September 13, 2016

Cara Mengambil Gambar Screenshot Layar Komputer dan Laptop

Tags
Mungkin Anda pernah melihat hasil gambar-gambar tangkapan layar (screenshot) komputer atau laptop yang tersebar di internet. Lalu Anda berpikir, bagaimana sih cara mengambil screenshoot komputer. Pada kali ini, saya akan membagikan tutorial tentang cara men-screenshot tampilan layar komputer. Tutorial ini bisa Anda praktekkan di sembarang sistem operasi Windows, mulai dari Windows XP, Windows 7, Windows 8, sampai Windows 10.

Mungkin jika ada yang melihat tutorial ini dan kemudian berkata "ah cara mengambil screenshot di komputer mudah kok, masa tidak bisa". Nah, saya yakin orang yang berkata seperti itu sebelumnya pasti pernah juga mencari dan melihat tutorial mengambil screenshot di google atau kalau tidak ya tanya sama temannya.

Memang mudah kok cara mengambil screenshot di windows, dengan catatan sudah mengerti caranya. Semua akan mudah jika sudah mengerti caranya.

Gambar di bawah ini adalah salah satu screenshot yang saya ambil dari laptop saya dan kebetulan menggunakan windows 10. Anda bisa mempraktekkannya di sembarang windows kok, sama saja sebenarnya.

Cara Mengambil Screenshot Komputer dan Laptop

Sebelum lanjut ke tutorial, alangkah baiknya mengetahui apa sih screenshot itu. Screenshot merupakan kegiatan mengambil tampilan gambar melalui perangkat itu sendiri yang biasanya dapat dilakukan di Komputer, Smartphone, Tablet, Laptop, dan sebagainya. Melakukan screenshot atau mengambil tangkapan gambar layar ini biasanya dimaksudkan untuk mengambil atau memperlihatkan informasi yang ada di layar kita untuk diberikan kepada orang lain.

Cara Screenshot di Komputer dan Laptop

Ok, tutorial yang akan saya bagikan kali ini hanya satu tutorial saja. Jika ada yang bertanya "loh, kok cuma satu sih. di website lain kok ada yang share tutorial mengambil screenshot sampai dengan 3 cara ya?". Alasan saya hanya men-share satu cara adalah karena cara yang akan saya bagikan ini adalah yang paling mudah. Saya katakan paling mudah karena memang alat yang diperlukan hanya dari perangkat keras komputer yang pasti sudah Anda punyai, yaitu keyboard. Jadi, saya membagikan tutorial yang hanya satu cara ini ada alasannya. Dan saya jamin tutorial ini work 100% pada Anda. Dan satu lagi, kita membutuhkan software yang sudah pasti ada pula di setiap komputer, yaitu software legendaris Paint.

Akan saya jelaskan disini apa sih kegunaan dari kedua alat tersebut. Yang pertama keyboard, kita memerlukan tombol PrtSc SysRq atau kalau tidak ada ya Prnt Scrn. Setiap keyboard memang berbeda-beda tulisannya yaitu antara kedua tombol diatas. Namun kedua tombol tersebut memiliki fungsi untuk mengambil gambar screenshot. 
Kemudian yang kedua yaitu software paint, software ini akan digunakan untuk meletakkan hasil tangkapan layar yang dilakukan tombol PrtSc SysRq/Prnt Scrn tadi, yang kemudian disimpan dan sudah jadi deh.

Oke, berikut adalah tutorial cara mengambil screenshot di komputer dan laptop:
  1. Pilih bagian yang akan Anda screenshot.
  2. Kemudian tekan tombol PrtSc SysRq atau Prnt Scrn (Setiap keyboard berbeda, namun fungsinya sama saja).
  3. Lalu masuk ke aplikasi paint dan tekan tombol keyboard Ctrl dan V secara bersamaan. (Ctrl+V)
  4. Maka akan muncul gambar yang Anda ambil tadi, kemudian tinggal save gambar tersebut deh, tekan Ctrl+S.
  5. Selesai.
Bagaimana tutorial ini, bisa Anda praktekkan atau tidak. Tutorial ini memang yang paling sering saya pribadi gunakan dan memang paling mudah. Jika memang belum berhasil, bisa Anda tanyakan di kolom komentar dan secepat mungkin akan saya balas,
Semoga bermanfaat.
Terima Kasih.

Silahkan berkomentar
EmoticonEmoticon