Anto Tunggal

Ilmu Komputer dan Desain Grafis

March 13, 2017

Manfaat Internet dan Dampak Negatif dari Internet

Mengulas mengenai internet tidak akan ada habisnya. Terlebih jika yang diulas adalah manfaat dan dampak negatifnya, itu sangat banyak sekali dan tidak mungkin jika akan terpecahkan semua mengenai dampak negatif dan positif internet. Namun setidaknya, kita harus mengetahui dampak negatif dan positif internet meskipun hanya sedikit saja. Ini akan lebih baik dibandingkan tidak mengetahui sama sekali.

Manfaat mengetahui dampak negatif dan positif internet akan sedikit memberi gambaran kepada kita semua agar senantiasa berhati-hati dalam melakukan sesuatu dengan internet .

Internet sendiri kependekan dari Interconnection Networking yang merupakan sebuah jaringan yang dapat terhubung dan bersifat global atau dapat menjangkau seluruh dunia. Dengan internet, kita bisa mengetahui berita terbaru dari manapun. Berita sepak bola juga dapat Anda update setiap hari hanya dengan menggunakan internet, sungguh canggih. Internet dapat memberikan berita apapun yang Anda mau, tapi ingat tidak semua berita yang dibagikan adalah benar kenyataannya.

Internet memberikan segudang manfaat yang dapat Anda petik setiap harinya, namun Anda juga harus berhati-hati dalam menggunakan internet karena dampak negatif dari internet bisa Anda dapat ketika kurang berhati-hati. Dengan internet, Anda dapat mencari hiburan gratis untuk menghilangkan kejenuhan setiap harinya, video, music, gambar, animasi banyak terdapat di internet. Anda tinggal mengetikkan keyword saja nanti akan muncul banyak pilihan.

Mesin pencari yang paling top dan banyak digunakan di seluruh dunia adalah Google. Google merupakan mesin pencari sekaligus perusahaan multinasional asal Amerika Serikat yang mempunyai jasa teknologi pencarian, komputasi web, perangkat lunak, dan periklanan daring. Saat mencari informasi di internet, pasti Anda menggunakan Google sebagai mesin pencari, karena Google memang merupakan favorit banyak orang.

dampak negatif dan positif internet

Mengenai manfaat dan dampak negatif internet, akan coba saya bahas pada postingan ini dengan bahasa yang semoga saja mudah dipahami.

Manfaat dan Dampak Positif Internet

Kalau bicara mengenai manfaat dari internet, tidak bisa dihitung seberapa banyaknya. Yang pasti sangatlah banyak. Internet memberikan manfaat kepada hampir semua kalangan, mulai dari anak-anak, pelajar, remaja, sampai orang tua. Dan perlu diingat, informasi-informasi yang ada di internet juga banyak yang memberikan dampak positif bagi pembacanya. Sebagai contoh saja, sebuah website membagikan berita yang update setiap hari (berita positif), maka sebagai pembaca pasti akan merasa senang dan bertambah ilmunya karena sudah diberikan berita setiap hari. Ini hanya contoh kecil saja, masih banyak hal dari internet yang memberikan manfaat dan dampak positif. Berikut akan saya jelaskan beberapa manfaat dan dampak positif dari internet.

1. Manfaat Internet bagi Pelajar
Sebagai pelajar, saya sangat senang sekali bisa hidup di zaman internet ini. Karena jujur saja, saya lebih suka membaca materi pelajaran di internet daripada di buku. Internet sangat membantu pelajar dalam pencarian materi, terlebih yang belum ada di internet. Terkadang saat pelajaran, ada guru yang menyuruh siswa mencari materi di internet dan kemudian merangkumnya. Ini membuktikan bahwa internet memang sangat bermanfaat bagi pelajar.
Dan dampak positifnya adalah, para pelajar akan semakin bertambah ilmu dan materinya ketika menggunakan internet dengan baik.

2. Manfaat Internet untuk Bisnis Online
Sekarang ini, bisnis yang paling menyenangkan adalah bisnis online. Karena biasanya, berbisnis online hanya berada di rumah saja. Sebagai contoh saja, para publisher AdSense (periklanan dari Google) tinggal menulis artikel dalam blog/website saja nantinya juga bisa menghasilkan/digaji oleh Google. Namun dalam menjalani bisnis online ini tidak mudah, banyak tantangan yang selalu datang dan pasti ada. Contoh lagi, publisher AdSense memiliki perjuangan yang sangat berat. Yang pertama, saat mendaftar AdSense pada tahun-tahun ini memang tidak mudah, jadi harus sabar dan terus berusaha. Yang kedua, ketika sudah diterima AdSense kita tidak langsung digaji Google melainkan harus mencari pengunjung blog/website yang banyak dan berusaha memungkinkan mereka untuk meng-klik salah satu iklan yang diberikan google. Semua memang tidak mudah, tapi akan bisa kalau memang ada kemauan dan usaha.

