April 21, 2017

Pengertian, Manfaat, dan Kerugian Jaringan Komputer

Tags
Hai kawan semua kembali lagi di blog Anto Tunggal yang pada kesempatan kali ini akan membahas mengenai jaringan komputer, lebih tepatnya pengertian, manfaat, serta kerugian jaringan komputer. 

Hampir setiap hari kita menggunakan komputer atau laptop untuk menjelajah internet. Dengan aktivitas menjelajah internet tersebut, otomatis komputer atau laptop sudah terhubung dengan jaringan. Biasanya pada sebuah jaringan, ada beberapa komputer yang saling terhubung maka itu sudah bisa disebut dengan jaringan komputer.

Pengertian Jaringan Komputer

Jaringan komputer adalah sebuah sistem komputer yang terdiri dari dua komputer atau lebih yang saling terhubung antara satu dengan yang lain melalui media transmisi atau media komunikasi sehingga dapat saling bertukar informasi, berbagi data, ataupun berbagi data lainnya.

Jaringan komputer tentu sudah sangat melekat dengan kehidupan sehari-hari dan sudah tidak asing lagi. Karena sekarang sudah sangat banyak pekerjaan yang mau tidak mau harus menggunakan jaringan komputer sebagai salah satu syarat sahnya, misalkan pada sebuah kantor biasanya menggunakan jaringan komputer untuk mempermudah komunikasi antar karyawan.

Mungkin ada yang baru mengetahui arti dari jaringan komputer setelah masuk sekolah dan mengambil jurusan Teknik Komputer dan Jaringan. Saya sendiri juga begitu, walaupun sudah sejak kelas 6 SD bermain komputer (main di warnet pada saat itu), namun baru kelas X (sepuluh) SMK mengetahui pengertian/arti dari jaringan komputer.
pengertian manfaat dan kerugian jaringan komputer

Manfaat Jaringan Komputer

Jika kita menggunakan jaringan komputer dengan baik, pasti akan menemukan banyak sekali manfaat didalamnya. Adapun manfaat dari jaringan komputer antara lain sebagai berikut:

  1. Bisa saling bertukar sumber daya sehingga dapat digunakan secara bersama-sama, misalkan printer, modem, hard disk dan yang lainnya sehingga akan sangat meningkatkan efektivitas dan efisiensi waktu. Selain itu, semua orang dalam jaringan tersebut dapat menggunakan sebuah peripheral secara bersama-sama sehingga juga akan menghemat biaya pembelian periphreal.
  2. Dapat menggunakan sebuah software/aplikasi secara bersamaan atau biasa disebut dengan multiuser. Dalam satu jaringan komputer, hampir sama dengan bertukar peripheral, namun yang ini menggunakan sebuah aplikasi secara bersama-sama.
  3. Dengan menggunakan jaringan komputer, kita bisa melakukan pengiriman data secara cepat dan lebih mudah, karena jaringan komputer memang bersifat sangat memudahkan segala aktivitas sehari-hari.
  4. Jaringan komputer sangat memungkinkan terjadinya komunikasi antar pengguna, yaitu bisa menggunakan email untuk teleconference atau mengirim pesan lainnya.
  5. Sistem jaringan komputer dapat memberikan perlindungan terhadap data karena pemberian hak akses pada setiap pengguna. 
  6. Sumber daya lebih efisien dan up to date, karena jika ada perubahan atau pembaharuan dari dari server akan diketahui oleh pengguna yang lainnya.

Kerugian Jaringan Komputer

Dibalik banyaknya kelebihan jaringan komputer, juga menyimpan kerugian dalam penggunaan jaringan ini. Antara lain sebagai berikut:

  1. Adanya sharing file yang tidak diperlukan menjadi salah satu kerugian menggunakan jaringan komputer. Salah satu pengguna jaringan komputer dapat mengambil data pengguna lain tanpa diketahui. Ini sebenarnya tergantung dari setiap individu pengguna. Namun tidak pasti adanya pengambilan data yang tidak penting. Ini memang sangat merugikan karena biasanya, ada data yang penting yang hanya ditujukan kepada beberapa pengguna saja, namun pengguna lain bisa membaca data tersebut.
  2. Dengan perencanaan sistem yang tidak baik, maka kerugian yang lainnya adalah sering terjadinya down pada network, jadi semua pengguna juga akan mengalami hal yang sama. Namun ini bisa diantisipasi dengan melakukan pembangunan/perancangan jaringan komputer dengan baik dan maksimal.
Mungkin hanya ini saja yang dapat saya bagikan mengenai pengertian, manfaat, serta kerugian jaringan komputer. Semoga bisa bermanfaat untuk Anda semua.
Terima kasih.

Silahkan berkomentar
EmoticonEmoticon