4 Contoh Teks dan Paragraf Deskripsi Singkat

Diposting pada

4 Contoh Teks dan Paragraf Deskripsi Singkat – Teks atau paragraf deskripsi merupakan sebuah teks yang terbentuk dari susunan paragraf yang bertujuan untuk memberikan gambaran atau penjelasan tentang suatu hal. Jika membahas tentang contoh teks deskripsi tentunya mengingatkan kita dengan pembelajaran di sekolah. Setelah kita memahami dan membahas pengertian, struktur dan contoh teks deskripsi pada artikel sebelumnya kita dapat menarik kesimpulan bahwa teks deskripsi berasal dari bahasa latin yakni ‘Describe’ yang artinya menggambarkan dan pada dasarnya teks deskripsi adalah teks yang memang memberikan gambaran atau melukiskan sesuatu dari sesuatu obyek. tentunya terdapat banyak sekali contoh teks deskripsi yang dapat anda pilih.

Paragraf deskripsi umumnya dapat kita temukan dalam sebuah karya sastra seperti novel, cerita, hingga majalah. Di dalam sebuah paragraf deskripsi berisi kalimat-kalimat yang bersifat memberikan gambaran kepada pembaca. Tujuan utama dari pragraf deskripsi ini adalah untuk memberikan informasi tentang suatu kejadin, fenomena, maupun peristiwa yang dikemas dalam bahasa yang menarik.

4 Contoh Teks dan Paragraf Deskripsi Singkat
Contoh Paragraf Deskripsi

Selain digunakan untuk menggambarkan kejadian, paragraf deskripsi juga dapat digunakan untuk menggambarkan suatu hal atau benda seperti meja, kursi, cangkir, dan pohon. Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan beberapa contoh teks deskripsi dan contoh paragraf deskripsi singkat. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

4 Contoh Teks dan Paragraf Deskripsi Singkat

Seperti yang telah saya jelaskan sebelumnya, teks deskripsi adalah teks yang tersusun dari sekumpulan paragraf yang memberikan ilustrasi atau gabaran suatu obyek. dapat disimpulkan bahwa teks deskripsi memeberikan gambaran kepada pembaca tentang obyek yang sedang dibahas seolah pembaca mengalami dan merasakannya secara langsung.

Artikel Terkait : Jenis-Jenis Teks Dalam Bahasa Indonesia Lengkap Dengan Pembahasan

Contoh Teks Deskripsi Tentang Hewan

Paragraf deskripsi tentang kelinci
Kelinci adalah hewan yang umum dijumpai di peternakan, masyarakat indonesia sendiri telah mengenal kelinci sejak abad 18. Pada tahun 1972 ditemukanlah kelinci lucu yang pertama di indonesia tepatnya di pulau sumatra.

Kelinci tergolong kedalam kelas mamalia yang artinya memiliki darah panas yang mana berkembang.biak dengan cara beranak atau melahirkan. dalam sekali berkembang biak kelinci dapat menghasilkan 4 ekor anak sekaligus. keistimewaan dari kelinci adalah gigi mereka kan terus tumbuh selama mera masih hidup

Sebenarnya kelinci dapat ditemukan di berbagai belahan dunia seperti di benua eropa dan afrika, Hewan lucu nan menggemaskan ini memiliki habitat dan tempat tinggal di hutan hujan dan sabana. namun pada abad ini kelinci juga sudah mulai dibudidayakan untuk diambil manfaatnya.

Secara umum kelinci dapat dibagi menjadi dua jenis yakni. Kelinci liar dan kelinci hias atau peiharaan. Sedangkan menurut rasnya kelinci dapat dibagi menjadi berbagai jenis seperti anggora, marmut, australian dan lain sebagainya.

Baca Juga : Pengertian Dan Contoh Teks Deskripsi Lengkap

Sekarang ini banyak yang berternak kelinci untuk diabil dagingnya, teksturnya yang lembut dan juga gurih menjdaikan daging kelinci sangat enak untuk dimasak sebagai sate. Kelinci-kelinci pedaging sekarang juga sudah beredar luas di pasaran mulai dari pasar lokal sampai internasional.