3. Menjadi Sarana Hiburan
Ketika Anda jenuh melakukan aktivitas sehari-hari, Anda dapat menggunakan internet sebagai sarana hiburan. Banyak sekali hiburan yang tersedia di internet, misalnya video, music, gambar, animasi, dan yang lainnya. Dengan internet, semoga saja kejenuhan Anda bisa hilang.

4. Memudahkan Komunikasi
Sekarang ini, sudah tidak zamannya berkomunikasi melalui surat. Pada zaman ini, sudah banyak penyedia layanan komunikasi gratis yang memungkinkan Anda berkomunikasi dengan siapapun melalui internet. Sebagai contoh, Anda ingin mengirim surat kepada teman Anda yang jauh, Anda tinggal menggunakan layanan Google yaitu Gmail untuk mengirim surat tersebut. Dengan catatan, Anda harus memiliki koneksi internet, karena gmail memerlukan koneksi untuk mengirim pesan yang Anda tuliskan.

Sebenarnya masih sangat banyak manfaat internet dan juga dampak positifnya. Secara pribadi, manfaat internet berbeda-beda, jadi Anda bisa menanyakan pada diri Anda sendiri "Apa saja sih manfaat internet untuk saya?"

Bahaya dan Dampak Negatif Internet

Selain beberapa manfaat diatas, internet juga mempunyai bahaya dan dampak negatif juga loh. Namun perlu saya jelaskan terblebih dahulu, bahaya yang saya maksud disini adalah bagi mereka yang tidak bisa memanfaatkan internet dengan baik. Jadi jangan salah paham terlebih dahulu ya. Banyak sekali bahaya yang ada di internet, bukan hanya satu dua saja, bahkan bisa sampai jutaan. Kejahatan yang ada di internet memang sangat banyak sekali, jadi Anda perlu berhati-hati. Berikut saya jelaskan beberapa bahaya internet.

1. Membuat Lupa Waktu
Ini merupakan bahaya dan dampak negatif dari internet. Ketika seseorang sudah senang dengan internet, wajar lah jika sering berada di depan laptop. Tapi ya bukan berarti sampai lupa waktu segala. Jangan sampai hanya gara-gara internet, Anda jadi lupa sagala hal. Khususnya bagi pelajar, jangan sampai Anda lupa belajar hanya karena internet. Ya memang bisa belajar dari internet, namun itu hanya sebagai penunjang saja, bukan yang pokok.

2. P*rn*grafi
Yang ini jangan dikira sedikit. Malahan sangat banyak, jika Anda sengaja maupun tidak sengaja melihat atau memasuki website yang isinya gambar-gambar yang seperti itu, maka ini merupakan sebuah kesalahan dan merupakan bahaya dan memiliki dampak buruk bagi yang melihatnya. Hal ini tentu akan sangat berbahaya jika yang melihat adalah anak-anak yang masih polos. Mereka bisa saja teracuni dengan gambar-gambar tersebut dan ketika di dunia nyata melakukan hal-hal yang tidak semestinya dilakukan. Sekarang ini banyak anak-anak yang sudah mulai aneh, yang salah satunya disebabkan karena hal ini, jadi berhati-hatilah. Untuk orang tua, selalu awasi anak Anda saat menggunakan layanan internet. Selalu periksa history browser yang digunakan agar bisa mengetahui apa saja yang diakses.

3. Penipuan
Penipuan di internet memang marak terjadi. Berbagai macam aksi penipuan sangat sering dijumpai di internet, seperti peniupan bisnis, modus kerja sama, dan semacamnya. Maka memang harus sangat berhati-hati dalam menggunakan internet. Terutama ketika akan belanja online, meskipun mudah akan tetapi juga harus berhati-hati. Pastikan orang/perusahaan yang terkait dengan belajna Anda merupakan yang terpercaya. Intinya hati-hati saja.

Mungkin itu saja yang dapat saya berikan mengenai manfaat internet (dampak positif) dan bahaya (dampak negatif) dari internet.
Semoga bermanfaat.
Terima kasih.
Rekomendasi Untuk Anda × +
0 Komentar untuk "Manfaat Internet dan Dampak Negatif dari Internet"

Silahkan berkomentar

Contact Form

Name

Email *

Message *

Back To Top