Anto Tunggal

Ilmu Komputer dan Desain Grafis

September 24, 2016

Cara Mengatasi Virus Ransomware Cerber

UPDATE 25 SEPTEMBER 2016 : Ditambahkan Cara Mengatasi Ransomware Menggunakan Software ESET
Ransomware, hingga kini belum ada obat penawarnya. Entah bagaimana nasib para user komputer yang terkena Ransomware. Dan mungkin mereka resah dengan hal ini, pasti. Yang disayangkan dari sebuah komputer jika hilang adalah file-file yang penting. Mungkin begitu pula yang dialami oleh orang yang komputernya sudah terinveksi ransomware.

Ransomware termasuk dalam malware yang baru, namun jenis dari ransomware ini sudah bermacam-macam. Dan yang akhir-akhir ini muncul adalah ransomware cerber yang mana sudah memakan banyak korban baik di luar negeri maupun Indonesia.

Ransomware cerber menkripsi sebuah file dengan dan menambahkan ekstensi .cerber di bagian akhir nama file. Jadi ini akan sangat merugikan banyak pihak karena sebagian besar file-file biasanya bersifat penting dan sangat dibutuhkan.

Selain itu, Ransomware ini juga meminta uang kepada orang yang terkena virus ransomware ini jika file mereka mau aman. Namun jika tidak mau membayar, maka mereka mengancam akan menghapus seluruh file tersebut. Lha gimana, masa suruh bayar sih.

Ransomware merupakan virus malware yang aneh dan membahayakan. Yang aneh adalah, dengan menyebar virus ini penyebar ransomware meminta uang kepada pemilik komputer yang terserang ransomware. Ini maksudnya apa hayo, mau melakukan pemerasan atau bagaimana. Orang tidak salah apa-apa kok diambil filenya, disuruh bayar pula. Yang membahayakan yaitu soal file itu, karena hanya dalam waktu sekejap setelah ransomware masuk maka semua file akan segera dienkripsi. Dan untuk cerber sendiri, akan ditambahkan ekstensi .cerber.

Ciri-ciri komputer yang terkena virus adalah performanya yang semakin berkurang, dan yang paling terlihat adalah semakin berat untuk menjalankan sebuah perintah. Jadi jika komputer Anda terasa berat, maka waspadalah jika mungkin saja ransomware menyerang komputer dan file-file Anda. Dan perhatikan juga file-file milik Anda, jika ekstensinya berubah menjadi .cerber maka sudah dipastikan komputer Anda terkena ransomware.
Cara Mengatasi Virus Ransomware Cerber

Update Terbaru, Mengatasi Ransomware Cerber dengan ESET

Ini saya temukan ketika membaca-baca di facebook dan kebetulan menemukan catatan yang dibuat oleh Fanspage Facebook ESET. Dan disana, mereka memberikan tips apabila komputer terkena Ransomware maka segeralah proteksi menggunakan ESET Antivirus.

1. Silahkan Anda download software Gratis ESET. Pastekan alamat dibawah ini di address bar browser Anda. Nanti bakal muncul perintah untuk download.
http://download.eset.com/special/ESETTeslaCryptDecryptor.exe
2. Kemudian, masuk ke CMD lalu ketikkan dimana Anda menyimpan file ESETTeslaCryptDecryptor. Misalkan saya menyimpannya di C:\Users\Charis\Downloads maka saya menuliskan cd C:\Users\Charis\Downloads lalu enter.

Cara ampuh mengatasi ransomware cerber3

3. Setelah itu, ketik ESETTeslaCryptDecryptor.exe C: kemudian enter. Nanti akan muncul pop up, lalu pilih saja Agree.

Cara terbaru mengatasi ransomware

4. Maka proses scanning ransomware oleh ESET Antivirus akan berjalan pada Drive yang Anda ketikkan. Tunggu saja sampai proses selesai..

Catatan: Anda dapat mengganti C: yang saya beri kotak merah dengan directory lain seperti D: E: F:  dan seterusnya. Tergantung directory mana saja yang akan dicek dari Ransomware.

Lalu, misalnya laptop Anda terkena ransomware apakah Anda mau membayarnya demi file-file yang Anda miliki. Kalau file itu sangat penting pasti Anda akan menjawab ya. Ya, itu tidak salah sama sekali. Namun, yang di khawatirkan apabila kita sebagai korban sudah membayar mereka namun mereka tidak juga memberikan kunci enkripsinya lalu bagaimana nasib uang kita, melayang terbang. Karena ini bisa saja terjadi, banyak orang yang belum bisa jujur dalam mengatakan sesuatu. Bisa juga orang yang membuat ransomware ini memang orang yang seperti itu, masih belum memikirkan dampaknya kepada orang lain jadi malah menciptakan virus untuk memeras orang lain.

Kemudian, bagaimana cara mengatasi virus ransomware? Sampai saat ini memang belum ditemukan jamunya. Namun Anda perlu mengantisipasinya dengan tidak melakukan kegiatan yang ngawur dengan komputer Anda. Misal saja Anda menemukan link download sebuah aplikasi yang menggiurkan, hati-hati bisa saja itu adalah ransomware yang memang sengaja diletakkan menyerupai sebuah link aplikasi, padahal virus.

Hati-hati pula dalam menginstall sebuah aplikasi. Biasanya aplikasi yang belum terkenal memang membuat kita penasaran seperti apa sih aplikasinya. Namun berhati-hatilah, bisa saja aplikasi yang Anda install itu adalah virus ransomware cerber.

Jadi pada intinya, berhati-hatilah dalam melakukan sesuatu dengan komputer Anda. Karena, walau dengan hal sepele saja nantinya bisa juga loh membahayakan kondisi komputer dan file Anda.

Dan untuk yang terkena ransomware cerber, sabar saja. Nanti juga bakal ada obatnya kok, yang belum ada cuma waktu yang tepat untuk mengeluarkannya.

Semoga bermanfaat, tetap berhati-hati dan waspada dengan ransomware.
Terima kasih.
Rekomendasi Untuk Anda × +
2 Komentar untuk "Cara Mengatasi Virus Ransomware Cerber"

2 Responses to "Cara Mengatasi Virus Ransomware Cerber"

Silahkan berkomentar

Contact Form

Name

Email *

Message *

Back To Top