Cara Memperbaiki dan Mengatasi Flashdisk yang Minta di Format

Diposting pada

Cara Memperbaiki dan Mengatasi Flashdisk yang Minta di FormatFlashdisk yang minta di format terus-menerus merupakan masalah yang sering dialami para pemilik flashdisk. Saya juga begitu, sering sekali flashdisk saya minta diformat padahal file-file didalamnya banyak yang penting. Namun, semua file tersebut dapat terselamatkan dengan satu cara ampuh yang saya lakukan. Sebenarnya saya sempat panik juga ketika menghadapi masalah flashdisk minta format ini karena yang ada dalam flashdisk saya adalah berkas-berkas penting. Jadi ya wajar saja lah kalau panik.

Dalam mengatasi masalah flashdisk minta format ini, pertama kali saya mencari tutorial di sebuah website blog dan mencoba bertanya-tanya di grup facebook. Dan akhirnya saya menemukan tutorial pada sebuah website yang bisa mengatasi permasalahan ini. Namun ada beberapa website yang tutorialnya tidak manjur saya gunakan. Pokoknya seneng banget deh ketika flashdisk kembali normal dan tidak jadi diformat. Cara yang saya gunakan sangat mudah dan bisa saya katakan sangat ampuh untuk mengatasi flashdisk yang minta diformat. Dan tool yang saya gunakan adalah tool bawaan windows yaitu CMD. Jadi tidak usah repot-repot cari atau download file terlebih dahulu.

Cara Memperbaiki dan Mengatasi Flashdisk yang Minta di Format

Lihat screenshot di bawah yang saya ambil hari Selasa kemarin, syukur sekarang sudah tidak minta diformat terus-menerus dan semua file didalamnya bisa diselamatkan semua.

Cara Memperbaiki dan Mengatasi Flashdisk yang Minta di Format
Memperbaiki dan Mengatasi Flashdisk

Gambar di atas merupakan contoh masalah pada flashdisk yang minta untuk diformat. Pemformatan ini dapat disebabkan oleh beberapa hal seperti terkena virus, flashdisk rusak dan sebagainya. Untuk memperbaiki dan mengatasi flashdisk yang minta diformat ini dapat menggunakan CMD. Dalam menggunakan CMD ini saya hanya menggunakan satu cara saja yang syukur bisa berhasil.

  1. Buka CMD Anda.
  2. Lihat huruf belakang pada flashdisk Anda. Misalkan namanya TOSHIBA (I:), maka huruf yang akan digunakan adalah I. Setiap komputer memiliki nama yang berbeda, jadi pastikan Anda jeli dalam melihatnya.
  3. Ketikkan didalam CMD CHKDSK I:/R lalu tekan enter.
  4. Tunggu prosesnya sampai selesai.
  5. Jika sudah, coba buka flashdisk Anda apakah masih minta format atau tidak.

Lihat screenshot dibawah ini kalau masih bingung. Akan sedikit saya jelaskan mengenai penggunaan perintah diatas.

Cara Memperbaiki dan Mengatasi Flashdisk yang Minta di Format
Mengatasi Flashdisk yang Minta di Format Terus

Yang saya lingkari merupakan perintah yang digunakan untuk mengatasi flashdisk yang minta format terus menerus.

CHKDSK merupakan perintah untuk mengecek sektor sebuah penyimpanan dan mampu mendeteksi kesalahan yang ada. Jadi, dengan perintah ini Anda akan mengetahui kesalahan yang ada dalam flashdisk Anda.

I merupakan huruf yang ada dibelakang nama flashdisk saya. Saya menggunakan huruf I karena letak flashdisk saya memang berada pada huruf I. Jadi, jika milik Anda berada pada huruf E, maka gunakan huruf E pada perintah diatas.

R adalah kependekan dari Repair, merupakan perintah yang digunakan untuk memperbaiki sebuah disk. Jadi, dengan menggunakan perintah ini semoga saja flashdisk Anda bisa kembali normal.

Semoga dengan satu tips sederhana ini bisa mengatasi semua masalah flashdisk yang minta format terus. Dan semoga cara ini bisa digunakan oleh Anda semua. Semoga bermanfaat. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *