September 26, 2016

Cara Mengatasi Error 0xc000007b pada Game dan Aplikasi

Tags
Bagi Anda yang sering dan senang main game, mungkin pernah mengalami masalah error 0xc000007b ini. Saya pun begitu, waktu main PES 2016 tiba-tiba muncul peringatan seperti ini. Bukan hanya game sebenarnya, aplikasi juga bisa saja mendapatkan masalah seperti ini.

Banyak sekali penyebab dari masalah 0xc000007b ini. Sampai-sampai saya pernah menginstall ulang laptop saya lantaran sama sekali belum tahu cara mengatasi masalah ini.

Error pada sebuah aplikasi dan game merupakan hal yang wajar. Namun jika kita menemui hal ini akan sangat menjengkelkan sekali. Karena kita harus berpusing-pusing menghadapi permasalahan ini. Banyak masalah yang muncul saat hendak memainkan game dan membuka aplikasi, salah satunya adalah Error 0x000007b. Jika Anda mengalaminya, kebetulan saya akan membantu Anda mengatasi masalah ini. Silahkan simak tutorial cara mengatasi error 0xc000007b ini.

Cara mengatasi error 0xc000007b

Oke, berikut adalah cara mengatasi error 0xc000007b saat bermain game dan membuka aplikasi.

1. Uninstall dan Install kembali Net Framework
Net Framework merupakan perangkat lunak (software) yang berjalan pada sistem operasi Windows. Net Framework juga biasa disebut dot net. Software ini juga merupakan persyaratan agar suatu aplikasi bisa berjalan.

Jadi, angkah pertama adalah dengan cara uninstall Net Framework pada laptop atau komputer Anda. Masalah ini memang bisa saja terjadi karena Net Framework yang belum diinstall. Untuk mengatasinya, sebaiknya Anda uninstall semua net framework pada sistem operasi Anda lalu install kembali.

Sebagian besar game memang sangat memerlukan net framework untuk bisa menjalankannya. Jika Anda belum menginstall net framework, biasanya akan muncul notifikasi yang pada intinya Anda disuruh menginstall net framework. Namun ada juga yang mendapatkan pesan error 0xc000007b saat belum menginstall net framerowk.

2. Lakukan Cara dibawah ini (Tested oleh Saya Work)
Download file dibawah ini, copy url dibawah ini lalu paste di address bar Anda. Lalu download file yang sudah saya sediakan. (Server Drive Google)
https://goo.gl/3kHRV4
Jika sudah didownload, extract file tersebut. Maka akan ada 2 file yang bernama System32 dan SysWOW64.
Artinya, bagi Anda yang menggunakan sistem operasi 32bit, maka gunakan yang System32. Sedangkan yang menggunakan sistem operasi 64bit, silahkan gunakan yang SysWOW64.

Cara penggunaan.
Untuk yang sistem operasi 32bit, silahkan pindahkan file yang ada di dalam System32 yang Anda download tadi ke C:\Windows\System32. Jika disuruh replace, maka replace saja.
Dan untuk yang sistem operasi 64bit, pindahkan file yang ada di dalam SysWOW64 yang Anda download ke C:\Windows\SysWOW64. Jika disuruh replace, maka replace saja.

Saya work menggunakan cara kedua ini saat menggunakan Windows 7, jadi semoga saja untuk Anda yang menggunakan Windows 7 bisa berhasil juga.

3. Install Ulang Sistem Operasi Anda
Jika cara pertama dan kedua diatas memang tidak mempan sama sekali dalam mengatasi error 0xc00007b, maka Anda bisa menginstall ulang sistem operasi Anda. Karena mungkin saja, error tersebut disebabkan oleh virus yang menginveksi sistem operasi Anda. Jadi, mungkin saja dengan menginstal ulang virus yang ada dalam sistem operasi Anda akan hilang. Dan masalah error 0xc000007b bisa hilang.

Saya berkali-kali mengalami masalah ini, terutama saat main game PES. Entah kenapa saya juga tidak tahu, dan cara yang saya gunakan ya cuma ketiga cara diatas. Yang pertama adalah install net framework. Biasanya sudah bisa mengatasi masalah 0xc00007b dengan memakai cara pertama. Namun jika masih gagal juga, saya gunakan cara kedua yaitu menggunakan cara diatas. Jika masih gagal lagi, saya menyerah dan memilih menginstall ulang sistem operasi saya.

Semoga dengan salah satu cara diatas, masalah error 0xc000007b pada laptop atau komputer Anda bisa teratasi.
Terima kasih.

Silahkan berkomentar
EmoticonEmoticon