5 Contoh Teks Anekdot Paling Lucu terbaru

Diposting pada

5 Contoh Teks Anekdot Paling Lucu terbaru – Teks anekdot atau sering disebut cerita anekdot sangat erat kaitannya dengan pelajaran bahasa indonesia, pengertian dari anekdot sendiri adalah cerita singkat dan lucu yang dapat menggambarkan keadaan sebenarnya dari suatu kejadian. Sedangkan menurut kamus besar bahasa indonesia anekdot memiliki arti cerita lucu dan menarik namun juga mengesankan. Biasanya menceritakan karakter dari tokoh penting berdasarkan keadaan yang sebenarnya. Karena teks anekdot memiliki sifat lucu yang dapat menimbulkan gelak tawa maka teks ini banyak diminati dan dibaca oleh berbagai kalangan masyarakat.

5 Contoh Teks Anekdot Paling Lucu terbaru

Pernahkah anda membaca cerita lucu yang didalamnya bahkan tidak ada konflik sama sekali? Nah cerita semacam inilah yang disebut teks anekdot oleh para sastrawan. Setiap jenis teks dalam bahasa indonesia memiliki ciri khas tersendiri. Begitu juga dengan contoh teks anekdot yang ditandai dengan alur cerita lucunya.

Jika diamati secara seksama kita bisa menemukan berbagai contoh teks anekdot dengan beragam tema. Misalnya saja cerita anekdot pendidikan, cerita anekdot tentang kebersihan, dan lain sebagainya. Nah, yang menjadi pertanyaan adalah mengapa orang menulis teks dengan alur cerita lucu tersebut? jawabannya sudah jelas karena penulis ingin menyampaikan sesuatu melalui cerita itu.

5 Contoh Teks Anekdot Paling Lucu terbaru

Pemikiran dan sudut pandang masyarakat terus berkembang seiring berjalannya waktu. Metode lawas dalam menyampaikan pesan moral pun juga ikut terkikis oleh perkembangan jaman. Tidak heran jika sarana media seperti poster, slogan dan lain sebagainya sudah mulai ditinggalkan. Sekarang ini banyak orang beranggapan bahwa pesan moral akan lebih cepat tersampaikan jika menggunakan cara yang unik.

Baca juga: Pengertian, Struktur dan Ciri-ciri Teks Anekdot

Salah satunya adalah dengan menggunakan cerita anekdot lucu yang sekarang kita bahas. Menyisipkan tujuan komunikatif pada teks anekdot sangatlah efektif karena semua orang suka sesuatu yang lucu. Oleh karenanya kita bisa menemukan banyak sekali contoh teks anekdot dengan berbagai tema. Dari sini kita pasti sudah paham bahwa jenis teks ini memiliki tujuan untuk menyampaikan pesan moral melalui alur cerita yang lucu.

Contoh teks anekdot lucu

Namun tidak semua anekdot ditujuan untuk memberikan pesan moral seperti penjelasan diatas. Terdapat banyak sekali cerita anekdot yang memang ditujuan murni untuk menghibur pembacanya. Nah untuk anda yang sedang mengerjakan tugas membuat teks anekdot ataupun memahami materi teks yang satu ini silahkan simak beberapa contoh di bawah:

BBM atau BBM

Sudah menjadi kebiasaan dipagi hari untuk Pak dahlan dan Pak rahmat melihat berita yang sedang naik daun di channel berita favorit mereka. Seperti biasa, mereka asyik nonton bareng di warung makan (warteg) favorit mereka, tak lama berselang terjadilah percakapan. “Eh Mat, katanya BBM beneran mau naik ya sekarang?” kata Pak dahlan. “Katanya sih iya, tapi kagak tau juga buktinya masih banyak yang pake BBM tuh?”, kata Pak rahmat. “Anak saya aja ngebet banget pengen dibeliin BBM, katanya lagi diskon gitu deh”, tambahnya. “Emangnya Pak Presiden mau ngediskon BBM? Wong yang dimaksut anakmu itu diskon BBM (Black Berry Messenger)”, Hadehhh gimana sih pak rahmat ini”. Kata pak dahlan yang nahan gemes sama pak rahmat.

Undian Semilyar

Bu Jono kaget luar binasa ketika mengetahui suaminya Pak Jono mendapat undian berupa uang 1 milyar. Dibalik kagetnya Bu Jono merasa bingung menyampaikan berita itu kepada suaminya karena suaminya itu punya penyakit jantung. Bu Jono sangat khawatir jika mengatakan berita tersebut maka jantungan Pak Jono akan kambuh.

