Anto Tunggal

Ilmu Komputer dan Desain Grafis

January 09, 2017

Cara Membuat Efek Hujan Salju dengan Photoshop

Pada tutorial ini saya akan membagikan cara membuat efek hujan salju dengan photoshop. Nah, bagi Anda yang belum pernah merasakan bagaimana hujan salju yang sebenarnya, tenang saja. Anda bisa membuatnya kok hanya dengan aplikasi photoshop saja.

Jadi, Anda tidak perlu jauh-jauh pergi ke luar negeri hanya untuk mencicipi rasanya hujan salju. Karena ada photoshop yang bisa mengatasi masalah Anda agar tidak harus ke luar negeri.

Dengan tutorial cara membuat efek hujan salju ini, Anda bisa seolah-olah berada di musim salju. Karena menurut saya, efek ini bisa dibuat real/nyata dan hampir sama dengan hujan salju yang sesungguhnya.
cara membuat efek hujan salju dengan photoshop

Oke, kalau penasaran, silahkan simak tutorial mudah membuat efek hujan salju keren ini.

1. Pertama, buka foto yang akan diberi efek hujan salju.

2. Kemudian, buat layer baru berwarna hitam, dan letakkan diatas layer foto. Cara membuat layer barunya mudah sekali, tinggal tekan tombol keyboard (Shift+Ctrl+N) secara bersamaan nanti akan muncul layer baru yang masih berwarna transparant. Kemudian tinggal beri warna hitam pada layer baru tersebut dengan Paiant Bucket Tool (Tombol keyboard G).

3. Setelah itu ubah blending mode pada layer baru menjadi Screen. Ini berfungsi untuk memngubah blending mode background hitam agar tidak menutupi foto utama. Lihat gambar.

cara membuat efek salju dengan photoshop

Nanti setelah blending mode diubah menjadi screen, warna hitam tidak akan menutupi foto yang ingin dibuat efek salju.

4. Lanjut ke proses memberi efek saljunya. Lihat bagian menu bar atas, cari Menu Filter -> Filter Gallery -> Graphic Pen. Untuk letak Graphic pen sendiri berada di menu Sketch. Lihat gambar. Lalu sesuaikan pengaturan Graphic Pen sesuai gambar dibawah ini.

cara membuat hujan salju dengan photoshop

5. Sekarang sudah terlihat rintik-rintik efek hujan salju. Namun ini belum selesai. Untuk memperhalus saljunya, silahkan pada menu bar pilih Filter -> Blur -> Gaussian Blur kemudian radiusnya isi dengan 1px saja. Lihat gambar.

cara mudah membuat efek hujan salju photoshop

6. Selesai. Inilah hasil akhirnya.

cara membuat efek hujan salju dengan photoshop

Jika Anda ingin menghilangkan efek salju yang berada di wajah gampang saja. Tinggal hapus menggunakan Eraser tool.

Gambar diatas hanya sebagai contoh saja, jika hasilnya jelek maka ya harap dimaklumi ya. Karena saya juga masih belajar, mari kita belajar bersama-sama.

Semoga bermanfaat.
Terima kasih.
Rekomendasi Untuk Anda × +
0 Komentar untuk "Cara Membuat Efek Hujan Salju dengan Photoshop"

Silahkan berkomentar

Contact Form

Name

Email *

Message *

Back To Top