December 26, 2016

Pengertian Ilmu Tajwid dan Manfaat Utama Belajar Tajwid

Sebagai umat Islam, sudah wajib kita membaca Al-Qur'an setiap harinya. Karena pahala dari membaca 1 (satu) huruf saja adalah 1 (satu) kebaikan. Dan 1 (satu) kebaikan itu akan dibalas 10 (sepuluh) kali lipatnya seperti yang dijelaskan dalam HR. At-Tirmidzi: Rasulullah SAW bersabda "Siapa saja membaca huruf dari Kitab Allah (Al-Qur'an), maka baginya satu kebaikan, dan satu kebaikan itu dibalas sepuluh kali lipatnya".

Benar salah dalam membaca Al-Qur'an tidak lepas dengan yang namanya Tajwid. Ketika kita benar-benar mengetahui dan menguasai macam-macam ilmu tajwid dan mau menggunakannya, maka kita bisa membaca Al-Qur'an sesuai tuntunan tajwid yang benar.

Dalam membaca Al-Qur'an, indah melantunkan bukan hanya terletak pada lagu saja, melainkan Tajwid yang lebih penting. Jadi begini, melagukan Al-Qur'an sangat diperbolehkan bahkan dianjurkan dalam Islam asalkan masih menggunakan Ilmu Tajwid.

Melantunkan lagu Al-Qur'an tanpa tajwid itu hampir mustahil, pasalnya keindahan membaca Al-Qur'an yang paling utama terletak pada tajwid yang benar.

Ketika kita ingin bisa membaca dan melagukan Al-Qur'an dengan benar seperti Muhammad Thaha Al Junayd dan lainnya, maka yang harus kita lakukan dari sekarang adalah belajar tajwid. Karena jika disimak dengan teliti, pembacaan Al-Qur'an Muhammad Thaha memang sudah sesuai tajwid, dan mahrajnya pun sudah tepat penempatannya.

Jadi, kita sebagai umat Islam harus mengetahu apa itu Tajwid dan manfaatnya.

pengertian ilmu tajwid dan manfaat mempelajari tajwid

Pengertian Tajwid

Menurut bahasa, ilmu tajwid adalah melakukan sesuatu dengan elok dan indah, atau bagus dan membaguskan.

Sedangkan menurut istilah, tajwid adalah mengeluarkan huruf dari tempat asalnya yang berada didalam tenggorokan dan mulut dengan sifat-sifat yang dimilikinya. Karena, biasanya terdapat huruf yang cara bacanya hampir sama namun berbeda.

Ilmu tajwid yang harus kita ketahui adalah, tajwid merupakan ilmu yang mempelajari tentang tata cara yang benar dalam membaca serta mengucapkan huruf-furuf atau ayat suci Al-Qur'an.

Adapun dalil mengenai Ilmu tajwid diantaranya:

Allah berfirman dalam Qur'an Surah Al-Muzzammil ayat 73 yang artinya 
"Dan bacalah Al-Qur'an dengan tartil."

Dari dalil diatas, bisa kita simpulkan bahwa membaca Al-Qur'an dengan tartil memerlukan tajwid agar bacaannya bisa indah, baik dan benar. Tartil adalah membaca dengan perlahan/tidak tergesa-gesa. 

Karena jika membaca Al-Qur'an dengan tergesa-gesa akan sangat sulit untuk memperhatikan tajwid dan akhir-akhirnya akan terdapat banyak kesalahan.

Manfaat Belajar Tajwid

Belajar tajwid sangat memberikan banyak manfaat. Belajar tajwid akan sangat baik jika dimulai sejak kecil, karena akan mempercepat proses bisa dan benar membaca Al-Qur'an. Saya sangat menyesal dulu mulai belajar tajwid dari kelas 5 SD, dan saat ini saya malah malu sendiri ketika melihat anak yang masih dibawah kelas 3 SD sudah mahir dan benar dalam membaca Al-Qur'an, bahkan ada yang sampai hafal beberapa Juz.

Manfaat utama belajar dan mempelajari ilmu tajwid adalah agar bisa terhindar dari kesalahan dalam membaca ayat suci Al-Qur'an.

Jadi, ketika kita sudah mengetahui apa saja sih macam-macam tajwid yang ada, dan apa saja sih hurufnya, dan bagaimana sih cara membacanya, maka hanya ada sedikit kemungkinan salah dalam membaca Al-Qur'an bahkan tidak salah sama sekali, dengan catatan sungguh-sungguh dalam menggunakan ilmu tajwid.

Semoga artikel tentang pengertian ilmu tajwid serta manfaat belajar ilmu tajwid ini bisa bermanfaat untuk saya pribadi dan Anda semua. Karena memang, belajar tajwid sangatlah penting guna agar bisa membaca Al-Qur'an dengan benar sesuai tuntunan ilmu tajwid.

Silahkan berkomentar
EmoticonEmoticon