November 14, 2016

Cara Memperbaiki Keyboard Laptop / Komputer yang Error Tidak Berfungsi

Tags
Permasalahan yang muncul pada komputer/laptop memang bermacam-macam. Mulai dari software sampai hardware sering mengalami permasalahan. Dan salah satu permasalahan yang sangat sering dialami oleh para pengguna laptop khususnya adalah keyboard yang rusak. Kerusakan keyboard juga bermacam-macam.

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai cara memperbaiki keyboard laptop/komputer yang tidak berfungsi.
Cara memperbaiki keyboard error tidak berfungsi

Keyboard merupakan hardware yang mempunyai peran penting. Bayangkan saja ketika sebuah laptop/komputer tidak memiliki keyboard, pasti tidak akan bisa digunakan untuk menulis. Maka dari itu, kerusakan pada keyboard akan sangat mengganggu.

Maka dari itu, saya akan memberikan sedikit tips cara memperbaiki keyboard.

Cara Memperbaiki Keyboard yang Rusak Tidak Berfungsi

Ketika keyboard Anda mengalami masalah, jangan terburu-buru membawanya ke tukang service. Alangkah baiknya jika Anda mencoba untuk memperbaikinya terlebih dahulu, karena jika berhasil bisa sedikit menghemat pengeluaran uang Anda.

Berikut akan saya berikan beberapa penyebab keyboard laptop / komputer rusak.

1. Keyboard Kotor
Ketika Anda mendapati keyboard kotor dan sudah error atau sudah tidak normal maka itu bisa dikatakan wajar. Kotoran yang ada pada keyboard akan masuk kedalam dan akhirnya akan merusak bagian-bagian tertentu pada keyboard sehingga mengakibatkan keyboard error.

Maka dari itu, akan sangat baik jika Anda menjaga kebersihan laptop/komputer Anda agar hardware seperti keyboard bisa tahan lama dan tidak gampang rusak.

2. Penggunaan Terlalu Keras
Menekan keyboard terlalu keras akan mengakibatkan bagian-bagian keyboard mengalami kerusakan. Ini biasa terjadi di kalangan gamers. Karena orang yang main game biasanya akan menggunakan keyboard secara keras.

Nah, untuk mengatasinya akan saya berikan sedikit tips-tips yang mungkin bisa Anda coba.

1. Bersihkan Keyboard
Seperti yang saya katakan diatas, keyboard yang rusak bisa diakibatkan oleh kotornya bagian keyboard. Untuk itu, Anda perlu membersihkannya. Untuk alatnya sendiri Anda bisa menggunakan kuas yang halus untuk membersihkan bagian keyboard yang kotor.

Jika Anda pengguna laptop, mungkin Anda bisa melepaskan bagian keyboard terlebih dahulu kemudian baru dibersihkan. Terkadang, kotoran masuk sampai ke bagian dalam keyboard. Jadi Anda memang harus benar-benar membersihkannya dengan tuntas.

Setelah membersihkan keyboard, Anda bisa mengembalikan ke tempat semula dan sekarang tinggal mengetesnya saja.

2. Lepas Tombol
Ketika bagian yang kotor sudah mulai masuk ke dalam tombol. Mau tidak mau Anda harus melepas tombol keyboard yang tidak bisa digunakan. Terkadang kerusakan pada keyboard hanya terjadi pada beberapa tombol saja.

Untuk itu, lepas pada bagian tombol yang tidak bisa digunakan lalu bersihkan. Jika sudah, silahkan Anda pasang kembali dan silahkan dicek.

3. Periksa Kabel Keyboard
Memang sangat kecil sekali kemungkinan permasalahan ini. Namun siapa sangka, karena masalah ini bisa saja terjadi. Kabel yang mungkin sudah hampir putus bisa saja jadi penyebab keyboard rusak.

Atau bisa juga pemasangan kabel keyboard yang kurang kencang, jadi menyebabkan keyboard tidak bisa digunakan.

4. Gunakan Bantuan
Anda bisa menggunakan bantuan keyboard bawaan pada Windows. Jadi, Anda menggunakan mouse untuk memilih huruf-hurufnya. Karena letak keyboardnya adalah di layar monitor, jadi Anda hanya bisa menggunakan mouse saja. Kecuali monitor Anda sudah support touchscreen.

5. Bawa ke Tukang Service
Jika cara-cara diatas sudah tidak bisa digunakan, maka silahkan Anda konsultasikan kepada tukang service terdekat. Usahakan yang sudah terpercaya.

Mungkin hanya itu saja yang dapat saya bagikan.
Semoga bermanfaat.
Terima kasih.

Silahkan berkomentar
EmoticonEmoticon