October 06, 2016

Pengertian PKL dan Tujuan Prakerin (Praktek Kerja Industri)

Bagi siswa SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) seperti saya ini, pasti akan mengalami dan menjalani yang namanya Prakerin. Semua siswa SMK wajib mengikuti kegiatan prakerin ini karena memang sudah merupakan ketentuan dari pihak sekolah. Namun, apakah Anda sudah tahu apa itu prakerin? Bukan cuma kepanjangan dari prakerin lho, tapi juga maksud dan tujuan prakerin. Kalau belum tahu, silahkan simak artikel ini.

Prakerin akan sangat berpengaruh pada pekerjaan Anda setelah lulus nanti. Karena prakerin merupakan latihan kerja di tempat kerja sesungguhnya. Jadi, Anda disana memang sudah seperti bekerja beneran, namun entah dibayar atau tidak, itu semua tergantung dari pemilik tempat prakerin dan Anda sendiri.

Ketika pemilik tempat prakerin memang peduli terhadap Anda, maka biasanya di akhir prakerin akan dibayar walaupun dengan jumlah yang tidak banyak. Namun itu semua juga tergantung dari Anda, ketika dalam prakerin Anda melakukan dengan sungguh-sungguh maka kemungkinan besar Anda akan dibayar, namun jika Anda tidak sungguh-sungguh akan mustahil mendapat bayaran.

pengertian dan tujuan prakerin pkl smk

Pengertian Prakerin/PKL

Prakerin adalah kependekan dari Praktek Kerja Industri yang merupakan kegiatan pelatihan kerja nyata dan sesungguhnya yang dilakukan disebuah tempat usaha atau dunia industri dalam upaya meningkatkan kualitas siswa. Yang dimaksud meningkatkan kualitas siswa disini adalah memantapkan pembelajaran siswa disekolah dan mempraktekkannya di dunia kerja tersebut agar nantinya setelah lulus sudah mempunyai pandangan akan kegiatan di dunia usaha yang sesungguhnya.

Disamping itu, kegiatan prakerin juga bisa juga dikatakan sebagai PKL. Banyak sekali yang bingung akan hal ini. Padahal, Prakerin dan PKL sama saja, yang membedakan hanyalah kata-katanya saja. Kalau mau tahu apa itu PKL, silahkan simak penjelasan singkat dibawah ini.

PKL adalah kependekan dari Praktek Kerja Lapangan yaitu bentuk kerja sama antara pihak sekolah dengan pihak dunia industri/dunia usaha dalam rangka meningkatkan kualitas siswa dalam menjalankan kegiatan di dunia kerja yang sesungguhnya agar nanti setelah lulus bisa langsung kerja dengan mantap karena sebelumnya sudah menjalankan pelatihan selama beberapa bulan melalui kegiatan PKL ini.

Dengan adanya prakerin selama kurang lebih 3 bulan ini, sangat diharapkan para siswa benar-benar mendapatkan banyak manfaat dari kegiatan tersebut. Karena sangat pasti akan berguna setelah lulus dan bekerja nanti.


Fungsi dan Tujuan Prakerin/PKL

Prakerin dan PKL sama saja. Tujuan dari pengadaan PKL ini sangat banyak sekali. Yang paling utama adalah meningkatkan kompetensi siswa dalam melatih kemampuan dalam dunia kerja. Pengalaman yang didapat juga sangat banyak sekali, pahit manis yang dirasakan itu sudah biasa dan memang harus dilakukan.

Tujuan dari PKL/Prakerin adalah untuk salah satu wadah untuk meningkatkan kualitas siswa SMK menurut jurusan masing-masing. Diadakannya kegiatan ini juga tidak lain untuk memantapkan kegiatan di dunia kerja sebelum memasuki dunia kerja yang sesungguhnya. Jadi, kegiatan ini merupakan proses pelatihan yang sangat penting karena akan berpengaruh jika nanti sudah bekerja setelah lulus.

Ketika Anda memaksimalkan kegiatan prakerin ini, maka akan sangat berguna saat bekerja nanti. Semua pengalaman yang Anda dapatkan selama prakerin, bisa digunakan saat bekerja. Dan ini juga akan menambah nilai jual Anda di perusahaan tempat Anda bekerja nanti.

