Modul TKJ Kelas X Cara Melakukan Perawatan Periferal PC

Diposting pada

Modul TKJ Kelas X Cara Melakukan Perawatan Periferal PCMelakukan perawatan periferal merupakan materi kejuruan jurusan TKJ (Teknik Komputer dan Jaringan) kelas X. Jadi isi dari artikel yang saya buat ini juga merupakan bagian dari modul TKJ tepatnya cara merawat periferal pc dengan baik dan benar. Mungkin ada dari Anda yang ingin mengetahui lebih lanjut mengenai cara melakukan perawatan pc ini. Materi ini pada dasarnya terdapat dalam modul pembelajaran Kelas X jurusan TKJ.

Cara melakukan perawatan periferal PC dapat dilaksanakan dengan mudah. Materi ini biasanya diajarkan ketika dibangku sekolah kelas 10 dalam modul TKJ. Materi ini sering kali dikaitkan dengan hal hal apa saja yang berhubungan dengan periferal itu sendiri. Tetapi sebelum itu, apakah anda tahu apa yang dimaksud periferal PC tersebut? Bagaimana cara merawatnya?

Disini saya akan memberikan secara lengkap dan menggunakan bahasa yang baik dan benar, dimaksudkan agar Anda yang membaca akan lebih cepat memahami dan menangkap inti dari artikel ini. Melakukan perawatan periferal pc merupakan hal yang harus kita lakukan agar usia dari periferal tersebut bisa bertahan lama. Karena kondisi dari suatu barang akan sangat berpengaruh pada faktor usia. Jadi kita harus melakukan perawatan pada periferal pc kita minimal 2-3 minggu sekali.

Modul TKJ Kelas X Cara Melakukan Perawatan Periferal PC

Untuk melakukan perawatan periferal PC pada dasarnya menggunakan beberapa alat yang digunakan. Alat tersebut pada dasarnya akan menunjang perawatan PC itu. Adapun beberapa alat yang kita gunakan disini adalah:

  1. Kuas/Penyedot debu.
  2. Kain kering 2 lembar.
  3. Cairan pembersih.
  4. Obeng.

Yang akan saya bahas pada kali ini adalah cara melakukan perawatan periferal pc/komputer dengan melakukan pembersihan pada setiap periferal. Karena biasanya kesehatan dan keindahan sebuah periferal sangat dipengaruhi oleh faktor kebersihan. Jadi cara paling dasar untuk melakukan perawatan periferal adalah dengan cara membersihkannya.

Melakukan pembersihan secara rutin akan sangat membantu periferal agar bisa digunakan lebih lama lagi. Karena jika sudah lama tidak dibersihkan, banyak periferal yang sudah kotor oleh debu-debu.

Modul TKJ Kelas X Cara Melakukan Perawatan Periferal PC
Perawatan Periferal PC

Keyboard

Keyboard merupakan periferal komputer yang digunakan untuk mengetik. Permasalahan yang sering terjadi pada keyboard adalah beberapa tombol keyboard tidak berfungsi. Dan penyebabnya sendiri, salah satunya adalah kotornya bagian keyboard. Jika bagian keyboard sudah lama tidak dibersihkan, maka debu-debu yang ada akan semakin banyak dan menumpuk. Sehingga keyboard akan menjadi lebih keras ketika ditekan. Lebih parahnya lagi bisa menyebabkan kerusakan pada keyboard.

Maka sangat penting melakukan perawatan periferal keyboard ini. Caranya sangat mudah, dengan hanya bermodalkan kuas ataupun penyedot debu sudah bisa untuk membersihkan keyboard. Kalau penyedot debu (mini) akan lebih mudah untuk digunakan, tapi walaupun begitu kuas juga tetap bisa digunakan. Kedua alat tersebut sangatlah membantu.

  1. Siapkan kuas/penyedot debu.
  2. Jika menggunakan kuas, bersihkan setiap bagian tombol keyboard sampai sela-sela yang tersempit. Pokoknya lakukan sebersih mungkin.
  3. Jika menggunakan penyedot debu mini akan lebih mudah lagi, karena tinggal menggerakkan penyedot debu tersebut diatas keyboard, maka debu-debu yang ada akan hilang.

