Arti Peribahasa Air Beriak Tanda Tak Dalam Dan Contohnya

Diposting pada

Arti Peribahasa Air Beriak Tanda Tak Dalam dan Contohnya – Peribahasa adalah sebuah kalimat atau sekelompok kata yang menyatakan makna maksud tertentu seperti keadaan seseorang dan mengungkapkan perbuatan, atau kelakuan dari seseorang. Peribahasa sendiri mencakup pepatah, ungkapan, ibarat, perumpamaan, tamsil. Dalam penggunaannya peribahasa sering digunakan oleh banyak orang bijak di dunia untuk mengungkapkan dan menggambarkan suatu keadaan maupun sebuah jalan keluar dari suatu masalah.

Banyak yang mencari arti air beriak tanda tak dalam karena memang kurang mengetahui makna di balik peribahasa itu. Padahal, dalam konteks kehidupan sehari hari masih ada lagi istilah air tenang menghanyutkan, besar pasak daripada tiang, dan lain sebagainya. Setiap peribahasa memiliki arti dan makna tersendiri dan lain dari pada yang lain. Menariknya, arti peribahasa air beriak tanda tak dalam dan air tenang menghanyutkan memiliki makna yang saling berlawanan karena menggambarkan perilaku baik dan buruk.

Arti Peribahasa Air Beriak Tanda Tak Dalam Dan Contohnya
Arti Air Beriak Tanda Tak Dalam

Dalam dunia pendidikan peribahasa banyak digunakan sebagai materi pembelajaran mulai dari jenjang SMP, SD, SMA bahkan hingga perguruan tinggi. tidak hanya itu, peribahasa juga kerap muncul dalam soal-soal latihan dan ujian di berbagai tingkatan. Peribahasa juga termasuk dalam pembelajaran bahasa indonesia yang wajib dikuasai oleh murid-murid disekolah. Sebab peribahasa pada umumnya memiliki makna baik dan mengajarkan pelajaran moral kepada siswa.

Arti Peribahasa Air Beriak Tanda Tak Dalam Dan Contohnya

Peribahasa dalam Bahasa Indonesia sendiri memiliki berbagai ragam kata dan makna. Salah satunya ialah peribahasa air beriak tanda tak dalam ini. Kita tahu bahwa peribahasa sendiri dapat diartikan sebagai suatu kalimat atau sekelompok kata yang menyatakan makna maksud tertentu seperti keadaan seseorang dan mengungkapkan perbuatan, atau kelakuan dari seseorang.

Apabila kalian bertanya apa arti air beriak tanda tak dalam sebenarnya memiliki manka begitu menohok. Peribahasa itu mengajarkan seseorang untuk menjaga lisan agar tidak banyak membicarakan hal berbobot. Sebab kualitas diri sekaligus pikiran manusia dapat tercermin dari tutur kata serta tindakannya.

Tentunya kita kerap mendengar peribahasa air beriak tanda tak dalam dalam kehidupan bahkan di sekolah. Peribahasa ini sangat populer digunakan karena dapat menggambarkan karakter dari seseorang. namun apa sebenarnya pengertian atau arti peribahasa air beriak tanda tak dalam sebenarnya?

Arti Peribahasa Air Beriak Tanda Tak Dalam

Air beriak tanda tak dalam memiliki arti yang hampir sama dengan tong kosong berbunyi nyaring. Arti peribahasa ini adalah:

  1. Orang yang banyak berbicara biasanya tidak berilmu sama sekali.
  2. Orang yang terlalu banyak bicara adalah orang yang tidak terlalu paham dengan inti pembicaraan atau inti permasalahan.
Baca Juga  Arti Peribahasa Besar Pasak Daripada Tiang Dan Contohnya

Dari kedua arti tersebut dapat disimpulkan bahwa air beriak tanda tak dalam memiliki arti orang yang banyak bicara pada umumnya berilmu rendah. Sehingga arti air beriak tanda tak dalam memiliki makna negatif dan sering dipakai sebagai kalimat sindiran terhadap seseorang.

Makna air beriak tanda tak dalam juga mengajarkan kita untuk menjaga lisan. Alangkah baiknya kita tidak membesar besarkan omongan yang tidak diperlukan. Sebab orang lain pun juga menilai setiap tutur kata yang keluar dari lisan.

Walalupun memiliki makna begitu sederhana tapi faktanya masih banyak yang belum mampu menerapkan pesan di balik peribahasan tersebut. Maka dari itu, untuk memperdalam pemahaman mari kita simak contoh nyata pada sesi selanjutnya.

Contoh Peribahasa Air Beriak Tanda Tak Dalam

Contoh dalam kalimat untuk peribahasa ini dapat anda lihat dalam kutipan cerita dibawah ini:

Anton merupakan murid sekolah menengah atas yang bersekolah di SMA 3 Karangmalang. Anton tidak terlalu banyak memiliki teman dan jarang belajar, hal ini menjadikan anton menjadi murid yang kurang pandai dikelasnya. Setiap kali ujian berlangsung ia selalu mendapatkan nilai dibawah rata-rata kelas. Namun meskipun anton selalu mendapatkan nilai yang jelek, ia selalu berbicara seolah dia adalah murid yang paling pandai dengan menjawab berbagai pertanyaan yang kerap ditanyakan teman-temannya meskipun jawaban itu hanya jawaban kosong saja. Teman-teman anton selalu menganggap anton sebelah mata ibarat air beriak tanda tak dalam.

Dari contoh di atas dapat disimpulkan bahwa anton adalah murid yang tidak pandai namun memiliki sifat jelek yakni bersikap sok tau dan sok pandai ibarat air yang beriak.

Itulah arti peribahasa air beriak tanda tak dalam yang dapat saya sampaikan. Kita dapat menyimpulkan bahwa arti dari peribahasa ini adalah orang yang banyak bicara pada umumnya berilmu rendah. Pada sesi selanjutnya kita akan membahas tentang pengertian atau arti peribahasa lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.