April 03, 2017

Cara Menginstall Windows 10 Lengkap

Pada artikel kali ini, saya akan memberikan tutorial mengenai cara menginstall Windows 10. Dimana Windows 10 merupakan versi Windows paling update saat ini. Pembaruan sistem juga kerap dilakukan untuk mengurangi bug yang ada.

Sebenarnya cara menginstall Windows 10 hampir sama dengan menginstall Windows 7 yang kemarin saya berikan tutorialnya. Hanya sedikit perbedaan saja, yang paling mencolok adalah pada warna dan animasi loadingnya saja. Namun pada intinya tetap sama dengan Windows 7.

Saya yakin, sebagian dari pengguna Windows sangat ingin melakukan upgrade ke Windows 10. Karena versi Windows keluaran baru ini tampilannya sangat keren sekali. Jika dilihat lebih teliti lagi, seperti perpaduan antara Windows 7 dengan Windows 8.

Tutorial ini saya lengkapi dengan gambar agar Anda semua mudah dalam memahami langkah demi langkah. Tutorial ini juga sudah saya praktekkan sendiri, jadi bisa saya pertanggung jawabkan. Selama Anda mengikuti tutorial ini dengan benar, tidak akan ada masalah yang terjadi.

Cara Mudah Install Windows 10

Alasan paling utama mengupgrade ke Windows 10 adalah untuk mencicipi bagaimana fitur-fitur terbaru dari Windows. Dan memang benar, banyak sekali perubahan dan penambahan fitur pada Windows 10 ini. Penasaran? Ikuti cara menginstall Windows 10 ini.

Persiapan

1. CD/DVD Windows 10
Yang pertama kali Anda persiapkan adalah CD/DVD Windows. Anda bisa membuatnya sendiri menggunakan aplikasi Rufus ataupun nero. Alternatif jika tidak memiliki CD/DVD adalah menggunakan Flashdisk. Ini malah akan lebih mudah.

2. Setting BIOS untuk Installasi
Yang kedua adalah setting BIOS untuk installasi Windows 10. Yang dimaksudkan disini adalah agar booting pertama kali menggunakan CD/DVD ataupun Flashdisk bootable. Jika menggunakan Flashdisk pada setting Boot biasanya ada tulisan Removable Disk.

3. Colokkan Charge (Laptop)
Ini penting untuk mengantisipasi gagal install. Karena bisa saja saat installasi berjalan, laptop tiba-tiba mati karena kehabisan daya. Maka dari itu sangat penting men-charge laptop Anda.

4. Backup File Penting di System
Jika Anda menyimpan file penting di system, segera pindah ke Local Disk D atau yang lain. Karena nantinya akan digunakan untuk installasi sistem operasi dan harus diformat terlebih dahulu.

Setelah Anda melakukan persiapan dengan mantap, saatnya menuju tutorial cara mudah menginstall Windows 10 lengkap dengan gambar.

Note : Untuk memperjelas gambar, silahkan klik gambar tersebut.

1. Silahkan Anda setting BIOS Anda agar booting pertama menggunakan media atau bootable yang sudah Anda buat agar langsung menuju proses installasi.

2. Jika ada tulisan Press any key to boot from CD or DVD langsung tekan sembarang tombol keyboard.

3. Setelah itu maka Anda akan mlihat tampilan seperti dibawah ini. Silahkan Anda ganti Time and currency format dengan negara Indonesia. Setelah itu klik Next.

cara menginstall windows 10

4. Kemudian pada langkah ini langsung klik Install Now saja untuk memulai proses Installasi Windows 10.

cara menginstall windows 10

5. Lalu masukkan product key Windows 10 milik Anda. Jika belum punya silahkan klik skip saja. Namun perlu diingat, tanpa product key Windows 10 hanya bisa digunakan selama 30 hari saja.

cara menginstall windows 10

6. Seletlah itu centang pada bagian I accept the license terms yang berarti Anda telah setuju dengan persyaratan dari Microsoft.


7. Kemudian pada bagian ini pilih Custom : Install Windows only (Advanced) karena kita akan Fresh Install Windows 10.

cara menginstall windows 10

8. Sekarang buat partisi yang akan digunakan untuk menginstall Windows 10. Delete Drive 0 Partition 2 atau Local Disk C, dan juga Drive 0 Partition 1 atau System Reserved.

Setelah terhapus, maka akan muncul Drive 0 : Unallocated Space seperti dibawah ini. Klik pada Unallocated Space dan klik New, kemudian isikan berapa kapasitas yang akan Anda gunakan untuk menginstall Windows 10. Lalu klik Apply.

cara menginstall windows 10

9. Kemudian klik pada Partition 2 (Local Disk C) yang tadi dibuat, kemudian pilih next untuk memulai Installasi Windows 10. Lihat gambar dibawah ini.

cara menginstall windows 10

10. Maka proses Installasi akan berjalan. Proses ini memakan waktu yang tidak cepat dan juga tidak terlalu lama, jadi silahkan tunggu saja sampai selesai.

cara menginstall windows 10

11. Kemudian komputer atau laptop Anda akan merertart dengan sendirinya setelah proses nomor 10 selesai. Dan saat perangkat merestart, jangan tekan tombol apapun. Setelah itu nanti akan muncul tampilan seperti ini, silahkan tunggu saja.

cara menginstall windows 10

12. Jika tadi Anda belum memasukkan product key maka akan diminta lagi. Namun jika memang Anda tidak mempunyainya bisa tekan do this later

cara menginstall windows 10

13. Pada langkah ini silahkan gunakan atau pilih Use Express Settings saja. Sebenarnya Anda bisa memilih Customize settings untuk mengatus pengaturan sesuai keinginan Anda. Namun saya sarankan pilih Use Express Settings.

cara menginstall windows 10

14. Isikan nama Anda pada kolom yang disediakan, dalam contoh diatas saya menggunakan nama saya sendiri. Dan untuk password, terserah Anda mau diisi atau tidak. Dan untuk bagian paling bawah adalah petunjuk dari password yang Anda gunakan, ini penting untuk mengantisipasi Anda lupa password. Jika sudah langsung klik Next.

cara menginstall windows 10

15. Setelah itu Anda tinggal menunggu konfigurasi yang sedang dilakukan oleh Windows. Pada proses ini sedikit memakan waktu, namun tidak terlalu lama.

cara menginstall windows 10

16. Jika Windows sudah selesai mengkonfigurasi, maka akan tampil halaman awal desktop Windows 10. Dan dalam proses ini, Anda sudah berhasil menginstall Windows 10.

cara menginstall windows 10

Selesai, selamat menggunakan Windows 10.

Mungkin hanya ini saja yang dapat saya bagikan mengenai cara menginstall Windows 10 lengkap dengan gambar. Semoga tutorial ini mudah dipahami dan bisa bermanfaat untuk Anda semua.
Terima kasih.

6 komentar

mantap bang, makasih udh ngebagiin ilmunya...

request tutorial install windows xp dong gan kalo bisa di bikin versi video nya hehhehe

Req instal via flashdisk gan

Sama-sama mas.
Semoga bermanfaat.

Wah kalau untuk Windows XP sebenarnya sudah jarang digunakan mas.

Kalau ada waktu ya mas. Intinya sih cuma diganti disknya saja dengan flashdisk.

Silahkan berkomentar
EmoticonEmoticon