Anto Tunggal

Ilmu Komputer dan Desain Grafis

April 03, 2017

Alasan Mengapa Harus Migrasi ke Linux

Saatnya pindah sistem operasi menuju sistem operasi Open Source yang gratis. Linux menjadi pilihan utama sistem operasi tempat migrasi. Kenapa harus Linux? Ok pada kesempatan kali ini akan saya jelaskan alasan kenapa harus migrasi ke Linux.

Saya akan memberikan beberapa alasan kuat untuk Anda pindah ke Linux. Saya sendiri sekarang sudah menggunakan salah satu Distro Linux, yaitu Ubuntu. Saya berani membuat artikel ini karena saya memang sudah menggunakan Linux.

Note : Saya tidak memaksa Anda untuk menggunakan Linux, kita mempunyai hak masing-masing.

Sistem operasi sebelumnya yang pernah saya gunakan adalah Windows. Ya, Anda pasti sudah tahu apakah Windows yang saya gunakan asli atau tidak.

Salah satu alasan kuat saya untuk pindah ke Linux adalah untuk menghindari pembajakan. Sudah beberapa tahun saya menggunakan sistem operasi dan software bajakan yang aktivasinya menggunakan cara crack.

Jujur saja, saya tidak memiliki lisensi resmi dari Windows karena memang saya belum mampu membelinya. Maka dari itu, saya putuskan untuk migrasi ke Linux saja.

Pada awalnya memang terasa sulit karena dari aplikasi yang biasa saya gunakan sebagian besar tidak ada di Linux. Namun karena ada aplikasi alternatifnya, saya segera mempelajari aplikasi tersebut untuk menggantikan aplikasi yang biasa saya gunakan.

Jika Anda memang tidak mau migrasi ke Linux itu tidak masalah. Saya pindah ke Linux karena masalah lisensi saja. Jika saya memiliki lisensi Windows dari Microsoft mungkin saya tidak pindah ke Linux.

Jadi ya mau tidak mau ini yang harus saya lakukan. Namun untuk sekarang, saya sudah merasa sangat nyaman menggunakan Linux.
alasan migrasi ke linux

Kenapa Harus Menggunakan Linux?

1. Linux Gratis
Ini yang menjadi alasan kuat saya untuk memilih Linux. Linux memang gratis dan tidak memerlukan lisensi yang mahal. Tidak seperti Windows, untuk menggunakan Windows secara resmi Anda harus membeli lisensi terlebih dahulu baru bisa menikmati Windows secara maksimal.

Untuk menggunakan Windows yang asli, Anda harus mengeluarkan uang yang tidak sedikit. Belum lagi aplikasi pendukungnya. Jadi jika Anda memang berniat menggunakan Windows, maka siapkan uang untuk membeli lisensi yang asli dan juga aplikasi pendukung seperti Microsoft Office, Photoshop, Corel Draw dan lainnya.

Lain halnya jika menggunakan Windows bajakan. Untuk aktivasi saja sangat mudah, cari di Google pasti banyak banget. Saya juga pernah mengalami hal seperti ini, melakukan aktivasi menggunakan crack.

Untuk Anda yang masih menggunakan Windows bajakan, jika ingin menghargai produk dari Microsoft silahkan beli lisensi yang asli atau kalau tidak pilihlah Linux sebagai tempat migrasi. Karena tidak dihargai itu sebenarnya sakit banget lho.

Selain sistem operasi Linux yang gratis, software-software Linux juga hampir semua gratis dan banyak tersedia di Software Center.

2. Linux Open Source
Karena Linux bersifat open source, maka kita bebas merombak, mengutak atik, mengubah, apa yang ada didalam Linux.

Pokoknya kalau menggunakan Linux, kita bebas mengubah sistem operasi sesuai keinginan. Bahkan kita bisa mengubah Linux menjadi Distro sendiri. Jadi istilahnya membuah Distro baru.

3. Linux Mudah
Pada awalnya saya beranggapan bahwa Linux itu sulit. Ternyata saya salah besar ketika sudah merasakannya sendiri. Sekarang sudah banyak Distro Linux yang menggunakan interface Desktop layaknya Windows.

Dengan tampilan Desktop, maka pengguna yang baru menggunakan Linux akan mudah dalam memahaminya. Terlebih lagi dengan variasi Desktop pada Linux yaitu Gnome, Unity, dan yang lainnya.

4. Linux Aman
Ini adalah alasan terakhir saya kenapa memilih Linux. Yang saya maksud aman disini adalah aman dari virus. Ya, Linux memang lebih aman dibandingkan Windows. Selama saya menggunakan Linux belum pernah sekalipun terkena virus.

Sebenarnya masih banyak sekali alasan kenapa harus pindah atau migrasi ke Linux. Untuk alasan diatas merupakan alasan kuat saya untuk pindah ke Linux.

Tertarik mencoba Linux? Silahkan mau menggunakan Windows ataupun Linux itu hak Anda. Pada intinya Linux itu menyenangkan. Tidak percaya? Silahkan buktikan sendiri.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda semua.
Terima kasih.
Rekomendasi Untuk Anda × +
2 Komentar untuk "Alasan Mengapa Harus Migrasi ke Linux"

2 Responses to "Alasan Mengapa Harus Migrasi ke Linux"

good job bro!

mnurut saya, kalo mampu beli laptop sebenarnya juga mampu beli lisensi windows, hanya saja mayoritas GA RELA mengeluarkan duit segitu hanya untuk sebuah 'ijin'. sementara itu, banyak yg kurang ajar nyebarin crack lisensi. maka terjadilah...
hehehe

Ya, benar itu mas.
Untuk menghindari itu semua, lebih baik menggunakan Linux terlebih dahulu.

Silahkan berkomentar

Contact Form

Name

Email *

Message *

Back To Top