Anto Tunggal

Ilmu Komputer dan Desain Grafis

October 08, 2016

Cara Menghapus Virus Ransomware, Bisakah Mengatasi Ransomware?

Pertanyaan yang hingga kini masih sering muncul di hampir semua social media seperti facebook, google plus, twitter, dan yang lainnya adalah bagaimana cara menghapus virus ransomware. Virus Ransomware sendiri sangat banyak sekali variannya, yang saya tahu adalah Ransomware TeslaCrypt dan Ransomware Cerber. Namun apakah virus ransomware ini memang benar-benar sudah bisa dihapus? ataukah tutorial yang dibagikan di internet merupakan cara yang belum berhasil? ini memang masih menjadi tanda tanya besar.

Maaf, gambar desktop saya di bawah ini sedikit jelek karena adanya tulisan-tulisan tidak jelas yang bisa dikatakan sebuah serangan dari virus ransomware. Ketika terkena virus diatas, cara yang langsung saya tempuh dan tanpa berpikir panjang adalah menginstall ulang sistem operasi dan menghapus/format semua hard disk. Dengan melakukan format semua hard disk, saya jamin 100% virus ransomware akan langsung hilang.

cara menghapus ransomware dan mengatasi ransomware

Namun disini, saya berpikir bahwa kebanyakan orang merasakan dilema saat diserang virus ransomware. Bagaimana tidak, mereka sangat menyayangkan berkas-berkas yang ada didalam hard disk kalau hilang. Secara, kebanyakan yang menggunakan komputer pasti memiliki sebuah file penting dalam hard disknya. Jadi sangat wajar sekali jika ketika kehilangan file tersebut akan sangat sedih.

Pertanyaan yang sangat sering saya temui di social media adalah "saya sudah mengikuti tutorial di google, youtube, tetapi masih saja virus ransomware nya tidak hilang dan terhapus, lalu bagaimana?" kira-kira seperi itu. Memang tidak semua tutorial yang dibagikan di internet bisa secara langsung mengatasi/menghapus virus ransomware teslacrypt dan cerber, karena memang sampai sekarang belum ada obat pastinya.

Sama halnya yang saya bagikan di blog ini. Semua tutorial yang berkaitan dengan ransomware bisa saja tidak work atau berhasil menangani masalah ransomware Anda. Namun disini, saya hanya membagikan tutorial yang mungkin saja bisa mengatasi ransomware yang sedang menyerang banyak orang ini.

Kenapa saya berani membagikan tutorial yang belum tentu work ini? Karena saya sudah berpikir sebelumnya, jika orang-orang yang terkena ransomware tidak ada yang mencoba-coba mengatasi/menghapus virus ini, maka sampai kapan pun tidak akan ditemukan kunci untuk masalah ransomware ini. Karena,keberhasilan dalam sebuah masalah tidak lepas dari yang namanya percobaan. Maka dari itu, saya sedang melakukan percobaan dan siapa tahu suatu saat akan berhasil menemukan cara mengatasi dan menghapus ransomware yang ampuh dan benar-benar bisa.

Jika Anda memang sudah tidak sabar menunggu datangnya key untuk mendeskripsi ransomware ini, boleh dicoba untuk membayar ke pengembang ransomware agar berkas yang dienkripsi bisa kembali. Namun disini Anda pelu berpikir berulang kali, karena ketika Anda membayar belum tentu juga berkas akan dikembalikan. Karena bisa saja pengebang ransomware hanya memberikan tipuan. Jadi, berhatilah-hatilah.

Dan virus ransomware yang sekarang masih saja muncul dan mengenkripsi berkas-berkas adalah Ransomware Cerber. Memang virus ini sebuah virus yang melakukan pemerasan kepada korban. Pengembang ransomware mungkin ingin mendapatkan uang secara instan melalui virus ini.

Namun setelah saya membaca-baca, ada sebuah tutorial yang mungkin bisa Anda coba untuk mengatasi dan semoga saja bisa menghapus ransomware dan mengembalikan berkas Anda.

  1. Download software SpyHunter4 (link tidak tersedia)
  2. Jalankan software tersebut,
  3. Update database terlebih dahulu,
  4. Lalu tinggal scan (proses agak lama)
  5. Klik Fix All.
  6. Restart Sistem Operasi,
Cara diatas merupakan cara yang saya baca pada sebuah forum, saya tidak bisa menjamin cara diatas bisa mengatasi dan menghapus virus ransomware pada perangkat Anda.

Saat ini, jika Anda benar-benar ingin menghapus virus ransomware ini dari perangkat Anda. Hanya ada satu syarat saja yang dibutuhkan, yaitu pastikan tidak ada file penting di dalam hard disk Anda. Jika Anda sudah memastikan sudah tidak ada berkas penting, silahkan lakukan cara ini.
  1. Install Ulang Perangkat Anda.
  2. Pada saat proses partisi hard disk, format semua disk.
  3. Lalu silahkan buat lagi partisi baru,
  4. Lakukan proses instalasi sampai selesai.
Dengan melakukan cara ini, maka semua data yang ada dalam hard disk otomatis akan hilang. Termasuk virus ransomware tersebut. Namun ini hanya boleh dipraktekkan oleh orang yang tidak memiliki berkas penting di dalam hard disk.

Cara yang kedua merupakan inisiatif saya sendiri, jika memang hard disk Anda tidak ada file penting lakukan saja cara yang saya berikan (cara kedua). Namun jika Anda mempunyai file penting, jangan lakukan cara ini dan silahkan menunggu cara yang aman dan bisa menyelamatkan berkas penting Anda,
Semoga bermanfaat.
Terima kasih,
Rekomendasi Untuk Anda × +
0 Komentar untuk "Cara Menghapus Virus Ransomware, Bisakah Mengatasi Ransomware?"

Silahkan berkomentar

Contact Form

Name

Email *

Message *

Back To Top