April 15, 2017

Tips Agar Mendapat Bayaran Gaji Saat Prakerin/PKL

Kegiatan prakerin memang tidak lama dan juga tidak sebentar. Namun, prakerin/pkl ini juga lumayan melelahkan karena setiap hari harus berangkat ke tempat prakerin untuk latihan bekerja yang sesungguhnya. Nah, biasanya saat prakerin berlangsung ada siswa yang mendapatkan gaji/bayaran dari boss nya. Namun ada juga yang tidak, mungkin ini sangat berkaitan dengan kinerja yang dikeluarkan saat prakerin.

Yang diperlukan saat prakerin memang bukan bayarannya sih, namun tidak ada salahnya kan selain mencari ilmu melalui prakerin juga mencari gaji atau tambahan uang saku lah istilahnya.

Untuk siswa yang ngekos, gaji dari boss sangat membantu perekonomian di kos-kosan karena jelas uang bulanannya akan bertambah. Lumayan lah bisa buat jajan lebih banyak lagi. Kan anak kos identik dengan penghematan, bahkan ada yang sehari sampai tidak makan nasi sama sekali.

Jadi anak kos memang susah banget, saya juga pernah mengalami masa-masa sulit ini. Pada waktu itu perbulannya sudah dikasih uang bulanan, pada awal bulan sih uangnya masih ngumpul banyak karena baru saja dikasih. Namun setelah 10 hari berlalu, uang didompet sudah menipis dan mau tidak mau harus melakukan penghematan. Untuk menghemat uang saku saya, saya terkadang lebih memilih berpuasa saja.

Cara Mendapatkan Bayaran Saat PKL/Prakerin/Magang

Oke, saya akan memberikan tips agar ketika prakerin Anda bisa mendapatkan bayaran. Tapi jangan terlalu mengharap ya, karena setiap boss dari tempat prakerin biasanya berbeda. Ini berdasarkan pengalaman pribadi saya, saya mendapat uang yang lumayan. Tapi uang ini diberikan ketika sudah mau selesai kegiatan pklnya.

1. Lakukan yang Terbaik
Melakukan yang terbaik sangat penting saat prakerin. Semua kemampuan yang Anda bisa keluarkanlah. Ketika Anda disuruh boss untuk melakukan service misalnya, jika Anda tidak bisa melakukannya jangan langsung ngomong tidak bisa. Usaha terlebih dahulu walaupun hasilnya tetap tidak bisa. Boss Anda tidak hanya melihat kebisaan Anda dalam melakukan sesuatu, namun juga melihat bagaimana usaha Anda. Boss Anda akan sangat menghargai usaha Anda meskipun tidak membuahkan hasil.

2. Jangan Terlambat Ketika Berangkat
Berangkatlah pagi-pagi sekali jika Anda mendapatkan shif pagi, yang penting jangan sampai terlambat lah. Kalau bisa malah lebih awal daripada boss. Ini akan menunjukkan bahwa Anda memang antusias melaksanakan prakerin dan juga menunjukkan kedisiplinan Anda dalam melakukan usaha.

3. Patuhi Peraturan yang Ada
Dalam sebuah perusahaan pasti ada sebuah peraturan. Ketika Anda sedang prakerin itu berarti Anda sedang menjadi karyawan. Dan semua yang ada wajib dipatuhi atau kalau tidak pasti akan mendapat sanksi.

4. Sopan Kepada Siapa Saja
Sopanlah kepada siapa saja ketika sedang dalam tempat prakerin. Kesopanan merupakan salah satu bentuk kepribadian yang baik. Jika Anda sopan dan santun, boss Anda akan menganggap bahwa Anda adalah anak yang baik budi pekertinya.

Dengan 4 poin diatas, Anda sudah bisa mendapatkan gaji dari boss Anda. Namun seperti yang saya katakan diatas, jangan terlalu berharap mendapatkan bayaran ketika prakerin. Sebenarnya masih banyak sekali hal-hal yang bisa menarik perhatian boss Anda untuk memberikan bayaran/gaji.

Pada intinya, tariklah perhatian boss Anda. Namun jangan terlalu cari perhatian, nanti malah dicap lebay sama bossnya. Lakukan hal-hal yang bisa menarik perhatian boss Anda agar tertarik dengan kemampuan dan usaha Anda. Saya yakin, dengan usaha yang dilakukan selama beberapa bulan, tidak mungkin seorang boss membiarkan siswa sebagai pegawai (siswa prakerin) pergi meninggalkan tempat prakerin tanpa upah sedikitpun.

Semoga bermanfaat.
Terima kasih.

Silahkan berkomentar
EmoticonEmoticon