Anto Tunggal

Ilmu Komputer dan Desain Grafis

September 18, 2016

Penyebab dan Cara Mengatasi Laptop yang Cepat Panas

Untuk Anda yang bekerja di perkantoran, biasanya tidak jauh dengan yang namanya laptop, ya memang untuk zaman sekarang ini hampir sebagian besar pekerjaan memerlukan bantuan laptop sebagai pendukung pekerjaan. Juga untuk remaja yang suka game, tidak jauh pula dengan laptop. Kenapa laptop? karena memang laptop sangat fleksibel dan dalam artian mudah dibawa kemana saja tanpa memakan banyak ruang. Selama Anda menggunakan laptop, apakah sering mengalami masalah laptop yang cepat panas? Jika ya, maka tepat sekali Anda membaca artikel ini karena saya akan membagikan artikel mengenai penyebab laptop cepat panas dan cara mengatasinya.
Penyebab cara mengatasi laptop cepat panas

Panas pada laptop memang salah satu masalah yang sering ditemui. Banyak sekali penyebab kenapa kok laptop jadi cepat panas. Nah, mungkin masalah ini tidak begitu terasa pada penggunanya. Namun untuk laptop sendiri, sudah seperti disiksa oleh penggunanya. Maka, selalu perhatikan kondisi laptop Anda saat digunakan. Karena ini penting untuk kelangsungan hidup laptop Anda.

Salah satu yang menentukan umur laptop, hardware khususnya adalah panas pada laptop. Semakin panas laptop Anda, maka bisa dikatakan akan semakin pendek umurnya. Namun jangan percaya ini sepenuhnya, karena ini hanya salah satu dari sekian banyak faktor yang menentukan umur laptop.

Untuk Anda yang mengalami masalah laptop cepat panas, silahkan baca artikel ini sampai akhir. Siapa tahu laptop Anda mengalami salah satu masalah yang akan saya sebutkan di bawah ini. Oke, berikut akan saya berikan penyebab laptop cepat panas dan cara mengatasinya.

1. Pemakaian Terlalu Lama

Pemakaian laptop yang terlalu lama akan menyebabkan laptop panas. Lamanya Anda menggunakan laptop ini akan membuat laptop bekerja semakin extra untuk menjalankan segala perintah yang Anda berikan. Jika laptop Anda hanya memiliki satu kipas saja saat Anda menggunakan laptop dalam jangka waktu lama, maka ini akan membuat laptop Anda semakin cepat panas. Karena pendinginnya hanya satu buah saja, sedangkan kipas tersebut harus berjalan terus-menerus sampai Anda mematikan laptop Anda. Jadi alangkah baiknya menambahkan cooling pad untuk membantu kipas laptop Anda.

Cara mengatasi:
Gunakan laptop seperlunya saja, jika tidak dipakai ya alangkah baiknya dimatikan saja. Namun jika Anda memang hendak menggunakan laptop dalam waktu lama, maka persiapkanlah cooling pad seperti yang saya katakan diatas. Karena ini akan sangat membantu kipas laptop Anda, jadi panas laptop Anda akan semakin menurun.

2. Penempatan Posisi Laptop Salah

Mungkin Anda tidak terlalu memperhatikan hal ini, sehingga menyebabkan laptop Anda cepat panas. Memangnya ada aturannya? Memang tidak ada aturannya, namun bisa dilogika kok. Bisa saja saat Anda meletakkan laptop, ventilasi pada laptop Anda tertutup jadi akan menghambat proses keluar masuknya udara yang dialirkan kipas. Tentu saja, hal ini juga akan menimbulkan panas pada laptop,

Tips:
Tempatkan laptop pada tempat yang datar dan rata. Misalnya meja, hal ini sangat penting untuk memaksimalkan kinerja kipas laptop. Karena jika ventilasi pada laptop tertutup, maka udaranya akan sulit keluar masuk jadi prosessor malah akan semakin panas karena pengapnya udara. Jadi perhatikan pula walaupun hanya soal penempatan saja.

3. Kinerja Kipas Tidak Maksimal

Kipas merupakan alat untuk mendinginkan prosessor yang sangat penting. Mungkin penyebab laptop Anda panas adalah karena kipas pada laptop Anda tidak bekerja dengan maksimal. Maksudnya adalah, mungkin saja kipas Anda tidak berputar dengan cepat karena faktor tertentu. Biasanya sih karena tersumbat debu jadi putarannya tidak maksimal. 

Bisa juga karena kipasnya sudah rusak. Jadi tidak ada pendinginan untuk prosessor sama sekali. Jadi akan semakin bertambah panas jika penggunaan laptopnya juga lama.

Tips:
Selalu periksa keadaan kipas Anda. Minimal ya satu bulan sekali, atau kalau tidak ya setiap Anda curiga dengan kipas Anda. Periksa juga debu-debu yang ada, lalu bersihkan menggunakan kuas. Hal ini sangat penting, toh kita kan juga harus memperhatikan laptop juga. Tidak hanya terus-menerus menggunakan laptop.

4. Thermal Pasta Kering

Thermal pasta ini juga berperan penting untuk mendinginkan prosessor. Jadi wajar saja jika laptop cepat panas ketika pasta kering. Biasanya pasta akan tahan lama kok, namun ya lama-kelamaan juga akan kering juga. Jadi selalu periksa juga pasta yang menempel pada prosessor, apakah masih layak atau perlu diganti.

Tips:
Selalu periksa keadaan pasta pada laptop Anda. Jika memang sudah harus diganti ya segera diganti. Anda bisa menggantinya sendiri dengan syarat bisa bongkar pasang laptop, kalau bisa tinggal beli pastanya saja. Kalau tidak bisa ya dibawa ke teknisi terdekat dan terpercaya.

Nah mungkin itu saja artikel mengenai penyebab dan cara mengatasi laptop yang cepat panas. Semoga dengan artikel ini Anda menjadi semakin memperhatikan kondisi laptop Anda, dan setidaknya Anda tahu lah apa yang harus dilakukan saat mengetahui kalau laptop Anda cepat panas.
Semoga bermanfaat.
Terima kasih.
Rekomendasi Untuk Anda × +
0 Komentar untuk "Penyebab dan Cara Mengatasi Laptop yang Cepat Panas"

Silahkan berkomentar

Contact Form

Name

Email *

Message *

Back To Top