Monitor

Cara melakukan perawatan periferal PC selanjutnya ditujukan untuk bagian monitor. Monitor merupakan periferal yang digunakan untuk menampilkan output berupa tampilan gambar. Monitor sama halnya dengan keyboard, akan sangat terganggu jika ada kotoran/debu yang menempel. Pandangan akan terasa tidak nyaman ketika melihat monitor. Maka dari itu penting juga melakukan perawatan pada monitor. Untuk caranya hanya menggunakan cairan pembersih dan kain. Usahakan kain yang digunakan memiliki tekstur yang halus dan tidak bersifat merusak.

  1. Siapkan cairan pembersih dan kain kering (2 buah)
  2. Semprotkan cairan pembersih ke salah satu kain,
  3. Lalu usapkan secara perlahan dan merata pada semua bagian layar monitor.
  4. Setelah rata, keringkan dengan cara mengusapkan kain yang satu (masih kering) secara merata.
Baca Juga  Pengertian Firewall dan Fungsinya

Kipas dan Heatsink

Cara melakukan perawatan periferal PC selanjutnya ditujukan untuk bagian heatsink dan kipas. Periferal ini akan sangat berpengaruh sekali ketika komputer digunakan. Karena jika kinerja kipas tidak maksimal, maka otomatis kinerja komputer juga akan menurun karena prosessor terlalu panas tanpa sokongan dari kipas secara maksimal.

  1. Lepas kipas dan heatsink dari motherboard.
  2. Biasanya akan ada pengait dengan motherboard.
  3. Jangan lupa lepas juga kabelnya.
  4. Jika sudah terlepas, bersihkan menggunakan kuas yang telah disediakan.

Power Supply

Power supply berfungsi untuk menyuplai daya ke komponen yang membutuhkan tegangan. Jadi jika power supply sudah tidak berfungsi maka komputer tidak akan hidup. Dan salah satu penyebab kerusakan power supply adalah karena kotor.

  1. Lepas power supply.
  2. Kemudian bersihkan kipas pada power supply.
  3. Bisa juga dengan meniup kipas tersebut agar kotorannya hilang.

RAM

RAM merupakan periferal untuk menyimpan data secara sementara. Biasanya digunakan untuk menyimpan proses sebuah aplikasi yang berjalan. Cara membersihkannya juga cukup mudah, hanya membutuhkan kuas saja. Bisa juga dengan tambahan penghapus karet.

  1. Lepas RAM dari motherboard.
  2. Siapkan kuas halus dan penghapus karet.
  3. Bersihkan dengan kuas terlebih dahulu, kemudian diikuti dengan penghapus karet.

Hard Disk

Cara melakukan perawatan periferal PC selanjutnya ditujukan untuk komponen harddisk. Untuk hard disk cukup menggunakan kuas saja. Adapun cara membersihkannya yaitu:

  1. Lepas hard disk dari tempatnya.
  2. Siapkan kuas lalu bersihkan bagian luar hard disk hingga bersih.

Motherboard

Setelah semua periferal terlepas dari motherboard, silahkan bersihkan motherboard dengan menggunakan kuas.

  1. Lepas motherboard.
  2. Bersihkan menggunakan kuas.
  3. Harap diperhatikan, berhati-hatilan ketika membersihkan motherboard. Jangan sampai merusakn bagian-bagiannya.

Cassing

Cassing merupakan bagian luar dari cpu. Fungsinya untuk membungkus dan melindungi periferal yang ada didalamnya. Jika pada bagian cassing ada kotoran/debu yang menempel, maka kemungkinan besar kotoran tersebut akan masuk ke dalamnya dan mengotori periferal yang lain. Untuk itu, bersihkan secara rutin cassing pada bagian luar dan dalamnya agar kotoran tersebut tidak menyebar pada periferal yang lainnya.

  1. Bersihkan bagian luar dan dalam cassing menggunakan kuas.
  2. Simple kan.

Lakukan Perakitan

Jika Anda melepas semua periferal, silahkan rakit kembali dengan benar sesuai tempat-tempatnya. Terakhir tinggal lakukan pengetesan apakah semua periferal bisa berjalan dengan normal. Selesai.

Sekian penjelasan mengenai beberapa materi dalam modul TKJ kelas X cara melakukan perawatan periferal PC. Berbagai komponen periferal PC dapat dirawat dengan cara cara seperti di atas. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk Anda semua dan terima kasih sudah berkunjung di blog ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.