Anto Tunggal

Ilmu Komputer dan Desain Grafis

April 16, 2017

Pengertian Sistem Operasi Berbasis GUI (Graphical User Interface)

Pengertian sistem operasi berbasis GUI atau Graphical User Interface adalah antar muka pada sistem operasi yang menggunakan menu grafis atau tampilan dengan maksud memudahkan pengguna (user) dalam menggunakan/mengoperasikan sistem operasi tersebut.

GUI merupakan sarana penghubung atau antar muka antara sistem operasi dengan pengguna. Tampilan dari sistem operasi graphical user interface ini memang sudah didesain sedemikian rupa guna mempermudah pengguna dalam menggunakan suatu sistem operasi komputer.

Kenyamanan dalam menggunakan sistem operasi GUI ini bisa dijamin, karena pengguna akan merasa nyaman dan tidak bingung ketika melihat interfacenya. Bisa dikatakan pula sistem operasi ini sebagai sistem operasi yang user friendly. Artinya, pengguna dapat dengan mudah mengoperasikan sistem operasi tersebut dengan sangat mudah menggunakan tool yang sudah disediakan.

Jadi pada intinya, sistem operasi GUI adalah sistem operasi yang sudah didesain sedemikian rupa oleh desainernya dengan maksud agar user dapat dengan mudah menangkap apa yang dilihatnya dan melakukan hal apa saja dengan mudah. Intinya adalah memudahkan.

pengertian sistem operasi gui graphical user interface

Kelebihan dan Kekurangan GUI

Setelah mengetahui pengertian dari sistem operasi GUI, kurang lengkap rasanya jika tidak mengetahui kelebihan dan kekurangannya. Semua hal mempunyai kelebihan dan kekurangan, termasuk sistem operasi Graphical User Interface ini.

Kelebihan Sistem Operasi GUI

1. Tampilan Menarik
Ya, tampilan dari GUI memang sangat menarik. Desain yang dibuat sudah nyaman dipandang mata. Saya yakin Anda semua merupakan penggina SO GUI, ya kan? Jika Anda memperhatikannya, maka akan sangat terlihat dengan jelas tampilan pada setiap bagian sistem operasi Anda pasti sudah sangat nyaman dipandang.

Yang terakhir muncul sistem operasi GUI dari Windows adalah windows 10. Tampilan dari windows 10 sendiri sangatlah keren, saya sendiri juga menggunakannya. Terlihat dari bagian menu start yang merupakan salah satu tampilan yang menarik, dari segi warna maupun bentuk.

2. Mudah Digunakan
Dengan tampilan yang user friendly, maka sudah jelas sistem operasi berbasis GUI ini memang sangat mudah digunakan jika dibandingkan dengan sistem operasi berbasis CLI (Command Line Interface).

Dengan menggunakan sistem operasi GUI, Anda sudah tidak perlu lagi mengingat cara yang sulit dalam menjalankan perintah karena sistem operasi GUI interfacenya sudah tersusun dengan rapih dan mudah diingat pula. 

Lain halnya dengan CLI yang harus mengingat cara yang sulit, karena sistem ini menggunakan perintah text dan baris.

3. Masih Banyak Lagi
Keunggulan dari sistem operasi GUI masih banyak sekali. Yang pasti unggul dalam hal interface yang sudah sangat user friendly dan mudah digunakan. Pada tahun 2016 ini (sekarang) hampir semua pengguna laptop/komputer menggunakan sistem operasi berbasis Graphical User Interface. Kecuali komputer yang dijadikan server memang biasanya menggunakan sistem operasi Command Line Interface.

Kekurangan Sistem Operasi GUI

1. Lebih Berat
Ya sangat jelas sekali kalau GUI lebih berat dibandingkan CLI. Sudah bisa dibayangkan, interface dari GUI sendiri sudah sangat menarik dan memudahkan, tampilannya juga tidak membosankan. Semua itu juga memerlukan sebuah memory untuk menjalankannya.