Di Indonesia sendiri banyak ditemukan kelinci lokal seperti kelinci sumatera dan kelinci jawa. Kelinci jawa banyak ditemukan di hutan-hutan disekitar jawa barat dan jawa tengah dengan ciri-ciri bulu coklat kehitaman. Sedangkan kelinci sumatera dapat ditemukan dengan ciri-ciri bulu coklat kekuningan.

Contoh Teks Deskripsi Tentang Keindahan Alam

Paragraf deskripsi tentang keindahan sawah
Desa sumber rejo, sukoharjo jawatengah memiliki pemandangan sawah nan indah. Berhadapan dengan gunung yang berwarna hijau, menjadikan pemandangan disini semakin sempurna. Disini kita dapat melihat berbagai aktivitas pertanian yang bahkan mugkin belum pernah kita lihat sebelumnya. kita dapat melihat para petani yang sedang memulai proses tanam padi hingga proses panen.

Setelah mencangkul sawah yang luas, akhirnya salah satu petani pun memutuskan untuk beristirahat karena memang suasana disini sudah beranjang siang dan panasnya terik matahari dapat kita rasakan melalui kulit kita.

Setelah beristirahat sejenak petanipun kembali berativitas melanjutkan mencangkul sawah dengan penuh semangat. tak lama kemudian datanglah seorang perempuan yang mengantarkan makanan, ternyata itu adalah istri dari petani tersebut.

Contoh Teks Deskripsi Tentang Keindahan Pegunungan

Paragraf deskripsi tentang keindahan gunung
Gunungg Bromo adalahh sebuah gunung indah yang terletak di Jawa timur, termasuk ke dalam Taman Nasional Bromo tengger Semeru. Kawasan gunung ini mempunyai sebuah keunikan tersendiri dimana di ketinggiann 2392 meter di atas permukaan laut, akan terdapat bentangan pasir yang sangat luas sekitar 5.250 hektarr. Disini paran pengunjungg bisa menikmati pemandangan dengan cara menaiki kudaa. Hal lain yang tidak dapat di lewatkan adalah menikmati sunrise di Gunung Bromo, darii puncak Gunung Penanjakan yang berada di ketinggian 2.770 meter di atas permukaan laut.

Baca Juga : Pengertian, Jenis, Struktur, Dan Contoh Teks Eksposisi

Pemandangan alamnya saat sunsrise sangat menakjubkan, matahari yang perlahan mulai naik di iringi latar gunung semeru yang gagah mengeluarkan asap dari kejauhan akan memaparkan pemandangan indah yang sulit untkk di lukiskan sehingga pada saat seperti itu sangat di sayang kan jika tidak di abadikan dengan momen berharga berupa memotret.

Gunung Bromo iini dihuni olehh masyarakat asli suku Tengger. Masyarakat asli Tengger ini meyakini bahwa Gunung Bromo adalah sebuah gunung tempat dimana seorang pangeran mengorbankan hidup demi sebuah keluarganya. Masyarakat pun rutin melakukan festival Yadnya Kasada atau Kasodo. Maka waktu yang tepat untuk berkunjung ke Gunung Bromo adalah saat bulan Kasada atau biasanya di bulan September sampai dengan November.

Di bulan Kasada ini akan dapat di saksikan festival Kasada yakni sebuah upacara tahunan suku asli Tengger yang datang ke Bromo untuk melemparkan sajen yang berupa Sayuran, ayam, uang ke dalam kawah gunung berapi sebagai wujud rasa bersyukur dan di persembahkan kepada Dewa. Tiap prosesi dari Upacara ini sangat menarik wisatawan sehingga saat upacara kasada Bromo semakin banyak di kunjungi oleh pendatang.

