Praktek Kerja Lapangan) Lengkap

Setiap siswa SMK tentunya memang dianjurkan untuk melakukan Praktek Kerja Lapangan atau sering dikenal dengan nama PKL. PKL tersebut berbeda beda tempat untuk masing masing siswa. Untuk itu laporan yang dibuatpun juga berbeda. Setelah melakukan PKL tentunya para siswa akan dituntut untuk membuat laporan PKL masing masing. Bagi teman-teman yang membutuhkan contoh laporan PKL, bisa download di link di bawah ini:

Didalam laporan tersebut sudah lengkap. Karena yang saya bagikan adalah laporan yang saya kumpulkan pada pembimbing. Dalam artikel ini saya akan memberikan gambaran kepada Anda bagaimana sih contoh Laporan PKL yang baik dan benar itu. Satu per satu point akan coba saya jelaskan secara singkat dan jelas agar Anda mudah memahaminya.

Susunan Laporan PKL kira-kira seperti dibawah ini:

  • Cover.
  • Daftar Isi.
  • Lembar Pengesahan.
  • Kata Pengantar.
  • BAB I : Pendahuluan.
  • BAB II : Profil Perusahaan.
  • BAB III Pembahasan.
  • BAB IV Penutup.
  • Daftar Pustaka.
  • Lampiran.
Baca Juga  Tempat Prakerin Jurusan TKJ di Jogja dan Magelang

Dari susunan diatas akan saya jelaskan satu per satu.

Cover
Cover merupakan halaman depan dari Laporan PKL ini. Pada halaman cover (sampul) ini berisi Judul Laporan, Logo Sekolah, Biodata Penyusun, Tahun penulisan laporan. Untuk lebih jelasnya nanti bisa langsung melihat contohnya.

Daftar Isi
Daftar isi merupakan gambaran menyeluruh tentang isi laporan yang memiliki halaman agar pembaca mudah dalam mencari halaman tertentu.

Lembar Pengesahan
Lembar pengesahan berisi Judul Laporan. Identitas Penyusun, dan Tanggal pembuatan laporan yang ditanda tangani oleh pihak tertentu, misalnya pembimbing.

Kata Pengantar
Kata pengantar berisi tentang ungkapan penulis mengenai karya atau laporan yang ditulis.

Isi
Isi merupakan inti dari laporan, banyak BAB yang dibahas pada bagian ini.

Daftar Pustaka
Daftar pustaka merupakan referensi dari penulisan suatu laporan yang harus dicantumkan.

Lampiran
Nah pada lampiran ini kalau laporan PKL berisi tentang daftar kegiatan dan absensi siswa selama kegiatan. Jadi daftar kegiatan dan absensi Anda akan dilampirkan pada halaman terakhir yaitu lampiran.

Dalam artikel-artikel sebelumnya saya telah membagikan beberapa contoh rangkaian dalam laporan PKL diantaranya Contoh Lembar Pengesahan Laporan PKL, Contoh Kata Pengantar Laporan PKL, Contoh Pendahuluan PKL dan sudah saya jadikan satu dalam format file soft copy.docx.

Penting!!!
Mohon jangan dibagikan di blog/website Anda walaupun Anda melampirkan link sumber (blog saya) tetap tidak saya izinkan. Mohon hargai jerih payah saya dalam menyusun laporan ini. Jika Anda ingin dihargai orang lain, maka hargai terlebih dahulu karya orang lain. Kalau Anda tidak mau menghargai orang lain, ya itu terserah pribadi sendiri-sendiri.

Yang jelas saya tidak mengizinkan laporan ini dibagikan di blog/website Anda masing-masing. Namun jika ingin dibagikan kepada teman-teman Anda saya sangat mengizinkan. Semoga bermanfaat. Terima kaish.

5 komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.