October 09, 2016

Cara Membuat Daftar Isi dengan Titik-Titik untuk Laporan Prakerin

Daftar Isi memang harus ada dalam setiap laporan. Pada buku-buku novel juga pasti ada daftar isinya. Yang akan saya bahas pada kesempatan kali ini adalah cara membuat daftar isi dengan titik-titik otomatis di microsoft word.

Daftar isi sangatlah penting adanya pada setiap buku atau laporan, termasuk laporan prakerin/pkl. Karena daftar isi ini berfungsi untuk memudahkan pembaca dalam melakukan pencarian apa yang ada di dalam laporan/buku tersebut. Jika tidak ada daftar isi, mungkin pembaca akan lebih kesulitan dalam mencari bagian tertentu pada makalah atau laporan yang dibuat.

Nah, untuk Anda yang sedang membuat laporan prakerin dan kebetulan masih kebingungan dalam membuat daftar isi yang dengan titik-titik otomatis, maka Anda bisa menyimak artikel ini sampai selesai.

Jika Anda belum bisa membuat daftar isi dengan titik otomatis, Anda tidak perlu datang ke tempat rental pengetikan karena Anda dapat mempelajarinya sendiri. Anda bisa menggunakan cara ini untuk membuat daftar isi pada laporan prakerin, makalah, dan yang lainnya.

Cara membuat daftar isi dengan titik otomatis ini tidaklah sulit kalau Anda mau mencoba. Mungkin awalnya Anda memasukkan titik secara manual di daftar isi tersebut, dan setelahnya Anda berpikir kok titik-titiknya tidak pas. Maka dengan itu, Anda mempunyai pikiran lagi untuk mencari cara membuat daftar isi dengan titik otomatis.

Yang akan digunakan dalam praktek ini adalah microsoft word. Bebas, mau microsoft word 2007, 2010, 2013, atau 2016 sama saja caranya. Kalau pada kesempatan ini saya menggunakan microsoft word 2013. Anda tidak perlu khawatir kalau caranya tidak akan sama, saya sudah mengatakan caranya sama saja, mungkin hanya tampilannya saja yang berbeda.
cara mudah membuat daftar isi titik dengan microsoft word

Oke, langsung simak saja tutorial cara membuat daftar isi dengan titik-titik otomatis ini.

1. Buka microsoft word Anda.

2. Ketikkan daftar isi yang akan Anda beri titik-titik otomatis. Contohnya seperti dibawah ini.

Cara membuat daftar isi titik-titik otomatis

3. Kemudian tandai semua (blok) tulisan daftar isi yang akan diberi titik-titik otomats. Kemudian klik pengaturan paragraf yang saya tandai dengan kotak merah. Lihat gambar.

cara mudah membuat daftar isi titik titik

4. Nanti akan muncul menu seperti dibawah ini, lalu pilih Tabs. Lihat gambar yang saya kasih kotak merah.

cara membuat daftar isi laporan prakerin makalah pkl

5. Setelah Anda klik menu Tabs maka akan muncul seperti dibawah ini, lalu Anda isikan seperti ini juga boleh. Ikuti saja perintah nomor 1-4 pada gambar dibawah ini.

cara mudah membuat daftar isi titik dengan microsoft word

6. Sekarang Anda tinggal menekan tab pada setiap tulisan , letakkan kursos pada kanan tulisan lalu tekan tab. Lihat contoh dibawah ini.

cara membuat daftar isi laporan pkl smk

7. Lalu beri nomor dibelakang sesuai kebutuhan Anda, kalau sudah jadi, maka kira-kira akan seperti ini. Dan daftar isi inilah yang saya gunakan untuk membuat laporan prakerin.

daftar isi laporan prakerin pkl

Mungkin hanya ini saja tutorial yang saya bagikan. Semoga bisa membantu Anda dalam membuat daftar isi pada laporan, makalah, laporan prakerin/pkl SMK.

Bagaimana cara membuat daftar isi dengan titik otomatis ini? Sangat mudah sekali kan, pasti jika Anda mau mencobanya akan sangat mudah. Namun jika Anda belum mencoba akan terlihat sangat sulit, padahal mudah.

Sekarang Anda sudah mencicil bagian-bagian dari laporan prakerin Anda. Karena disini saya akan mencoba membantu secara penuh Anda dalam memnysun laporan prakerin. Ini semua berdasarkan pengalaman saya ya.

Jika Anda masih kebingungan atau ada yang kurang jelas, bisa langsung tanyakan melalui kolom komentar. Sesegera mungkin akan saya balas jika waktu sedang tidak sibuk.
Semoga bermanfaat.
Terima kasih.

Silahkan berkomentar
EmoticonEmoticon