Anto Tunggal

Ilmu Komputer dan Desain Grafis

December 28, 2016

Pengertian Hukum Bacaan Iqlab dan Contohnya

Hukum bacaan tajwid bisa dibilang tidak sedikit, tapi ketika kita mau mempelajarinya dengan senang maka akan terasa sangat sedikit. Karena biasanya, rasa senang akan membuat kita menjadi lebih menikmati proses yang sedang dijalani. Nah, maka dari itu ketika mempelajari ilmu tajwid haruslah dengan kesenangan dan keikhlasan.

Hukum bacaan yang akan dibahas pada kesempatan kali ini adalah Iqlab. Iqlab merupakan salah satu hukum bacaan nun mati (sukun) atau tanwin. Bacaan Iqlab ini juga sering muncul pada ayat Al-Qur'an. Bagi yang belum diberi materi tajwid Iqlab, kemungkinan akan salah dalam membacanya. Maka dari itu, bagi Anda yang belum paham tentang bacaan Iqlab silahkan baca artikel ini sampai selesai.

Dalam artikel ini yang akan dibahas adalah pengertian bacaan tajwid Iqlab, macam-macam huruf Iqlab, dan contoh bacaan Iqlab. Semoga penjelasan yang saya berikan ini bisa mudah dipahami.

Pengertian Bacaan Iqlab

Pengertian Iqlab adalah suatu hukum bacaan dalam tajwid yang cara membacanya dengan menggantikan huruf Nun Sukun atau Tanwin dengan huruf Mim Sukun. Iqlab merupakan hukum tajwid yang terjadi ketika ada huruf Nun Sukun atau Tanwin bertemu dengan huruf Ba.

Jadi, ketika Anda menemukan Nun Sukun atau Tanwin bertemu Ba' dalam ayat Al-Qur'an, maka harus diganti menjadi Mim Sukun. Pada Al-Qur'an, bacaan Iqlab biasanya sudah ditandai dengan huruf mim kecil yang diletakkan di atas (antara Nun Sukun atau Tanwin dengan huruf Ba').

Contoh Bacaan Iqlab

Berikut ini adalah beberapa contoh bacaan tajwid Iqlab.

Untuk permulaan contoh, akan saya jelaskan sedikit mengenai contoh dan cara membaca yang benar dan cara membaca yang salah. Kita ambil petikan ayat As-Sajdah di bawah ini.

Contoh Bacaan Iqlab

Bacaan di atas jika dibaca tanpa menggunakan tajwid Iqlab maka menjadi Jazaa anbimaa (Salah). Tapi ketika dibaca dengan tajwid Iqlam maka menjadi Jazaa ambima (Benar).

Nah, agar Anda lebih memahami lagi tentang bacaan Iqlab. Silahkan pahami sendiri beberapa contoh yang akan saya berikan di bawah ini. Sudah ada tanda merah yang menandakan itulah bacaan Iqlabnya.

Di bawah ini beberapa ayat Al-Quran yang ada bacaan Iqlabnya.

Surah Yasin Ayat 52

Contoh Bacaan Iqlab Surah Yasin

Pada contoh di atas, yang bacaan Iqlab dibaca mam ba'atsanaa

Surah Al-Mulk Ayat 11

Contoh Bacaan Iqlab Surah Al-Mulk

Pada contoh di atas, yang bacaan Iqlab dibaca bidzambihim

Nah, itulah sedikit contoh bacaan Iqlab yang bisa saya berikan. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk menambah ilmu tajwid Anda dan bermanfaat juga untuk menghindari kesalahan ketika membaca Al-Qur'an.
Terima kasih.
Rekomendasi Untuk Anda × +
0 Komentar untuk "Pengertian Hukum Bacaan Iqlab dan Contohnya"

Silahkan berkomentar

Contact Form

Name

Email *

Message *

Back To Top