January 16, 2017

Mengenal Nama dan Fungsi Pallete pada Photoshop

Hai teman-teman, pada kesempatan kali ini saya akan memberikan artikel mengenai bagian-bagian pada photoshop lebih tepatnya nama-nama pallete yang ada pada photoshop dan fungsinya. Artikel ini merupakan artikel dasar yang mudah namun penting. Jadi jangan lupa mempelajari ini kalau lagi bermain photoshop.

Di dalam photoshop, memiliki banyak sekali pallete. Dan setiap pallete memiliki fungsi sendiri-sendiri. Pada lembar kerja photoshop, ada bagian yang bernama pallete. Di dalam bagian tersebut terdapat berbagai macam pallete-pallete dan fungsinya berbeda-beda.

Untuk menjadi seseorang yang jago photoshop, terlebih dahulu harus mengetahui apa saja sih nama-nama palet yang ada di photoshop dan apa fungsinya. Karena ini akan sangat membantu ketika sedang menggunakan photoshop. Jadi, silahkan kuasai nama-nama pallete dan fungsinya agar bisa menjadi pro photoshoper.
mengenal nama dan fungsi pallete pada photoshop

Untuk Anda yang ingin mengetahui lebih lanjut silahkan simak artikel ini sampai selesai.

1. Palet Options

palet option pada photoshop

Untuk mengaktifkan palet options, Anda bisa dengan menggunakan cara ini tekan menu Windows pada menu bar, kemudian pilih Options maka nanti akan muncul palet options ini.

Fungsi dari palet options adalah menunjukkan opsi yang ada dalam tool yang sedang Anda gunakan. Misalkan saya gunakan zoom tool seperti diatas, maka option bar akan menampilkan zoom out dan zoom in.

Tampilan palet options akan berbeda lagi ketika Anda menggunakan tool lain. Karena jika misalnya Anda menggunakan pen tool, maka tampilan palet options juga akan mengikuti pen tool. Sama halnya ketika Anda menggunakan eraser tool, maka palet options juga akan mengikuti eraser tool.

2. Palet Layer
palet layer pada photoshop

Palet layer memiliki fungsi untuk menampilkan semua layer yang telah dibuat. Jadi ketika Anda hendak mengedit sebuah layer akan mudah menemukannya. Di dalam palet layer diatas juga terdapat berbagai macam tool lain, seperti opacity, new layer, dan lainnya.

Pada intinya fungsi dari palet layer adalah untuk menampilkan semua layer yang telah dibuat. Kalau dalam gambar diatas saya hanya memiliki 2 layer saja yaitu layer background dan layer text.

3. Palet Channel

palet channels pada photoshop

Palet channel memiliki fungsi sebagai tempat informasi warna dari layer-layer yang telah dibuat. Ketika Anda membuat banyak warna dalam dokumen Anda, maka pada palet channel ini akan muncul banyak warna juga. Jadi banyaknya palet channel ini tergantung dari banyaknya warna yang Anda gunakan.

4. Palet History

palet history pada photoshop

Untuk mengaktifkan palet history Anda bisa menggunakan cara pilih Windows pada menu bar kemudian pilih History maka nantinya akan keluar palet history nya.

Fungsi dari palet history sendiri adalah untuk menyimpan history yang telah berlalu dalam dokumen. Jadi misalnya Anda tidak sengaja menghapus sebuah layer, maka masih bisa dikembalikan dengan menggunakan palet history ini.

5. Palet Actions

palet actions pada photoshop

Fungsi dari palet actions ini adalah untuk merekam hasil pekerjaan agar ketika ingin mengulangi dalam pembuatan efek misalnya, tidak harus membuatnya dari awal melainkan tinggal mencari actions yang telah dibuat,

Pada kesempatan sebelumnya saya telah membuat artikel mengenai cara membuat dan menggunakan action yang bisa Anda baca pada postingan dalam blog ini.

6. Palet Color

palet color pada photoshop

Palet color ini berfungsi untuk mengatur warna foregreund dan background. Anda bisa mengaturnya secara manual dengan RGB color atau dengan memilih warna sendiri dengan cara klik kotak warnanya. Foreground adalah warna yang berada di depan, pada gambar diatas yang warnanya hitam merupakan foreground dan yang putih adalah background.

7. Palet Swatches

palet swatches pada photoshop

Palet swatches merupakan kumpulan warna yang telah disusun menjadi sebuah tabel. Dengan ini akan sangat memudahkan Anda dalam memilih warna.

8. Palet Styles

palet styles pada photoshop

Palet style berfungsi untuk memberikan style warna pada sebuah objek. Anda dapat memberikan efek sephia tone, scriped cone dan yang lainnya.

9. Palet Navigator

palet navigator pada photoshop

Palet navigator ini berfungsi untuk menampilkan thumbnail atau gambar kecil yang merupakan keseluruhan dari gambar dokumen. Jadi jika Anda melakukan zoom in, Anda bisa mengubah posisinya dengan menggunakan palet navigator ini. Karena biasanya ketika di zoom sampai 99% proses menggeser objek akan agak sulit, jadi menggunakan navigator tool ini sangat membantu.

10. Palet Histogram dan Info

Kalau yang 2 ini saya belum mengetahui apa fungsinya, karena saya sendiri juga jarang menggunakan palet ini, malah belum pernah kayaknya.

Itulah macam-macam nama dan fungsi pallete photoshop. Dengan ini mungkin pengetahuan Anda mengenai pallete bisa bertambah.

Semoga bermanfaat.
Terima kasih.

Silahkan berkomentar
EmoticonEmoticon