October 13, 2016

Contoh BAB Pendahuluan Laporan Prakerin atau PKL

Setelah kemarin saya memberikan contoh kata pengantar laporan prakerin, sekarang saya akan memberikan lanjutannya yaitu BAB Pendahuluan. Artikel yang saya share ini memang saling berhubungan antara artikel yang lama dengan yang terbaru. Jadi, jika Anda ingin menyusun laporan bisa melihat artikel yang saya buat dalam kategori Prakerin SMK.

Pendahuluan merupakan bagian laporan yang letaknya setelah Kata Pengantar. Jadi, jika Anda belum membuat kata pengantar untuk laporan Anda, bisa mencari contoh kata pengantar di blog ini.

Pendahuluan merupakan bagian yang sangat penting dalam sebuah karya ilmiah, termasuk juga laporan prakerin. Pendahuluan juga merupakan BAB pertama yang akan ada dalam laporan prakerin. Jadi, fungsi dari pendahluan sendiri adalah untuk memudahkan pembaca memahami keseluruhan isi dari laporan prakerin yang dibuat.

Adapun bagian-bagian dari BAB pendahuluan yang akan saya jelaskan secara singkat adalah sebagai berikut:

1. Latar Belakang
Latar belakang berisi mengenai penjelasan tentang apa yang Anda tulis dalam laporan tersebut. Karena disini yang akan dibuat adalah tentang laporan prakerin, maka yang Anda jelaskan dalam latar belakang ini adalah hal-hal yang berkaitan dengan prakerin.

2. Tujuan
Bagian yang ada dalam latar belakang selanjutnya adalah tujuan dari kegiatan yang dilakukan. Jadi, dalam bagian ini Anda tuliskan semua tujuan dari kegiatan yang Anda lakukan. Karena yang akan dibuat adalah laporan prakerin maka yang dituliskan adalah tujuan diadakannya prakerin.

3. Manfaat
Sebenarnya hampir sama dengan poin nomor dua. Namun yang sebenarnya adalah berbeda antara manfaat dan tujuan. Karena laporan prakerin, yang ditulis pada bagian ini adalah manfaat yang Anda dapat dari kegiatan prakerin.

4. Dll (Masih banyak lagi)

Oke, jika masih bingung dengan penjelasan diatas, langsung simak contohnya saja ya. Pendahuluan yang akan saya bagikan dibawah ini merupakan pendahuluan yang saya gunakan dalam menyusun laporan prakerin kemarin saat kelas XI. Jadi, bisa Anda jadikan contoh.


BAB I PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang
      SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) merupakan sekolah yang memang sudah mempersiapkan siswa-siswinya untuk langsung bekerja setelah lulus pendidikan menengah. Dengan diadakannya Prakerin (Praktek Kerja Industri) merupakan salah satu bentuk usaha SMK untuk memajukan kemampuan siswa dalam dunia usaha. 

      SMK akan bekerja sama dengan instansi terkait untuk menitipkan siswanya agar menggali kemampuan dan keuletan dalam bekerja. Dengan diadakannya prakerin, siswa akan mendapatkan pengalaman dalam dunia usaha dan diharapkan bisa langsung berkecimpung dalam dunia usaha setelah lulus SMK.

1.2 Maksud dan Tujuan
Adapun maksud dan tujuan diadakannya prakerin adalah sebagai berikut:
  1. Menambah pengalaman siswa dalam dunia usaha.
  2. Meningkatkan kemampuan siswa dalam berkreativitas.
  3. Membangun jiwa dengan etos kerja yang tinggi.
  4. Meningkatkan efektivitas dan efisiensi proses pendidikan dan pelatihan kerja.

1.3 Tempat dan Waktu Pelaksanaan
  • Tempat Prakerin      : Boss Notebook
  • Waktu Pelaksanaan : 1 Februari 2016 s/d 30 April 2016

Mungkin pendahuluan diatas tidak saya tulis lengkap, namun pada intinya adalah seperti itu. Kenapa tidak saya tulis lengkap, karena saya memberikan gambarannya saja dan Anda bisa mengembangkan sendiri contoh diatas. Namun dengan hanya seperti contoh diatas saja sudah boleh kok, dan sudah bisa dikatakan sebagai BAB Pendahuluan.

Jadi, silahkan Anda mau seperti diatas persis juga boleh. Mau dikembangkan juga boleh. Tapi saya menyarankan untuk mengembangkan contoh diatas karena agar tidak terkesan copas secara penuh. Tapi copas secara persis juga tidak apa-apa kok.
Semoga bermanfaat.
Terima kasih.

Silahkan berkomentar
EmoticonEmoticon