September 28, 2016

Cara Menghidupkan dan Mematikan Komputer dengan Benar

Tags
Menghidupkan komputer dan mematikannya kembali merupakan langkah yang harus dilakukan ketika hendak menggunakannya. Jadi, Anda harus tahu bagaimana sih cara mematikan dan menghidupkan komputer dengan baik dan benar. Nah, pada kesempatan kali ini saya akan share tutorial mengenai cara menghidupkan dan mematikan komputer dengan baik dan benar.

Menghidupkan dan mematikan komputer memang terlihat sangat sepele sekali. Tinggal menekan satu tombol saja sudah bisa langsung hidup, dan dengan tombol itu juga komputer Anda bisa dimatikan kembali. Namun, apakah cara yang dilakukan itu sudah benar?

Dalam menghidupkan dan mematikan komputer sudah ditentukan prosedur yang baik dan benar. Ini dimaksudkan agar tidak terjadi kerusakan pada hardware komputer Anda dengan menggunakan prosedur yang telah ditentukan. Namun, hal ini sering diabaikan banyak pengguna komputer yang masih baru dan belum mengetahui cara yang baik dan benar (cara yang sesuai dan disarankan oleh produsen komputer).

Mungkin ada yang bertanya "loh, emang cara yang benar bagaimana? bukannya cuma memakai tombol power saja?". Ya memang tombol power bisa digunakan untuk mematikan dan menghidupkan komputer, namun itu tidak sepenuhnya menjadi cara yang dianjurkan. Lalu bagaimana cara menghidupkan dan mematikan komputer dengan benar? silahkan simak artikel ini.
Cara menghidupkan dan mematikan komputer dengan benar

Cara Menghidupkan Komputer dengan Benar

Menghidupkan komputer diperlukan ketika kita hendak menggunakan komputer. Karena sudah jelas, komputer tidak akan bisa digunakan selama masih dalam keadaan mati.

Menghidupkan komputer memang sangatlah mudah, berikut adalah cara menghidupkan komputer dengan benar.
  1. Pasang kabel pada tempat masing-masing.
  2. Lalu, hidupkan layar monitor dengan cara menekan tombol power pada monitor.
  3. Sekarang hidupkan CPU Anda dengan cara menekan tombol power pada CPU.
  4. Maka komputer Anda akan hidup dan melakukan booting.
  5. Tunggu proses booting selesai. (Sampai masuk ke desktop/layar awal)
  6. Selesai, komputer Anda siap digunakan.
Memang cara diatas akan terlihat sepele bagi orang yang sudah berkali-kali menghidupkan dan mematikan komputer. Namun, akan terasa sulit bagi orang yang baru pertama kali menggunakan komputer.

Cara Mematikan Komputer dengan Benar

Setelah menggunakan komputer, maka yang wajib Anda lakukan adalah mematikannya. Dengan mematikan komputer, itu artinya Anda sedang mengistirahatkan hardware-hardware dari pekerjaannya. Dengan mematikan komputer, Anda juga sedang menambah umur komputer Anda agar bisa lebih lama lagi. Selain itu, Anda juga akan menghemat listrik Anda. Karena kalau dibiarkan hidup terus, hardware komputer Anda akan lelah dalam melakukan pekerjaannya, dan Anda juga akan boros listrik.

Jadi, setelah menggunakannya, Anda wajib mematikan komputer Anda. Nah, ini yang masih banyak sekali terjadi kesalahan. Para pengguna komputer masih banyak yang mematikan komputer dengan cara kasar, yaitu dengan menggunakan/menekan tombol power. Memang ini merupakan kesalahan yang besar ketika mematikan komputer dengan tombol power, hal ini akan menjadikan hardware-hardware komputer Anda cepat rusak. Jadim hentikan cara tersebut mulai sekarang. Dan gunakanlah cara mematikan komputer yang benar, yaitu dengan menggunakan perintah shutdown yang sudah disediakan.

Untuk Windows XP dan 7
  1. Klik start. (pojok kiri bawah)
  2. Lalu pilih Shutdown.
  3. Tunggu sampai komputer Anda benar-benar mati.
  4. Lepas kabel-kabel yang masih teraliri listrik.
Untuk Windows 8
  1. Arahkan mouse ke pojok kanan bawah.
  2. Klik Settings.
  3. Klik power.
  4. Klik shutdown.
  5. Tunggu sampai komputer Anda benar-benar mati.
  6. Lepas kabel-kabel.
Untuk Windows 10
  1. Klik start. (pojok kiri bawah)
  2. Klik icon power. (berbentuk lingkaran)
  3. Lalu pilih shutdown.
  4. Tunggu sampai komputer Anda benar-benar mati.
  5. Cabut kabel-kabelnya.
Dengan cara menghidupkan dan mematikan komputer dengan benar ini, Anda akan mendapat banyak keuntungan. Yang paling utama adalah memperpanjang usia hardware Anda, paling tidak ya tidak membikin rusak.

Semoga bermanfaat.
Terima kasih.

Silahkan berkomentar
EmoticonEmoticon