Setelah berpikir akhirnya Bu Jono meminta bantuan kepada Pak RT, Pak RT adalah teman baik dari suaminya dan Bu Jono meminta agar Pak RT menyampaikan berita gembira ini pada Pak Jono. Setelah berbicara akhirnya Pak RT menyetujui permintaan Bu Jono.

Baca Juga : 4 Contoh Teks Anekdot Lucu Tentang Lingkungan

Selang satu hari Pak RT berkunjung kerumah Pak Jono, Setelah berbincang-bincang sangat lama akhirnya Pak RT memutuskan inilah saat yang tepat untuk mengatakan kabar gembira tersebut.

Pak RT : “Pak Jono, Kalau hari ini Pak Jono dapet undian uang semilyar gimana perasaan Pak Jono?”
Pak Joko :”Wah, ya seneng banget to pak kalau bener saya dapet undian satu milyar, Kalau bener kaya gitu setengahnya saya kasih ke Pak RT deh kan Pak RT teman baik saya.” Mendengar jawaban Pak Jono pak RT pun terjatuh dari kursi diamana dia duduk dan langsung mati seketika.

Contoh teks anekdot tentang pendidikan

Pendidikan merupakan hal vital yang harus tetap dijaga kemurniannya. Melalui pendidikanlah generasi bangsa akan terbentuk. Dalam proses dan penyampaiannya sering kali terdapat cerita lucu yang menggambarkan keadaan nyata antara guru dan murid. Misalnya saja contoh cerita anekdot pendidikan di bawah ini.

Guru dan murid

Murid A  : “Bu guluuu,` kata Bagus, satu tambah satu itu sebelas iya kan Bu”
Guru : “Salah dong, Jawaban yang benar itu dua”, sambil menjelaskan kembali pada roni
Roni : “Bu Guru yang salah, nih saya buktikan ya Bu”, (Roni maju dan menulis kan angka 1 dan 1 di papan tulis)”ini sebelas kan Bu?”
Guru : “ Kamprett, ini anak dikasih tau yang bener tetep aja ngeyel, gimana kalo udah besar nih anak?”. Batinya dalam hati

Taksi yang misterius

Ada seorang karyawati yang kecapekan setelah selesai bekerja hingga tengah malam di depan menara Elang, menyetop sebuah taksi yang meluncur melalui lapangan kuningan. Waktu itu pukul 11.30 malam, setelah taksi berhenti karyawati itupun langsung masuk dan  duduk dikursi belakang taksi sambil menyebutkan tujuannya yakni daerah Pasar Senin kepada Pak sopir taksi.

Baca juga: Jenis-Jenis Teks Dalam Bahasa Indonesia

saking lelahnya setelah bekerja akhirnya si karyawati pun langsung tertidur di kursi, Selang beberapa saat akhirnya karyawati pun terbangun, saat terbangun ia menyadari ada yang tidak beres dengan taksi yang ditumpanginya karena berjalan dengan sangat lambat dan semakin melambat.

Saat karyawati itu melihat ke depan sopir yang mengemudikan taksi itu sudah tidak ada ditempatnya. Yang ada hanyah kursi taksi kosong dan suasana malam yang mencekam. Anehnya Taksi itu tetap berjalan walaupun hanya pelan pelan, menyadari keadaan menyeramkan yang karyawati alami maka karyawati itupun menjerit sekeras-kerasnya.

Tiba-tiba dari balik jendela taksi munculah sosok kepala, (kepala sopir taksi): “Mbak, jangan teriak-teriak ntar dikira saya ngapa ngapain embak, bantuin dorong taksinya lagi mogok”

Baca juga: 6 Contoh Teks Anekdot Paling Lucu

Orang pintar

Guru : “Hayo siapa yang bisa jawab pertanyaan ini? Orang pintar itu ciri-cirinya apa?”
Murid H : “Rajin belajar, selalu dapat nilai bagus dan selalu nyontek bu”
Guru : sebenarnya jawabanmu sudah benar, tapi kok ada acara nyontek, maksudnya gimana?”
Murid H : Iya bu, buktinya kita bisa menyontek tank buatan luar negeri yang terkenal sangat canggih”,
Guru : wah bener juga ya kamu, berarti besok km jangan lupa rajin menyontek juga ya nak”, kata Bu Guru
Murid H : “Setujuuuuu, besok kita saling contek pas ulangan ya teman-teman”, Sambil menepuk jidat Bu guru bicara dalam hati “kamprett”

Itulah kumpulan Teks Anekdot Lucu Terbaru yang dapat saya rangkum, Teks anekdot memang terkadang sangat aneh dan terkadang juga dapat menimbulkan pemikiran negatif saat membacanya namun tujuan dari teks anekdot adalah untuk menghibur pembacanya berdasarkan kejadian nyata.

2 thoughts on “5 Contoh Teks Anekdot Paling Lucu terbaru

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *