Anto Tunggal

Ilmu Komputer dan Desain Grafis

September 24, 2016

2 Cara Membuat Bootable Flashdisk untuk Instalasi Windows

Apakah Anda pernah melihat seorang teknisi yang melakukan instalasi sistem operasi menggunakan flashdisk? Dan apakah Anda heran ketika pertama melihatnya? Flashdisk memang bisa digunakan untuk instalasi sistem operasi, namun sebelumnya harus dibuat bootable dulu yang didalamnya berisikan file-file sistem operasi pada umumnya.

Flashdisk memang sangat berperan penting bagi teknisi komputer yang hendak melakukan instalasi. Karena terkadang pada beberapa tipe notebook atau netbook tidak dilengkapi dengan CD/DVD Drive jadi harus menggunakan CD/DVD External atau menggunakan flashdisk juga bisa.

Namun, dari kebanyakan orang ketika akan menginstal sistem operasi pada perangkat yang tidak mempunyai CD Room, mereka memilih menggunakan flashdisk. Selain mudah ditemukan juga harganya tidak terlalu mahal.

Apakah Anda tertarik mencoba menginstall sistem operasi Anda dengan flashdisk? Jika ya, maka Anda wajib tahu tentang cara membuat bootable flashdisk yang akan digunakan untuk menginstall sistem operasi.

Sebenarnya isi dari bootable flashdisk ini sama dengan yang ada di CD/DVD, yang membedakan hanyalah tempatnya saja. Kalau di flashdisk akan hemat tempat, karena dengan bentuknya yang kecil jadi mudah dibawa kemana saja.

Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan tutorial membuat bootable pada flashdisk menggunakan 2 cara. Cara yang pertama menggunakan software Rufus, dan yang kedua menggunakan CMD.

Untuk kemudahan sendiri, sebenarnya lebih mudah menggunakan Rufus. Karena Rufus memang sudah didesain seminimal mungkin agar pada penggunanya mudah memahami cara penggunaannya walaupun baru mencoba. Lain lagi kalau menggunakan CMD, walaupun pada setiap komputer/laptop sudah ada CMDnya namun cara membuat bootablenya itu yang sedikit rumit.

Untuk kedua cara ini saya merekomendasikan menggunakan Rufus, software ini memiliki ukuran yang sangat kecil yaitu sekitar kurang dari 1MB. Namun Anda juga boleh mencoba cara yang menggunakan CMD. Semua pada intinya sama saja yaitu membuat bootable, namun cara pembuatannya yang berbeda.

Oke, yang harus Anda persiapkan adalah file ISO sistem operasi. Anda harus sudah mempunyai ISO dari sistem operais yang akan digunakan untuk membuat bootable. Ini adalah syarat yang wajib, karena kalau belum punya file ISO tidak akan bisa membuat bootable. Kalau sudah punya, silahkan ikuti tutorial membuat bootable flashdisk dibawah ini.
cara membuat bootable flashdisk untuk instalasi windows

Membuat Bootable Flashdisk dengan Rufus

Rufus merupakan software komputer yang digunakan untuk membantu pembuatan bootable flashdisk. Dengan software ini, Anda dapat dengan mudah membuat bootable. Karena siftware ini memang sudah didesain sedemikian rupa, sehingga sangat mudah digunakan bahkan oleh orang yang baru pertama kali menggunakan rufus.

Saya membaca di Website resmi Rufus, mereka mengatakan "Rufus sangatlah cepat, Rufus sekitar dua kali lebih cepat dibanding UNetbootin, Universal USB Installer atau Windows 7 download tool dalam membuat media instalasi USB Windows 7 dari sebuah ISO. Rufus juga sedikit lebih cepat dari bootable Linux dari berkas ISO"

Oke langsung simak saja ya caranya.

1. Download Rufus terlebih dahulu. Copy paste link berikut di address bar browser Anda.
https://rufus.akeo.ie
2. Colokkan Flashdisk yang akan digunakan untuk membuat bootable. (minimal 4GB, tergantung ukuran file ISO)

3. Buka software Rufus.

4.  Maka Rufus akan langsung mendeteksi flashdisk Anda. Lalu pada bagian Create a bootable disk using Anda ganti menjadi ISO image. Lalu pilih file ISOnya. Lihat gambar, dan perhatikan yang saya beri kotak merah.

cara membuat bootable flashdisk menggunakan rufus

5. Setelah memasukkan file ISO, biasanya akan muncul nama file ISO tersebut di bagian bawah, dan pada New volume label akan berganti nama. Setelah itu langsung klik Start. Lalu setelah Anda klik start, pasti akan muncul pop up kalau Flashdisk Anda harus diformat untuk melanjutkan prosesnya. Klik Ok. Lihat gambar dibawah ini.

cara membuat bootable windows menggunakan rufus

membuat bootable windows dengan flashdisk

Maka prosesnya akan berjalan, tunggu saja sampai selesai. Jika sudah maka Anda bisa menggunakan flashdisk tersebut untuk menginstall laptop Anda.

Membuat Bootable Flashdisk dengan CMD

Tutorial ini sudah saya coba dengan menggunakan WIndows 10 dan sukses. Dan saya pernah membaca pula, yang bisa melakukan proses ini adalah Windows 7, Windows 8, dan Windows 10. Sedangkan untuk Windows XP belum pernah dicoba. Tapi Anda bisa mencobanya, namun perlu diingat saya tidak bertanggung jawab jika terjadi apa-apa dengan flashdisk Anda. Jika Anda ragu dengan cara ini, lebih baik gunakan cara pertama. Namun cara ini sudah tested oleh saya sendiri menggunakan Windows 10, jadi jika kalian pengguna Windows 10 bisa mengikuti tutorial ini dengan aman.

1. Pertama, colokan terlebih dahulu flashdisk Anda.

2. Kemudian buka CMD sebagai Administrator. Caranya, klik kanan pada icon CMD lalu pilih Run as Administrator.

3. Perhatikan gambar dengan seksama, silahkan ikuti yang saya kasih kotak merah. Lakukan hal yang sama pada CMD Anda.

cara membuat bootable flashdisk menggunakan cmd

Agar lebih jelas lagi, lihat penjelasannya dibawah ini: (Ketikkan didalam CMD)
  • DISKPART lalu Enter.
  • LIST DISK lalu Enter.
  • SELECT DISK 2 lalu Enter. (Sesuaikan dengan Flashdisk Anda, biasanya tidak sama)
  • CLEAN lalu Enter.
  • CREATE PARTITION PRIMARY lalu Enter.
  • ACTIVE lalu Enter.
  • FORMAT FS=FAT32 lalu Enter. (Harap bersabar, proses format akan sedikit lama)
  • EXIT lalu enter.
4. Kemudian, silahkan Anda masukkan file yang ada di dalam ISO ke Flashdisk Anda. Jadi, masukkan file-file seperti dibawah ini ke flashdisk Anda. Lihat gambar.

membuat bootable windows menggunakan CMD

Jika sudah, maka Anda bisa menggunakan flashdisk tersebut menginstall laptop Anda.

Bagaimana, mudah yang mana caranya? Itu tergantung pribadi masing-masing ya. Semoga tutorial ini bisa membantu Anda dalam membuat bootable,
Semoga bermanfaat.
Terima kasih.
Rekomendasi Untuk Anda × +
0 Komentar untuk "2 Cara Membuat Bootable Flashdisk untuk Instalasi Windows"

Silahkan berkomentar

Contact Form

Name

Email *

Message *

Back To Top