Kumpulan Modul TKJ Kelas XII/12 Lengkap

Diposting pada

Kumpulan Modul TKJ Kelas XII/12 LengkapKembali lagi di blog Anto Tunggal yang pada kali ini akan membagikan Modul TKJ untuk Kelas XII atau 12. Dalam modul kelas XII ini, sudah saya arsipkan menjadi satu paket dan didalamnya ada 4 modul. Ya kelihatannya memang sedikit, tapi kesulitan dari modul ini juga lumayan. Meski sulit namun jika anda dalami lebih lanjut dan anda pelajari secara terus menerus, maka pembelajaran ini akan lebih mudah. 

Kumpulan Modul TKJ Kelas XII/12 Lengkap
Modul TKJ Kelas XII

Modul-modul tersebut bisa Anda download melalui server Google Drive yang sangat mudah. Ya, google drive memang server download yang paling disukai banyak orang karena interfacenya yang mudah dipahami dan tidak membingungkan. Selain itu, server Google Drive juga terkenal dengan kecepatan downloadnya. Disini saya juga sama sekali tidak menggunakan pemendek url apapun, karena saya hanya ingin memudahkan Anda dalam mendownload modul ini saja.

Kumpulan Modul TKJ Kelas XII/12 Lengkap

Modul TKJ kelas 12 ini memiliki beberapa materi di dalamnya. Untuk itu ada beberapa materi pembelajaran yang perlu anda pahami. Didalam arsip tersebut ada 4 modul TKJ Kelas XII yang bisa Anda pelajari, diantaranya:

  1. Instalasi Perangkat Jaringan Berbasis Luas WAN
  2. Mendiagnosis Permasalahan Perangkat yang Tersambung Jaringan WAN
  3. Mengadministrasi Server dalam Jaringan
  4. Merancang Bangun dan Menganalisa WAN

Keempat modul tersebut bisa Anda dapatkan dengan mendownload satu paket file Modul dibawah ini:

Agar Anda mempunyai sedikit gambaran mengenai isi dari keempat modul diatas, akan saya ulas sedikit apa sih isi dari Modul Kelas 12 ini.

Instalasi Perangkat Jaringan Berbasis Luas (WAN)
Modul ini merupakan modul teori dan praktikum yang membahas tentang penginstalan sampai dengan pengujuan jaringan WAN (Wide Area Network). Didalam modul ini terdiri dari lima kegiatan belajar, yaitu:

  1. Kegiatan pertama membahas tentang konsep pengenalan dasar, topologi, protocol, router, routing table, dan routing protocol. 
  2. Kegiatan kedua berisi tentang instalasi perangkat keras WAN. 
  3. Kegiatan ketiga berisi tentang instalasi software WAN dan konfigurasi komponen WAN. 
  4. Kegiatan keempat berisi tentang menyambungkan perangkat dan setting perangkat. 
  5. Kegiatan kelima berisi tentang pengujian jaringan WAN.
Baca Juga  Pengertian dan Tugas Web Programmer

Dan agar mencapai penguasaan modul ini, lakukanlah melalui alur mekanisme pembelajaran sebagai berikut: 

  • Mulai Pembelajaran.
  • Lihat Kedudukan Modul.
  • Lihat Petunjuk Penggunaan Modul.
  • Kerjakan Cek Kemampuan.
  • Nilai Harus Lebih dari 7.
  • Kegiatan Belajar 1.
  • Kegiatan Belajar 2 dan seterusnya.
  • Kerjakan Evaluasi.
  • Nilai Harus Lebih Dari 7.
  • Uji Kompetensi.

Mendiagnosis Permasalahan Perangkat yang Tersambung Jaringan WAN
Modul ini membahas mengenai langkah-langkah yang diperlukan untuk mendiagnosis permasalahan perangkat yang tersambung jaringan WAN mulai dari persiapan sampai pelaporan hasil diagnosis. Modul ini terdiri dari empat kegiatan pembelajaran, yaitu:

  1. Kegiatan pertama membahas tentang mengidentifikasi masalah fungsionalitas jaringan pada perangkat melalui gejala yang muncul.
  2. Kegiatan kedua memilah masalah berdasarkan kelompok.
  3. Kegiatan ketiga membahas tentang mengisolasi permasalahan.
  4. Kegiatan keempat melaporkan hasil disgnosis.

Mengadministrasi Server dalam Jaringan
Modul ini membahas tentang dasar-dasar administrasi server dalam mengelola suatu jaringan, baik jaringan local maupun jaringan berbasis luas (WAN).

Modul ini berisi materi mengenai kompetensi mengadministrasi server dalam jaringan yang tersambung jaringan luas, oleh sebab itu yang harus diperhatikan antara lain:

  1. Apa yang harus dilakukan pertama kali dalam mengadministrasi server jaringan>
  2. Bagaimana cara mengadministrasi server dalam jaringan?
  3. Apakah diagnosis permasalahan mengadministrasi eerver dalam jaringan sudah sesuai dengan aturan dan sudah bisa bekerja dengan baik?

Merancang Bangun dan Menganalisa WAN
Modul ini merupakan bahan ajar yang digunakan sebagai panduan praktek peserta untuk membentuk salah satu kompetensi bidang keahlian Teknologi Informasi dan Konunikasi pada program keahlian Teknik Komputer dan Jaringan.

Mungkin hanya ini saja yang dapat saya berikan mengenai Kumpulan Modul TKJ Kelas XII/12 Lengkap serta sedikit ulasan mengenai isinya. Semoga dapat menambah pengetahuan Anda dalam pembelajaran kelas XII. Dan semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda semua. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.