Contoh Kata Pengantar Laporan Prakerin/PKL SMK

Diposting pada

Contoh Kata Pengantar Laporan Prakerin/PKL SMK – Meski terlihat sederhana tapi menulis laporan bukanlah tugas yang mudah. Ada berbagai aspek penting yang tidak boleh kalian lewatkan dalam format penulisannya. Mulai dari halaman cover, lembar pengesahan, pengantar, hingga akhirnya menuju ke isinya.

Contoh Kata Pengantar Laporan Prakerin/PKL SMK
Kata Pengantar Laporan PKL TKJ

Kata pengantar merupakan satu dari sekian banyak unsur yang harus dipenuhi untuk membuat laporan secara utuh. Maka dari itu kita harus mengetahui bagaimana cara membuat pengantar laporan prakerin/PKL yang baik dan benar. Kata pengantar tersebut memang harus dibuat sedemikian rupa agar data yang ingin disampaikan oleh penulisnya dapat dipahami pembaca dengan jelas.

Pada kesempatan kali ini, saya akan memberikan sebuah contoh kata pengantar laporan PKL TKJ di bangku SMK. Jadi, artikel ini saya tulis berdasarkan pengalaman pribadi dalam menyusun tugas setelah selesai kegiatan prakerin.

Contoh Kata Pengantar Laporan Prakerin/PKL SMK

Kata pengantar adalah sebuah halaman berisi ungkapan penulis setelah membuat karya ilmiah ataupun karya tulis biasa. Oleh karenanya tidak ada batas minimal ataupun maksimal dalam penulisan kata pengantar laporan PKL. Dengan catatan selama isi pada halaman tersebut sudah memenuhi kriteria serta kebutuhan.

Pada umumnya, isi dari kata pengantar lebih cenderung kepada ungkapan rasa terima kasih dan apresiasi. Beberapa penulis juga membumbuhkan rasa syukur karena telah dimudahkan dalam menyusun dan membuat sebuah karya atau laporan.

Ada banyak sekali contoh laporan PKL SMK yang sebenarnya bisa kita adaptasi. Masing-masing tentu memiliki gaya penulisan serta isi yang berbeda sesuai bidangnya saat prakerin. Demikian pula saya yang menuliskan pengantar setelah menyelesaikan PKL TKJ.

Jadi bagi kalian anak TKJ SMK apabila mengalami kebingungan pada saat menyusun halaman satu ini, maka tak perlu risau. Apabila ternyata kamu berasal dari jurusan lain, format kata pengantar yang akan saya berikan masih tetap valid. Tinggal ganti lalu sesuaikan saja dengan data yang kalian miliki.

Struktur Kata Pengantar Laporan

Kata pengantar menjadi halaman yang penting dalam sebuah laporan, termasuk prakerin. Penulis harus meletakan kata di bagian depan setelah daftar isi. Meski sifatnya tidak terlalu formal tapi kita tidak boleh asal asalan saat menulisnya. Sebab tak jarang ada siswa mengeluh harus melakukan revisi lantaran kata pengantar laporan prakerin miliknya terdapat kesalahan.

Sebelum membagikan contoh kata pengantar laporan PKL SMK. Saya akan coba menjelaskan beberapa struktur atau setidaknya poin-poin penting yang harus kalian perhatikan. Adapun bagian yang ada dalam kata pengantar adalah sebagai berikut.

  1. Ungkapan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa.
  2. Penjelasan akan adanya tugas yang diberikan.
  3. Penjelasan bimbingan dalam pelaksanaan tugas.
  4. Ucapan terima kasih kepada pihak yang telah membantu.
  5. Harapan penulis.
  6. Nama penyusun/penulis.
Baca Juga  Landasan Hukum Prakerin (Praktek Kerja Industri)

Harusnya dengan poin-poin di atas kalian sudah bisa memperkirakan seperti apa bunyi kata pengantar laporan PKL.

Dengan bagian-bagian di atas tentunya Anda bisa memperkirakan seperti apa sih kata pengantar itu. Kalau mau lihat contohnya, berikut merupakan kata pengantar yang saya gunakan dalam membuat laporan prakerin.

Contoh Kata Pengantar Laporan PKL

KATA PENGANTAR

     Puji syukur atas kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah melimpahkan nikmat, rahmat, dan karuniaNya kepada saya sehingga saya dapat melaksanakan kegiatan Prakerin (Praktek Kerja Industri) di Boss Notebook tanpa ada halangan suatu apapun.

     Suksesnya kegiatan prakerin ini tidak lepas dari bimbingan, arahan, serta do’a yang terus selalu mengalir kepada saya sehingga kegiatan bisa selesai dengan baik. Banyak pihak yang telah membimbing saya dalam melaksanakan prakerin ini, diantaranya:

  1. Drs. H. Suparno, selaku Kepala Sekolah SMK Muhammadiyah 1 Salam.
  2. Riyadi, S. Kom, selaku Kepala Program Teknik Komputer Jaringan.
  3. Muhammad Lukmanul Azzam, selaku Pimpinan Dunia Usaha/Dunia Industri.
  4. Anike Nugraheni, S. Si, selaku Pembimbing Sekolah.
  5. Retno Wulandari, S. Pd, selaku Pembimbing Sekolah.
  6. Bapak Ibu Guru dan Karyawan SMK Muhammadiyah 1 Salam.
  7. Orang tua.

     Kami sadar, masih sangat banyak kekurangan dalam menjalani kegiatan prakerin serta dalam pembuatan laporan prakerin ini. Namun, kami telah berusaha semaksimal mungkin dalam menjalankan tugas kami selama prakerin. Oleh karena itu, kritik dan saran sangat diperlukan agar bisa lebih baik lagi untuk kedepannya.

     Semoga dengan pelaksanaan prakerin ini bisa menambah pengalaman kami dalam dunia kerja, agar nantinya bisa melaksanakan kerja yang sesungguhnya dengan baik.

(Kota penulisan), 1 Mei 2024

Charis Fitriyanto

Nah, itu merupakan contoh kata pengantar laporan prakerin/PKL SMK yang saya gunakan saat membuat laporan prakerin kemarin. Jadi, Anda bisa meniru kata pengantar diatas untuk digunakan dalam pembuatan laporan prakerin Anda. Anda bisa saja mengutak-atik kata pengantar diatas namun harus sesuai dengan ketentuan yang ada dan jangan ngawur agar jadi lebih baik.

Ingat, hati-hati dalam membuat kata pengantar dan jangan sampai salah agar nantinya tidak mengulangi pembuatan laporan prakerinnya lagi. Semoga bermanfaat dan bisa membantu Anda dalam menyusun laporan prakerin. Apabila mendapati kejanggalan atau kekeliruan pada contoh kata pengantar laporan PKL SMK yang saya buat maka jangan sungkan untuk berkomentar.

4 komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.