Menurut kisah Gunung Bromo ini berasal dari kata Brahma yakni salah seorang Dewa agama Hindu. Sebagai sebuah gunung yang besar dan indah, Bromo masih termasuk ke dalam golongan gunung api yang masih aktif, walaupun Gunung Bromo tidak sebesar gunung api lainnya yang ada di Indonesia tetapi pemandangan alam dan suasana gunungnya membuat gunung ini sangat pantas untuk di sambangi.  Sehingga para wisatawan tidak jera untuk berkunjung.

Untuk sampai ke Gunung Bromoo, maka pengunjung bisaa menempuh perjalanan terlebih dahulu ke Kota malangg. Karena kota malang merupakan sebuah kota yang cukupp besar maka untuk menujuu kota ini bisa di tempuhh dengan berbagai ragam alat transfortasi. Dari mulai kendaraan pribadii, Bus, keretaa maupun melalui pesawat. kendaraan Jip atau land rover 4×4 adalah kendaraan umum yang di gunakan di kawasan gunung Bromo. Memang harganya lumayan mahal tetapi semua akan terasa lebihh ringan jika dii tempouh dengan rombongann.

Contoh Teks Deskripsi Tentang Keindahan Pantai

Paragraf deskripsi tentang pantai
Lampung merupakann satu Propinsi di Indonesia yangg letaknya dibagian paling timur Pulau Sumateraa tepatnya berbatasan langsung dengan Selat Sunda yang menghubungkann antara Pulau Sumateraa dan Pulau Jawaa. Lampung memiliki potensi wisata pantai yang sangat baguss. Sangat banyak sekali pantai yang ada di Propinsii Lampung dan semuanya merupakan pantai wisata eksotis nann indah sehingga wajar saja bila para wisatawan banyak yang mengunjungi Lampung hanya untukk melihat keindahann pantainya. Saat ini jugaa promosi yang dilakukann Pemerintah dan masyarakat untukk menarik wisatawan asingg maupun lokal sudahh mulai membuahkan hasill karena setiap tahunnyaa jumlah wisatawann yang hadir semakinn meningkat.

Baca Juga : 6 Contoh Teks Anekdot Lucu Terbaru

Lampung memiliki berbagai jenis pantai dari yang sekedarr untuk berlibur santaii bersama keluargaa hingga pantai yangg memiliki ombak besarr untuk olahragaa ekstrim seperti surfing, diving dan snorkling untuk melihat keindahan bawah lautnyaa. Pantai yang hanya untukk berlibur dan bersantai bersama keluargaa sangat banyak sekali seperti Pantai Kalianda Resortt, Pantai Pasir Putingg, Pantai Pasir Timbull, Pantai Mutunn dan masih banyak lagi. Disanaa pengunjung dapat merasakan suasanaa pantai yang tenangg dengan ditemani deburann ombak dan sepoi-sepoii angin pantai. Anak-anakk pun dapatt bermain air dii pinggir pantaii karena pantaii tak terlalu berbahayaa karena ombaknyaa tak terlalu besarr.

Di Lampung juga terdapat wisata pantaii untuk olahraga ekstrim seperti surfing yang tepatnya berada di daerah Krui, Lampung Barat. Disana terdapat banyak pantai yang menawarkan ombak yang menantang diantaranya yang paling terkenal adalahh Pantai Tanjung Setia dan Pantai Labuhan Jukung. Kedua pantai tersebut merupakan pantai yang paling banyak dikunjungi wisatawann asing dari berbagai belahan dunia. Bahkan banyak wisatawan asing yang menyatakan bahwa Pantaii Krui memiliki ombakk yang lebih baik dari Pantai Kuta, Bali. Pantaii krui juga belum terlalu kotor kerena memangg belum banyakk orang yang berkunjung kesana. Selainn itu disana pengunjungg dapat menyaksikan sunset dan sunrise dengan sangat jelas.

Itulah 4 Contoh paragraf deksripsi Singkat yang dapat anda simak sebagai bahan pembelajaran. Termakasih ingat untuk selalu mengikuti Antotunggal untuk mendapatkan infomasi materi pelajaran terbaru.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *