Cara Mudah Membuat Blog di Blogger atau Blogspot 2017

Diposting pada

Cara Mudah Membuat Blog di Blogger atau Blogspot 2017 – Memiliki sebuah blog memang menjadi kesenangan tersendiri. Jika sebelumnya kita hanya bisa melihat artikel-artikel pada blog orang lain, sekarang kita bisa menulis sendiri apapun yang kita inginkan setelah membuat dan memiliki blog. Selain itu, kita juga bisa memperlihatkan tulisan kita kepada orang lain. Blogger menjadi platform blogging gratis yang paling banyak digunakan. Sebenarnya banyak sekali platform blogging gratis yang tersedia, namun blogger tetap menjadi prioritas utama.

Blog merupakan salah satu media penghasil uang, jika anda memanfaatkannya dengan benar. Namun sebelum itu tentunya terdapat beberapa proses untuk membuat blog tersebut dapat digunakan sebagaimana mestinya. Untuk membuat blog sendiri dapat dilakukan dengan menggunakan blogger ataupun blogspot 2017. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang cara mudah membuat blog di blogger atau blogspot 2017. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Cara Mudah Membuat Blog di Blogger atau Blogspot 2017

Sebelum beranjak menuju cara membuat blog, alangkah baiknya Anda menyimak beberapa tips dalam membuat blog. Pengalaman, saya mempunyai banyak blog dan hanya sedikit sekali yang sukses, dalam artian memiliki pengunjung yang lumayan banyak. Di bawah ini terdapat beberapa tips sebelum membangun sebuah blog yaitu sebagai berikut:

Apa Tujuan Anda Ngeblog?
Ini perlu Anda tanyakan pada diri sendiri “Apa sih tujuan saya membuat blog?”. Karena ini sama halnya dengan sebuah target yang ingin Anda capai. Ketika Anda membuat blog dengan tujuan berbagi ilmu dengan teman, maka itu merupakan target utama Anda yaitu menyebarkan ilmu yang Anda punya kepada teman-teman melalui blog.

Jika Anda tidak mempunyai tujuan ketika membuat blog, kemungkinan besar blog yang dibuat akan terbengkalai tanpa pengunjung. Karena tanpa tujuan, penulisan konten akan terkesan asal-asalan dan isi dari konten tersebut tidak banyak dicari oleh pengunjung.

Topik Apa yang Anda Kuasai?
Ini berkaitan dengan konten yang akan mengisi blog Anda. Penguasaan materi akan sangat berpengaruh dalam pembuatan artikel atau postingan. Ketika Anda memiliki keahlian dalam bidang Komputer, maka isilah blog yang Anda buat dengan artikel-artikel yang berkaitan dengan komputer. Karena jika Anda salah dalam memilih topik (konten blog), proses pembuatan artikel akan terhambat. Setiap hendak membuat artikel pasti akan bingung. Jadi, isilah blog Anda dengan materi-materi yang Anda kuasai. Jangan sekali-kali memilik topik yang sama sekali belum pernah dipelajari atau hanya akan sia-sia dalam membuat blog.

Baca Juga  Cara Mudah Mengetahui Kecepatan Loading Blog

Cara Membuat Blog di Blogger

Cara membuat blog sangatlah mudah, hanya dalam waktu kurang dari 5 menit saja sudah bisa memiliki blog. Yang sulit adalah bagaimana cara mensukseskan blog Anda, saya sendiri juga masih sangat kesulitan dalam mensukseskan blog yang saya punya. Oke, cara membuat blog di blogger ini sangatlah mudah. Dalam tutorial ini akan saya buat sedetail mungkin agar mudah untuk Anda pahami.

Buka Blogger.com atau Blogspot.com
Silahkan Anda buka halaman Glogger. Setelah itu, Anda akan disuguhkan dengan tampilan seperti dibawah ini dan klik Create Your Blog. Kemudian login dengan akun Google karena Blogger menggunakan akun Gmail. Jika belum punya Gmail, bisa membuat terlebih dahulu.

Cara Mudah Membuat Blog di Blogger atau Blogspot 2017
Tampilan Blogger.com

Silahkan masukkan email dan password Gmail Anda pada kolom yang telah disediakan.

Klik Blog Baru (Create New Blog)
Karena kita akan membuat blog baru, maka pilih Create New Blog seperti gambar dibawah ini.

Cara Mudah Membuat Blog di Blogger atau Blogspot 2017
Membuat Blog Baru

Masukkan Judul dan Alamat Blog yang Diinginkan
Anda akan menjumpai tampilan seperti gambar dibawah.

Cara Mudah Membuat Blog di Blogger atau Blogspot 2017
Memasukkan Judul dan Alamat Blog

Silahkan masukkan judul blog yang Anda inginkan, kalau untuk blog pribadi lebih baik menggunakan nama sendiri saja. Sebagai contoh saya menggunakan nama Charis Fitriyanto.

Setelah itu masukkan juga alamat blog yang diinginkan. Dalam hal ini, tidak semua alamat (url) yang Anda inginkan akan tersedia, bisa saja sudah digunakan oleh orang lain. Jadi silahkan gunakan alamat yang masih tersedia, tandanya adalah ada contreng biru disamping alamat.

Kemudian, pilih template yang Anda inginkan. Dalam hal ini, sebaiknya pilih sembarang terlebih dahulu saja karena nanti tampilannya bisa dikostumisasi lagi setelah pembuatan blog selesai. Jika sudah, klik Buat Blog atau Create Blog.

Sudah Selesai
Nah, sekarang Anda sudah memiliki blog sendiri. Untuk menulis artikel silahkan klik New Post yang ada di bagian atas.

Cara Mudah Membuat Blog di Blogger atau Blogspot 2017
Blog Selesai Dibuat

Nah sekarang sudah mempunyai blog baru kan. Sekali lagi, cara membuat blog memang sangat mudah, yang sulit adalah cara membuatnya menjadi blog sukses. Terus simak tutorial-tutorial blogging lainnya di blog Anto Tunggal. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.