Anto Tunggal

Ilmu Komputer dan Desain Grafis

January 05, 2017

Pengertian Adobe Photoshop dan Fungsinya Lengkap

Mungkin Anda sering mendengar atau membaca kata Adobe Photoshop, entah di Desktop komputer warnet, di social media, di buku, di internet, ataupun di CD/DVD. Apakah Anda penasaran dengan apa sih itu photoshop.

Memang sudah sangat banyak sekali yang menggunakan aplikasi ini. Namun apakah Anda sebagai pengguna photoshop sudah tahu tentang pengertian dan fungsinya? Saya yakin, walaupun sudah pernah menggunakan photoshop, tetap saja ada yang belum tahu mengenai pengertian photoshop, kalau fungsinya sih saya yakin kalau pernah menggunakannya sedikit-sedikit sudah mengerti.

Nah, untuk menambah wawasan dan ilmu Anda mengenai photoshop, silahkan baca artikel pengertian adobe photoshop dan fungsinya ini. Namun jika Anda sudah mengerti dari isi artikel ini silahkan mau tetap baca atau meninggalkan halaman ini juga boleh.
Pengertian Adobe Photoshop dan Fungsinya Lengkap

Pengertian Photoshop

Adobe Photoshop merupakan suatu software atau aplikasi editing yang memiliki banyak sekali fungsi. Dengan photoshop ini Anda dapat membuat sebuah foto menjadi lebih baik atau bisa juga memberikan efek-efek yang keren tentunya.

Adobe photoshop banyak digunakan oleh para editor berkelas dan juga para pebisnis yang memerlukan banner untuk promosi. Dan pada umumnya, para pebisnis membuat sebuah iklan yang dapat menarik minat konsumennya.

Photoshop sudah tersedia untuk berbagai macam sistem opersai diantaranya Windows, Mac OS, dan Linux semuanya sudah bisa menggunakan Photoshop. Pada dulunya Adobe Photoshop hanya diperuntukkan para pengguna Mac OS saja, namun sekarang sistem operasi lain juga dapat menikmati photoshop.

Photoshop sendiri memiliki 2 versi yaitu Adobe Photoshop CS dan Adobe Photoshop CC. Lalu apa perbedaan dari kedua versi tersebut, silahkan simak keterangan dibawah ini.

Perbedaan Adobe Photoshop CS (Creative Suite) dengan CC (Creative Cloud)

Mungkin masih banyak yang bingung dengan perbedaan antara versi Adobe CS dan Adobe CC. Sebenarnya dalam penggunaannya sama saja sih, yang membedakan hanya pada pembayaran saja. Kalau Adobe CS itu ketika seseorang telah membeli software tersebut dengan lisensinya, maka sudah bisa permanen dalam mengaktivasinya. Jadi sudah tidak ada lagi pembayaran ketika sudah mendapatkan lisensi. Kalau Adobe CC ketika seseorang membeli lisensi, pada suatu saat harus membelinya lagi karena dalam Adobe CC ini menerapkan sistem sewa.

Jadi yang membedakan hanya pembayaran saja. Kalau CS sudah full lisensi dan kalau CC hanya menyewa saja.

Fungsi Adobe Photoshop

Fungsi Adobe Photoshop sudah jelas ya yang pasti untuk mengedit foto atau gambar. Nah, arti dari kata mengedit itu dapat diartikan lebih luas lagi. Karena fungsi dari photoshop sangatlah banyak, mulai dari membuat efek, menggabungkan foto, dan yang lainnya.

Mungkin Anda pernah melihat gambar-gambar keren di internet atau disebuah akun social media. Bisa saja foto tersebut merupakan hasil editan dengan photoshop. Atau jika Anda melihat sekumpulan foto pada grup (Grup Photoshop), maka sudah pasti itu hasil dari software Adobe Photoshop.

Sekarang ini banyak sekali tutorial-tutorial photoshop yang tersedia. Karena semakin lama, hasil karya dan teknik photoshop juga semakin banyak pula. Jadi bisa dikatakan teknik photoshop ini bersifat universal.

Untuk tutorial photoshop, Anda juga bisa mencarinya di blog Anto Tunggal ini karena saya selaku Admin akan berusaha memberikan tutorial teknik photoshop. Dan kebetulan saya juga suka belajar photoshop.

Untuk menambah ilmu photoshop Anda, bisa juga dengan melakukan les private, Untuk les private, sudah pasti akan dikenakan biaya. Namun untuk hasilnya jangan diragukan lagi, karena biasanya yang membuka tempat les private sudah memiliki pengalaman yang banyak.

Atau bisa juga mengikuti Grup Facebook yang membahas tutorial photoshop. Saya juga ikut di grup photoshop Facebook kok. Silahkan saja jika Anda mau gabung, dijamin Anda akan melihat banyak sekali karya yang dihasilkan dari photoshop.

Selain itu, Anda juga bisa berkreasi sendiri dengan melakukan berbagai percobaan untuk menghasilkan karya yang sebelumnya belum pernah ada. Jika bisa, pasti karya yang Anda bikin akan langsung terkenal.

Mungkin hanya ini saja yang bisa saya bagikan mengenai pengertian adobe photoshop dan fungsinya, semoga menambah wawasan dan limu Anda,
Terima kasih,
Rekomendasi Untuk Anda × +
4 Komentar untuk "Pengertian Adobe Photoshop dan Fungsinya Lengkap"

4 Responses to "Pengertian Adobe Photoshop dan Fungsinya Lengkap"

photosop itu biasanya berguna buat anak multimedia. betul atau tidak?

Oh saya tambah ngerti nih tentang adobe photoshop,,makasih infonya gan

Silahkan berkomentar

Contact Form

Name

Email *

Message *

Back To Top