December 26, 2016

Pengertian Hukum Bacaan Izhar Halqi dan Contohnya

Belajar tajwid memang asyik ketika kita juga menyukai membaca Al-Qur'an. Karena membaca Al-Qur'an dan belajar tajwid memang sudah satu paket agar saat membaca Al-Qur'an bisa terhindar dari kesalahan atau kekeliruan.

Hukum yang akan dibahas pertama kali di blog ini adalah Izhar Halqi. Izhar Halqi merupakan salah satu hukum bacaan nun sukun (mati) atau tanwin. Dari sekian banyak hukum nun sukun atau tanwin, Izhar Halqi menjadi salah satu hukum bacaan yang paling sering muncul dalam ayat Al-Qur'an. 
Jadi memang sangat penting mempelajari hukum bacaan Izhar Halqi, bukan cuma Izhar Halqi sih, tapi semua hukum bacaan penting dan harus kita pelajari.

Disini, saya akan memberikan penjelasan mengenai Izhar Halqi secara rinci dan semoga saja mudah dipahami. Mungkin artikel ini akan sedikit panjang yang saya maksudkan untuk memperjelas setiap bagian-bagian.

Pengertian Bacaan Izhar Halqi

Pengertian Izhar Halqi adalah suatu hukum bacaan dalam tajwid yang mempunyai arti tegas atau jelas. Jadi begini, ketika kita menemui bacaan Izhar Halqi dalam salah satu ayat Al-Qur'an maka tidak boleh dibaca berdengung melainkan harus dibaca tegas dan jelas.

Izhar Halqi terdiri dari 2 (dua) kata yaitu Izhar dan Halqi. Izhar sendiri memiliki arti tegas atau jelas, sedangkan Halqi memiliki arti tenggorokan. Jadi inti dari bacaan Izhar Halqi ini adalah ketika menemui nun sukun (mati) atau tanwin bertemu salah satu huruf Izhar Halqi harus dibaca tegas dan jelas di dalam tenggorokan.

Lalu, kapan kita bisa menemukan bacaan Izhar Halqi di dalam Al-Quran? Ya, Izhar Halqi memiliki syarat apabila ada nun sukun (mati) atau tanwin bertemu salah satu huruf Izhar Halqi.
Pengertian Hukum Bacaan Izhar Halqi dan Contohnya

Huruf Izhar Halqi
Untuk huruf Izhar Halqi sendiri memiliki jumlah 7 huruf, namun karena ada huruf yang hampir mirip cara penggunaannya maka bisa dengan mengingat 6 huruf saja yaitu:

Huruf Bacaan Izhar Halqi

Yang saya maksud ada huruf yang hampir sama adalah huruf Alif dan Hamzah, yang pasti dalam membaca Izhar Halqi harus tegas dan jelas.

Semoga penjelasan mengenai pengertian dan macam-macam huruf Izhar Halqi sudah jelas ya. Sekarang lanjut ke contohnya.

Contoh Bacaan Izhar Halqi

Sekali lagi saya beri tahu, pokoknya setiap ada nun sukun (mati) atau tanwin bertemu salah satu huruf Izhar Halqi maka dibaca tegas atau jelas.

Untuk contoh akan saya berikan 2 (dua) versi, yaitu yang nun sukun (mati) dan yang tanwin. Untuk lebih jelasnya bisa disimak langsung contoh-contoh bacaan Izhar Halqi serta penjelasannya dibawah ini.

1. Nun Sukun
Di contoh hukum Izhar Halqi yang menggunakan nun sukun ini akan berikan 3 contoh namun menggunakan huruf yang berbeda. Silahkan simak terlebih dahulu bacaan dibawah ini.
Contoh Bacaan Izhar Halq

Bacaan pertama: Nomor 1.
Dari contoh diatas dapat disebut dengan Izhar Halqi karena ada nun sukun bertemu dengan huruf Hamzah atau Alif, jadi sudah pasti membacanya dengan tegas dan jelas.

Bacaan kedua: Nomor 2
Contoh yang berikutnya disebut dengan Izhar Halqi karena ada nun sukun bertemu dengan huruf Haa, untuk cara membacanya juga sama yaitu tegas dan jelas.

Bacaan ketiga: Nomor 3
Contoh diatas dapat disebut bacaan Izhar Halqi karena ada nunu sukun bertemu dengan 'Ain, cara membacanya juga sama yaitu tegas dan jelas.

2. Tanwin
Untuk contoh yang menggunakan tanwin akan saya berikan 2 contoh saja. Silahkan simak terlebih dahulu bacaan dibawah ini.

Contoh Bacaan Izhar Halqi

Bacaan pertama: Nomor 1
Contoh nomor satu bisa disebut dengan bacaan Izhar Halqi karena ada Min Tanwin bertemu dengan huruf 'Ain, cara membacanya juga tegas dan jelas.

Bacaan kedua: Nomor 2
Untuk contoh nomor 2 ini disebut Izhar Halqi karena ada Dal Tanwin bertemu dengan huruf Ghain, dan untuk cara membacanya tetap tegas dan jelas.

Bagaimana, apakah Anda sudah paham dengan Pengertian dan Contoh Hukum Bacaan Izhar Halqi? Kalau masih belum silahkan baca sekali lagi, dan jika masih tetap bingung bisa Anda tanyakan melalui komentar dibawah.

Semoga artikel mengenai Bacaan Izhar Halqi ini bisa bermanfaat untuk saya pribadi dan Anda semuanya.

Silahkan berkomentar
EmoticonEmoticon