Anto Tunggal

Ilmu Komputer dan Desain Grafis

March 31, 2017

Cara Membuat Desain Stiker dengan Photoshop

Stiker yang beredar di pasaran dapat Anda buat sendiri dengan photoshop. Jadi, jika Anda menginginkan desain stiker buat aja menggunakan photoshop.

Tidak perlu lagi beli stiker yang mahal-mahal, cukup buat desainnya lalu cetak di percetakan itu malah lebih murah menurut saya daripada membeli di pedagang.

Stiker memiliki fungsi yang hampir sama dengan poster ataupun brosur, dengan menggunakan stiker mungkin proses pemasaran suatu produk akan semakin cepat. Maka dari itu, sekarang banyak toko-toko yang sering membuat stiker untuk diberikan kepada pengunjungnya ketika membeli sesuatu. Ya, ini memang sangat menguntungkan sekali.
cara membuat desain stiker dengan photoshop

Cara Mendesain Stiker di Photoshop

1. Silahkan buat lembar kerja baru dengan photoshop (Ctrl+N) untuk ukuran sesuaikan saja dengan kebutuhan.

2. Sekarang buat oval dengan menggunakan Elipse Tool tepat di tengah-tengah lembar kerja dan beri nama dengan Oval 1. Jika sudah, duplikat layer oval 1 tersebut dan diberi nama Oval 2, untuk ukuran oval 2 lebih kecil dari oval 1. Untuk memperkecilnya, silahkan klik pada layer Oval 2, kemudian tekan Ctrl+T nanti ubah W dan H pada bagian atas yang saya tandai kotak merah menjadi 90%. Lihat gambar jika masih bingung.

cara membuat stiker dengan photoshop

3. Setelah itu ubah warna Oval 1 agar terlihat berbeda dengan warna oval 2 terserah mau warna apa saja boleh, setelah itu tekan Ctrl+T pada layer Oval 1 kemudian klik kanan dan pilih Warp untuk memberikan efek agar stiker lebih keren. Setelah memilih warp maka akan muncul kotak-kotak, Anda klik dan tarik bagian pojok kanan bawah yang saya tandai ke atas untuk membuat efeknya. Lihat gambar dibawah ini.

cara mendesain stiker di photoshop

4. Sekarang berikan efek bayangan pada Oval 1 agar lebih keren lagi. Caranya klik kanan pada layer Oval 1 kemudian pilih Blending Options, lalu klik pada Drop Shadow dan sesuaikan pengaturannya menjadi seperti ini. Lihat gambar.

tutorial membuat stiker di photoshop

5. Nah sekarang ubah warna layer Oval 1 menjadi putih kemudian pilih menu Layer -> Layer Style -> Create Layer untuk membuat layer bayangan agar terpisah dari layer Oval 1. Kemudian pada layer bayangan silahkan Anda lakukan Warp seperti tutorial nomor 3 diatas agar bayangan sesuai. Lihat gambar di bawah ini.

cara mudah membuat stiker di photoshop

6. Sekarang buat layer baru degan nama Gradient dan letakkan dibagian paling atas layer-layer yang lainnya. Kemudian pilih Layer Gradient dan Oval 2 dengan cara menekan ALT+Klik lalu pilih gradient tool, dan untuk pengaturannya bisa terserah Anda saja sesuai selera-masing-masing. Untuk cara menggunakan gradientnya sendiri dengan cara klik dan tahan dari ujung 1 ke ujung 2, lihat gambar.

cara membuat stiker di photoshop

7. Sekarang tinggal dikasih tulisan saja sesuai dengan keinginan Anda. Dan jika masih kurang, silahkan tambahkan  lainnya juga bisa kok, tergantung kekreativitasan Anda. Lihat hasil akhir milik saya, jelek banget kan?

cara membuat desain stiker dengan photoshop
Semoga tutorial singkat ini bisa bermanfaat untuk Anda semua,
Terima kasih.
Rekomendasi Untuk Anda × +
13 Komentar untuk "Cara Membuat Desain Stiker dengan Photoshop"

13 Responses to "Cara Membuat Desain Stiker dengan Photoshop"

wah baru tau desain stiker bisa menggunakan photosop :D

Link Download Game Android MOD Terbaru Gratis

nice tutorial gan. Bs dicoba klo mau buat stiker. thanks

Mantap gan.. nambah ilmu.. ane juga masih belajar buat logo nih..

Wah tutornya keren mw coba nih ..saran saya harus ada videonya juga

kalau buat desain saya sih lebih sering pake corel, tapi kalau editing photoshop lah jagonya

Desain efek stiker ya? Baru tahu saya gan.. Biasanya pakai Action script aja biar cepet.. Hehehe. Thanks infonya Gan.

Terima Kasih Atas Tutorialnya

Silahkan mas, semoga bermanfaat.

Iya, kalau sempat akan saya buatkan videonya.

Sip, apapun aplikasinya yang penting tetap berkarya.

Iya, pakai action memang lebih mempercepat pekerjaan.

Iya sama-sama.
Semoga bermanfaat.

Silahkan berkomentar

Contact Form

Name

Email *

Message *

Back To Top