Jadi semakin bagus interface sebuah sistem operasi maka akan semakin berat pula, yang pasti akan memakan memory yang banyak untuk menjalankannya.

Menurut saya pribadi, kekurangan sistem operasi GUI hanya terletak pada psesifikasi hardware saja. Namun untuk sekarang, saya yakin bahwa spesifikasi hardware laptop/komputer keluaran terbaru sudah mampu menjalankan sistem GUI semua.

Macam-Macam Sistem Operasi GUI

Nah, selanjutnya saya akan memberikan beberapa contoh sistem operasi berbasis Graphical User Interface.

Keluarga Windows

1. Windows 1.0x
Ini merupakan sistem operasi Windows yang menggunakan GUI. Sistem windows ini menampilkan 32x32 pixel icon dan warna grafis.

2. Windows 95
Pada windows 95, peningkatan paling pesat adalah dengan adanya penambahan fitur start. Dengan adanya tombol start ini, interface windows 95 menjadi semakin berbeda.

3. Windows 98
Tidak ada penambahan fitur GUI pada windows 98 ini, semuanya hampir sama dengan windows 95. Yang membedakan adalah jumlah warna yang dimiliki, windows 98 sudah memiliki 256 warna.

4. Windows XP
Pada windows XP ini, Microsoft melakukan perubahan besar-besaran. Anda pasti sudah pernah menggunakan windows XP kan, ya tampilannya sudah sangat memudahkan user. Dengan rilisnya windows XP ini, pengguna windows semakin bertambah banyak.

5. Windows Vista
Selanjutnya adalah windows Vista. Semua hampir mirip dengan windows XP, hanya saja ada penambahan animasi-animasi 3d yang menambah kesan menarik.

6. Windows 7
Windows 7 merupakan penerus dari windows Vista. Tampilannya memang hampir sama, namun tetap ada perbedaan. Yang pasti, windows 7 lebih unggul.

7. Windows 8 dan 8.1
Windows ini merupakan penerus dari windows 7. Tampilan menu startnya berubah total dari versi windows sebelumnya. Namun windows 8 ini belum terlalu lama dirilis, sudah muncul pembaharuan lagi yaitu windows 10.

8. Windows 10
Windows 10 merupakan windows yang paling baru dan terupdate saat ini. Tampilannya sangat keren menurut saya. Dan soal GUI jangan ditanya lagi, windows 10 sudah user friendly banget.

Keluarga Mac OS

1. Mac OS X
Mac OS X dirilis pada tahun 2001. Tampilan GUI OS ini merupakan salah satu yang paling keren dan menarik.

2. Mac OS X Leopard
Pada sistem operasi ini, sangat banyak penambahan fitur GUI seperti animasi interaktif yang sangat memanjakan mata.

3. Mac OS X SnowLeopard
Yang pasti dalam OS ini adalah penambahan fitur-fitur yang semakin menarik dan keren.

4. Masih Banyak
Sekarang sudah banyak Machintos yang terbaru. Mac OS memang keren dalam segi interface, sangat mudah dipahami oleh user. Namun sayangnya, saya sendiri belum pernah menggunakannya.

Keluarga Linux

1. GNOME
Yang ini saya kurang tahu penjelasannya, yang pasti dari Linux.

2. Ubuntu

3. KDE

4. Cinnamon

5. Masih Banyak

Mungkin hanya itu saja yang saya bagikan pada kali ini. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk Anda semua yang sedang membaca, terlebih untuk Anda yang kelas X karena ini merupakan salah satu materi TKJ kelas X.
Terima kasih.
Rekomendasi Untuk Anda × +
0 Komentar untuk "Pengertian Sistem Operasi Berbasis GUI (Graphical User Interface)"

Silahkan berkomentar

Contact Form

Name

Email *

Message *

Back To Top