April 13, 2017

Macam Media Penyimpanan Data Komputer

Tags
Media penyimpanan komputer atau computer data storage adalah alat/media yang digunakan untuk menyimpan berbagai data dan program komputer dengan maksud agar sebuah data bisa diakses dan dibuka kembali pada perangkat komputer ataupun laptop.

Tujuan atau fungsi utama dari penyimpanan data komputer adalah untuk menyimpan sebuah data dalam jangka panjang. Bayangkan saja jika sebuah komputer tidak ada penyimpanan datanya, mau disimpan dimana semua program dan sistem operasi yang digunakan.

Media penyimpanan data komputer dibagi menjadi 3 kategori yaitu: Media Penyimpanan Magnetik, Media Penyimpanan Optical, dan Media Penyimpanan Awan/Cloud.

Dari ketiga kategori tersebut, semuanya memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri-sendiri. Lalu apa pengertian dari ketiga media penyimpanan data komputer tersebut, dan apa kelebihannya, lalu apa saja kekurangannya.
Macam Media Penyimpanan Data Komputer

1. Media Penyimpanan Magnetik (Magnetic Disk)

Magnetic disk merupakan media penyimpanan sekunder (secondary storage) yang paling digunakan dan ditemui pada pada sistem komputer yang terbaru/modern. Cara kerja dari media penyimpanan ini adalah motor drive akan berputar dengan cepat atau dengan kecepatan yang sangat tinggi. 

Diatas piringan/permukaan disk tersebut diletakkan sebuah read-write head yang memiliki fungsi untuk membaca dan menulis sebuah data yang ada didalamnya. Permukaan disk tersebut masih terbagi menjadi beberapa track yang didalamnya masih terbagi lagi menjadi beberapa sektor.

Kelebihan dari media penyimpanan data ini adalah kapasitas yang dimiliki relatif besar jika dibandingkan dengan media penyimpanan yang lain, selain itu kecepatan akses data tinggi. Namun kekurangan dari media penyimpanan magnetic adalah harganya yang relatif lebih mahal .

Macam-macam media penyimpanan magnetik (magnetic disk) antara lain:

1. Floppy Disk (Disket)
Disket merupakan penyimpanan data komputer yang portable. Pada bagian luar disket dilapisi atau dibungkus oleh plastic protektif dan tipis dengan maksud melindungi atau mengantisipasi adanya gesekan yang menimbulkan sebuah goresan.

Dulu, disket hanya bersifat read-only dalam artian hanya bisa membaca data saja dan tidak bisa memodifikasi ataupun menghapus data yang ada didalamnya.

Sedangkan sekarang ini, sudah ada disket yang bersifat read-write yang dapat membaca sekaligus bisa menghapus maupun memodifikasi data yang ada didalamnya.

2. Hard Disk
Hard Disk merupakan media penyimpanan utama yang terdapat pada sebuah perangkat komputer. Ukuran kapasitas dari hard disk sendiri bermacam-macam, mulai dari 80GB, 320GB, 500GB, 1TB dan masih banyak lagi.

Hard disk ini memiliki sifat tetap dalam artian, media penyimpanan ini tidak perlu dikeluar masukkan karena memang letaknya sudah ada di dalam cassing. Dan data yang disimpan dalam hard disk juga bersifat tetap dalam artian, selama pengguna tidak menghapusnya maka data tersebut tidak akan hilang.

3. Flashdisk
Flashdisk juga merupakan media penyimpanan portable, sifatnya yang mudah dibawa serta ukurannya yang kecil, flashdisk seringkali menjadi alternatif floppy disk.

Flashdisk pada sekarang ini memiliki ukuran yang sudah besar-besar, mulai dari 1GB, 2GB, 4GB, 8GB, 16GB, 32GB dan masih ada lagi diatasnya. Flashdisk dapat digunakan dengan menghubungkannya menggunakan interface USB, jika dilihat hampir semua flashdisk menggunakan interface USB.

4. Memory Card
Memory card merupakan media penyimpanan yang sangat banyak digunaka oleh handphone, camera, smartphone, video game, dan yang lainnya.

Penyimpanan ini memiliki ukuran yang bervariasi, ada yang besar dan ada pula yang kecil. Namun keluaran terbaru dari memory card ukurannya relatif kecil.

5. ZIP Drive
ZIP Drive merupakan penyimpanan yang dapat menampung data hingga 750MB. Ukuran head yang digunakan sangat kecil dan tipis.

Jika masih belum ada gambaran mengenai ZIP Drive, bisa Anda cari gambarnya di Google.

2. Media Penyimpanan Optical (Optical Disk)

Media penyimpanan optic merupakan media penyimpanan yang dapat dibaca dan ditulis (read-write) menggunakan sinar laser bertenaga rendah.

Cara kerja dari media penyimpanan optical adalah berputar dengan sangat cepat dimana kecepatan putaran akan mempengaruhi kecepatan akses data, optical disk membaca data dengan menggunakan optic yang berada pada perangkat pembacanya.

Kelebihan dari media penyimpanan optical disk adalah lebih ringan jika dibandingkan dengan magnetic disk. Kekurangan dari optical disk ini kapasitasnya yang relatif kecil dan sangat beresiko tidak bisa membaca data ketika terkena goresan.

Macam-macam optical disk adalah sebagai berikut:

1. CD (Compact Disk)
Compact Disk merupakan media penyimpanan yang tidak bisa dihapus dan dimodifikasi. Pembacaan dan penulisan disk ini melalui sinar laser.

2. CD-ROM (Compact Disk Read Only Memory)
Compact Disk Read Only Memory adalah media penyimpanan yang hanya bisa membaca saja (read only). Data yang ada didalamnya juga tidak bisa dihapus maupun dimodifikasi, sama halnya dengan CD.

3. CD-RW (Compact Disk Rewritable)
Kalau Compact Disk yang satu ini sudah bisa membaca serta menulis data secara berulang-ulang. Sehingga kita bisa dengan mudah menghapus dan memodifikasi data yang ada didalamnya.

4. DVD (Digital Video Disk)
DVD merupakan salah satu jenis CD yang memiliki pita data lebih kecil, namun kapasitasnya sudah sampai 4.7GB.

DVD banyak diminati oleh produsen film untuk menyimpan filmnya dan kemudian dipasarkan, alasan utamanya mungkin karena kapasitasnya yang memang relatif besar.

3. Media Penyimpanan Awan (Cloud Storage)

Media penyimpanan terakhir yaitu cloud storage. Media ini tidak menggunakan memory untuk menyimpannya, karena penyimpanan ini bersifat online maka menggunakan penyimpanan data yang ada di internet.

Kelebihan media penyimpanan awan adalah tidak memerlukan tempat penyimpanan data. Kekurangannya adalah beresiko akan hilangnya data jika terjadi kesalahan server.

Mungkin hanya ini saja yang dapat saya sampaikan mengenai macam media penyimpanan data komputer (computer data storage). Semoga bisa bermanfaat untuk Anda semua.
Terima kasih.

Silahkan berkomentar
EmoticonEmoticon