Bagian-Bagian Lembar Kerja pada Photoshop

Diposting pada

Bagian-Bagian Lembar Kerja pada Photoshop – Photoshop lagi yang akan dibahas pada kesempatan kali ini. Yang akan saya tuliskan mungkin tidak akan penting bagi yang sudah mahir photoshop. Karena ini merupakan materi photoshop yang bisa disebut paling dasar, jadi mungkin ini tidak akan berguna untuk para master photoshop. Lembar kerja dari photoshop juga tersusun dengan rapih sehingga para penggunanya merasa nyaman dan tidak dibingungkan. Nah pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai bagian-bagian lembar kerja pada photoshop.

Bagian-Bagian Lembar Kerja pada Photoshop
Lembar Kerja pada Photoshop

Secara keseluruhan, lembar kerja photoshop merupakan satu halaman penuh pada photoshop. Artikel ini sebenarnya hanya khusus yang sedang belajar saja ya, kalau sudah berpengalaman dengan photoshop pasti sudah tahu dengan bagian lembar kerja pada photoshop. Dalam photoshop tersebut memang terdapat beberapa bagian lembar kerja yang perlu anda ketahui. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang bagian bagian lembar kerja pada photoshop. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Bagian-Bagian Lembar Kerja pada Photoshop

Dalam photoshop terdapat bagian bagian lembat kerja yang disusun rapi untuk memudahkan penggunanya dalam melakukan pengeditan gambar atau foto. Lantas apa saja bagian bagian di photoshop itu? Oke, untuk Anda yang sekiranya membutuhkan artikel ini silahkan bisa disimak dengan seksama agar paham dengan apa yang saya berikan.

Title Bar

Bagian-Bagian Lembar Kerja pada Photoshop
Title bar merupakan jendela pada lembar kerja photoshop yang menampilkan judul atau nama karya yang akan dibuat. Sebagai contoh pada gambar diatas, karya yang akan saya buat memiliki nama Untitled-1 yang merupakan nama default yang diberikan oleh Photoshop ketika kita tidak memberikan nama saat membuat karya baru.

Title bar berfungsi untuk mempermudah pengguna untuk mengetahui desain mana yang sedang dikerjakan. Bayangkan saja jika tidak ada title bar, maka akan sulit bagi pengguna untuk mengetahui nama dari desain yang sedang dikerjakan.

Menu Bar

Bagian-Bagian Lembar Kerja pada Photoshop

Menu bar merupakan jendela pada lembar kerja pada photoshop yang menampilkan menu-menu perintah seperti gambar diatas, mulai dari file sampai help. Dari menu-menu diatas didalamnya masih memiliki sub menu yang jumlahnya sangat banyak. Nanti Anda bisa mencoba klik pada salah satu menu bar diatas, maka akan muncul sub menu yang banyak didalamnya.Dengan ini, maka pengguna akan lebih mudah untuk menavigasi menu-menu yang ada di photoshop. Karena mungkin bagi sebagian orang akan lebih suka menggunakan menu ini daripada menggunakan tombol shortcut keyboard.

Baca Juga  Cara Seleksi Foto di Photoshop dengan Magic Wand Tool

Option Bar

Bagian-Bagian Lembar Kerja pada Photoshop

Option bar merupakan tombol yang digunakan untuk melakukan suatu perintah. Dan ketika kita menggunakan tool berbeda, maka tampilan dari option bar ini juga akan berbeda karena option bar mengikuti tool yang sedang digunakan. Kalau di gambar diatas saya sedang menggunakan tool zoom out. Ini akan mempermudah pengguna dalam menggunakan sub-sub menu yang akan digunakan. Karena setiap kita menggunakan sebuah tool, akan muncul menu bar dari tool tersebut.

Toolbox

Bagian-Bagian Lembar Kerja pada Photoshop

Toolbox merupakan bagian dari lembar kerja yang berisi tool-tool. Dan tool tersebut memiliki fungsi masing-masing. Pada kesempatan sebelumnya saya sudah memberikan artikel mengenai macam-macam tool pada photoshop dan fungsinya, Anda bisa membacanya terlebih dahulu jika merasa perlu.Sebenarnya dalam memilih tool bisa saja menggunakan keyboard, namun untuk yang baru menggunakan photoshop pasti belum hafal dengan shortcut keyboard, jadi lebih mudah menggunakan toolbox ini.

Palet

Bagian-Bagian Lembar Kerja pada Photoshop

Secara umumnya, palet memberikan gambaran mengenai layer atau dokumen yang sedang aktif digunakan. Di dalam jendela tersebut masih ada palet warna, palet adjusment, dan palet dokumen. Pada kesempatan lain akan saya jelaskan mengenai pengertian dan fungsi palet tersebut.Nah, mungkin hanya itu saja yang dapat saya sampaikan mengenai bagian-bagian lembar kerja pada adobe photoshop cs3.

Jika Anda telah mengetahui bagian dari lembar kerja photoshop, saya yakin Anda akan semakin mudah dalam menggunakannya. Karena biasanya kalau belum tahu dimana letak-letaknya akan kebingungan. Semoga bermanfaat. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.