Anto Tunggal

Ilmu Komputer dan Desain Grafis

April 02, 2017

Pengalaman Menggunakan Linux Ubuntu

Pengalaman pertama menggunakan Linux dengan Distro Ubuntu yang saya pakai sangatlah banyak sekali. Bingung itu pasti, karena wajar lah kalau masih pertama. Kalau sudah berjalan agak lama kan bingungnya berkurang sedikit demi sedikit.

Pada kesempatan kali ini saya hanya akan berbagi pengalaman menggunakan Linux saja, tepatnya Distro Ubuntu. Mungkin artikel ini akan terkesan seperti curhat, ya itulah kenyataannya. Semua cerita pengalaman pasti mempunyai kesan curhat.

Mungkin Anda butuh referensi atau review mengenai Linux ketika Anda mau menggunakannya. Nah, pada artikel saya ini bisa Anda jadikan review Linux Ubuntu.

Pengalaman Menggunakan Linux

Linux, sistem operasi Open Source yang gratis dan sangat menyenangkan untuk dipelajari. Awalnya saya beranggapan bahwa semua Distro Linux itu sulit. Tapi itu tidak salah dan tidak benar juga. Karena kemampuan seseorang dalam menilai mudah atau susah sesuatu itu berbeda-beda.

Namun anggapan Linux sulit itu juga bisa disalahkan, karena ketika saya baru pertama menggunakan Ubuntu tidak menemukan kesulitan yang benar-benar sulit. Artinya begini, pertama menggunakan Ubuntu sama saja seperti ketika menggunakan Windows. Karena memang, Ubuntu merupakan Distro Linux yang mudah dan cocok untuk pengguna Linux yang baru.

Pengalaman Menggunakan Linux

Proses Instalasi
Pada saat proses Instalasi saya tidak menemukan kesulitan sama sekali. Karena menginstall Ubuntu tidak sulit juga dan banyak tutorialnya di Google. Saat itu saya langsung menghapus partisi Windows dan langsung saya gunakan untuk menginstall Ubuntu karena dari awal saya sudah niat untuk Migrasi ke Linux.

Untuk disk sendiri hanya saya gunakan 50GB saja karena saya yakin walaupun 50GB juga sudah cukup untuk menginstall Ubuntu plus Aplikasi pendukungnya.

Saya Kepo
Setelah Instalasi selesai, saya langsung mencari tutorial Linux Ubuntu di Google dan menemukan banyak sekali blog yang membahas Ubuntu. Dan saya mulai aktif untuk mempelajari Ubuntu mulai yang dasar-dasar terlebih dahulu.

Setelah itu, saya penasaran untuk menjalankan aplikasi Windows di Linux. Saya yakin kebanyakan orang yang baru menggunakan Linux pasti mencari cara ini. Dan akhirnya saya menemukan caranya dengan menggunakan Wine dan PlayOn Linux. Dengan menggunakan aplikasi tersebut saya berhasil menginstall beberapa aplikasi Windows. 

Namun masih penasaran lagi, karena saya sangat ingin menggunakan Photoshop, lalu saya mencari tutorialnya, banyak sih yang share namun hampir semua tidak berhasil saya praktekkan. Lalu saya temukan sebuah blog India kalau tidak salah yang memberikan tutorial Install Photoshop CS6 dan berhasil.

Menjalankan Aplikasi Windows di Linux, Apakah Pembajakan?
Ya, karena di Linux saya menggunakan Photoshop CS6, maka itu artinya saya masih menggunakan aplikasi bajakan. Sebenarnya saya tidak ingin menggunakannya, akan tetapi karena faktor kebutuhan. Pada intinya saya hanya berusaha mengurangi pembajakan yang saya lakukan, dan sekarang untuk sistem operasi sudah tidak bajakan lagi. Bertahap saja lah.

Dan untuk sekarang ini, saya sudah menemukan alternatif Photoshop yaitu Gimp. Untuk tool yang disediakan hampir mirip dengan Photoshop. Jadi ini termasuk kabar baik untuk saya karena sudah ada aplikasi pengganti Photoshop di Linux Ubuntu.

Keuntungan Menggunakan Linux

Saat pertama menggunakan Ubuntu, saya langsung merasa diuntungkan. Dengan sistem operasi yang gratis sudah bisa menikmati berbagai aplikasi yang gratis pula. Pokoknya saya suka yang gratis namun tetap punya kualitas.

1. Linux Ringan
Keuntungan pertama yang saya dapat adalah, Ubuntu yang saya gunakan sangatlah ringan. RAM yang hanya 2GB bisa dengan lancar menjalankan Ubuntu. Dan untuk versi sendiri, saya masih menggunakan 14.04 LTS 64Bit. Sebenarnya sudah ada update terbaru 16.04 LTS tapi saya belum tertarik karena masih sayang dengan 14.04.

2. Nyaman
Kenyamanan saya dapatkan ketika pertama menggunakan Ubuntu. Walaupun gratis, rasa nyaman tetap saya dapatkan. Interface Ubuntu juga mudah dipahami, masih sama seperti Windows.

3. Masih Banyak
Pokoknya, jika Anda menggunakan Linux tidak akan rugi lah. Banyak keuntungan jika menggunakan Linux.

Semoga artikel pengalaman yang singkat ini bisa bermanfaat untuk menambah wawasan Anda.
Terima kasih,
Rekomendasi Untuk Anda × +
2 Komentar untuk "Pengalaman Menggunakan Linux Ubuntu"

2 Responses to "Pengalaman Menggunakan Linux Ubuntu"

informasi mengenai linux ini sangat bermanfaat, dan menambah pengetahuan. saya ingin merekomendasikan link yang berisi mengenai linux bagi pecinta linux bisa kunjungi website berikut ini http://linux.blog.gunadarma.ac.id/ semoga bermanfaat..

Terima kasih atas rekomendasinya

Silahkan berkomentar

Contact Form

Name

Email *

Message *

Back To Top