Anto Tunggal

Ilmu Komputer dan Desain Grafis

September 25, 2016

Cara Mempercepat Kinerja Komputer dan Laptop Mudah

Bagi sebagian orang yang menggunakan komputer atau laptop dengan spesifikasi yang rendah seperti saya, mungkin akan jengkel jika dihadapkan dengan kinerja perangkat yang tidak cepat. Karena menggunakan komputer atau laptop yang lambat hanya akan membuat kita menunggu terlalu lama. Banyak sekali penyebab dari laptop dan komputer kok bisa menjadi lambat kinerjanya. Maka dari itu, saya akan memberikan sedikit tips berdasarkan pengalaman saya pribadi mengenai cara mempercepat kinerja komputer dan laptop dengan mudah.

Mengenai permasalahan kinerja yang lambat ini, memang sangat banyak sekali penyebabnya. Yang paling utama adalah, spesifikasi perangkat yang memang masih rendah. Jadi masih terlalu berat untuk menjalankan proses yang kita berikan. Namun semua ini bisa diatasi selama kondisi hardware laptop dan komputer kita masih baik dan belum mengalami cacat.

Tips yang akan saya bagikan ini ada yang gratis dan ada yang perlu mengeluarkan uang. Namun dengan menggunakan tips yang gratis saja, mungkin sudah bisa sedikit mempercepat kinerja perangkan Anda. Dan jika masih kurang dengan kinerjanya, Anda boleh saja mencoba tips yang perlu mengeluarkan uang untuk menggunakannya.
 
Cara mempercepat kinerja laptop dan komputer agar tidak lemot

Berikut adalah tips mempercepat kinerja komputer dan laptop dengan mudah dan cepat.

1. Hentikan Proses Aplikasi yang Tidak Diperlukan
Terlalu banyak menggunakan aplikasi secara bersamaan (multitasking) memang akan membuat kinerja komputer/laptop menurun. Pasalnya, perangkat harus bekerja keras untuk menjalankan semua proses tersebut. Menjalankan banyak aplikasi sekaligus tidak akan bermasalah pada perangkat yang memiliki spesifikasi yang mumpuni. Namun bagi yang spesifikasinya masih kelas bawah, pasti akan sangat berat sekali. Sehingga membuat kinerjanya menurun.

Jadi untuk yang spesifikasi komputer/laptopnya masih kelas bawah (seperti saya) alangkah baiknya mengurangi proses yang harus dijalankan oleh sistem. Jalankan aplikasi yang memang diperlukan saja, tutup semua aplikasi yang sekiranya tidak diperlukan.

Anda dapat mengakhiri proses yang tidak diperlukan dengan menggunakan Task Manager. Caranya tekan Ctrl+Alt+Del lalu pilih task manager. Masuk ke tab Process, lalu pilih aplikasi yang tidak digunakan kemudian klik End task. Lihat contoh dibawah ini, perhatikan yang saya beri kotak merah.

Cara mempercepat kinerja laptop dan komputer dengan mudah


2. Upgrade RAM
Dengan mengupgrade RAM, maka Anda akan mendapatkan kinerja laptop/komputer Anda yang semakin meningkat. Pasalnya, semua proses yang berjalan akan memakan RAM Anda. Jadi, semakin besar RAM pada sebuah perangkat, akan semakin cepat pula dalam menjalankan prosesnya.

Saking banyaknya aplikasi yang berjalan dibelakang layar, akan membuat RAM cepat penuh. Jika RAM sudah penuh maka kinerja perangkat akan semakin down. Jadi kalau Anda memang berniat mengupgrade RAM, siapkanlah sejumlah uang untuk membeli RAM.

Minimal ukuran RAM untuk laptop dan komputer yang hanya digunakan untuk menjalankan aktivitas sehari-hari paling tidak 2GB. Namun kalau sudah digunakan untuk Desain dan Game, maka sebaiknya sudah diatas 8GB agar mendapatkan kinerja yang optimal.

3. Kosongkan/Hapus File di Recycle Bin
Recycle Bin adalah tempat dimana file-file yang telah dihapus berada di situ. Jadi Anda masih dapat mengembalikan file tersebut melelui recycle bin. Namun semakin banyak file yang tersimpan di recycle bin ternyata malah akan membuat kinerja perangkat semakin lambat. Jadi, silahkan hapus saja file dalam recycle bin yang sekiranya memang tidak penting. Namun jika penting, alangkah baiknya kembalikan ke tempat yang aman.

4. Defragment Hard Disk Anda
Cara ini cukup ampuh untukk mengatasi kinerja komputer yang lambat. Karena, jika Anda belum pernah mendefrag hard disk Anda ada kemungkinan ada banyak file-file yang rusak. Nah, dengan melakukan defrag, maka akan menjadikan file yang rusak itu kembali menjadi rapi. Dalam garis besar, defragment berfungsi untuk merapikan kembali file hard disk yang berantakan.

5. Bersihkan Laptop atau Komputer
Mungkin saja, penyebab dari kinerja yang menurun adalah karena kotornya perangkat Anda. Jadi, ada hardware yang tidak optimal dalam melakukan pekerjaanya.

Misal saja kipas yang terkena debu. Maka kipas tersebut tidak akan berjalan dengan optimal karena adanya debu tersebut. Maka jangan malas-malas untuk membersihkan perangkat Anda.
Selain untuk mempercepat kinerja, membersihkan kotoran pada hardware juga akan memperpanjang usia perangkat Anda. Tidak percaya? buktikan sendiri.

6. Lakukan Install Ulang
Dengan melakukan install ulang, maka secara otomatis sistem operasi Anda yang lama akan digantikan dengan yang baru. Hal ini bisa menghilangkan banyak masalah yang menjadi penyebab kinerja perangkat menurun.

Dengan install ulang sistem operasi, maka virus yang sebelumnya menjangkit sistem operasi lama akan hilang. Dan juga registry yang rusak akan kembali seperti baru lagi. Jadi solusi terakhir untuk mempercepat kinerja komputer dan laptop adalah dengan cara menginstal ulang sistem operasi.

Semoga dengan artikel ini, laptop dan komputer Anda menjadi bisa optimal lagi kinerjanya. Dan semoga bisa menambah ilmu Anda semua.
Semoga bermanfaat.
Terima kasih.
Rekomendasi Untuk Anda × +
1 Komentar untuk "Cara Mempercepat Kinerja Komputer dan Laptop Mudah"

1 Response to "Cara Mempercepat Kinerja Komputer dan Laptop Mudah"

Boleh di coba ni :D , sering kali windows 8 macet klo dah lama g diinstal ulang, klo diinstal ulang kan males nginstal2 progrm yang lainnya haha

Silahkan berkomentar

Contact Form

Name

Email *

Message *

Back To Top