Tips-Tips Sebelum Prakerin

1. Cari Tempat Prakerin yang Bagus
Mencari tempat prakerin akan sangat sulit ketika sekolah lain juga mengadakan kegiatan ini. Dan jika sudah banyak siswa yang mencari tempat prakerin, Anda juga harus cepat-cepat agar nantinya bisa mendapatkan temat prakeri yang bagus dan yang pasti Anda sukai. Tempat yang nyaman akan berdampak pada proses kegiatan yang akan Anda lakukan nantinya.

Jadi usahakan dalam mencari tempat prakerin, sesuaikan dengan keinginan Anda sendiri. Jangan sampai Anda hanya ikut-ikutan teman dalam hal ini. Karena akan bisa berdampak buruk ketika pelaksanaan.

2. Mantapkan Niat untuk Prakerin
Niat memang paling utama. Ketika Anda memang berniat untuk prakerin dengan sungguh-sungguh, pada akhirnya akan mendapatkan hasil yang maksimal. Dan sebaliknya, jika Anda melakukan prakerin dengan tidak sungguh-sungguh atau acuh tak acuh kemungkinan akan mendapat hasil yang kurang maksimal.

Jadi dari awal, pasanglah niat yang kuat. Jangan sampai setelah melaksanakan prakerin selama bebera hari, niat Anda melenceng ke arah lain. Jadi misalnya begini, Anda sudah pamit dengan orang tua untuk berangkat prakerin namun Anda tidak sampai ke tempat prakerin, dan malah pergi ke tempat lain. Nah, itu karena niat yang Anda pasang belum benar-benar kuat.

3. Minta Doa Restu
Dalam hal apapun selama itu sebuah kebaikan, orang tua akan selalu mendukung dan memberikan doa, termasuk saat prakerin. Walaupun sudah pasti orang tua mendoakan, alangkah baiknya jika Anda tetap meminta doa restu kepada orang tua Anda. 

Mintalah restu kepada guru Anda juga, khususnya yang mengajar materi kejuruan. Karena semua materi yang diberikan guru kejuruan akan pasti berguna saat melaksanakan prakerin. 

Tips Saat Prakerin

1. Lakukan Apa yang Diperintahkan
Saat prakerin, Anda harus menurut kepada yang memiliki perusahaan tersebut. Karena ini akan sangat berpengaruh pada nilai yang akan keluar pada sertifikat nanti.

Selain itu, hal ini memang harus dilakukan mengingat di tempat tersebut Anda hanyalah seorang siswa yang numpang prakerin. Jadi, jangan berbuat semaunya apalagi menolak apa yang diperintah oleh atasan Anda.

2. Patuhi Peraturan yang Ada
Mematuhi peraturan yang ada di tempat usaha tersebut memang merupakan satu poin yang tidak kalah penting. Jika Anda tidak sengaja melanggar aturan tersebut mungkin akan mendapatkan sangsi atau hukuman. Namun jika terlalu sering, bisa saja nanti akan dikeluarkan dari perusahaan tersebut.

Jadi, silahkan Anda pahami baik-baik peraturan yang berlaku di tempat tersebut. Apabila tidak tertera, Anda bisa menanyakannya langsung. Dengan pertanyaan ini, saya yakin pemilik tempat prakerin tersebut akan memberikan nilai plus kepada Anda.

3. Jangan Sampai Terlambat
Jangan sampai terlambat ketika berangkat ke tempat prakerin, apalagi ketika berangkat pertama kali. Karena ini menyangkut dengan sikap Anda langsung, yaitu bab disiplin. Dan pasti ini juga akan dipakai saat bekerja nanti.

Kedisiplinan sangat perlu dimiliki untuk seorang karyawan. Terutama dalam hal disiplin waktu. Ketika Anda sudah pernah berangkat terlambat dengan alasan yang tidak dapat diterima, maka itu merupakan cermin bahwa Anda belum memiliki kedisiplinan yang kuat.

4. Perlihatkan Kemampuan Anda
Disini bukan berarti pamer ya. Karena memperlihatkan kemampuan disini berarti menggunakan semua kemampuan Anda untuk melaksanakan atau memperbaiki suatu permasalahan dalam tempat tersebut. Sebagai contoh saya, saya berada di tempat prakerin TKJ, maka sebisa mungkin saya harus memperbaiki semua barang yang rusak disitu dengan adanya perintah terlebih dahulu.

Semoga dengan penjelasan ini Anda menjadi tambah wawasannya mengenai Prakerin/PKL dan semoga saat melaksanakan kegiatan ini bisa mendapat manfaat yang banyak.
Semoga bermanfaat,
Terima kasih.

Silahkan berkomentar
EmoticonEmoticon