Cara Membuat Efek Hujan Salju dengan Photoshop

Diposting pada

Cara Membuat Efek Hujan Salju dengan Photoshop – Pada tutorial ini saya akan membagikan cara membuat efek hujan salju dengan photoshop. Nah, bagi Anda yang belum pernah merasakan bagaimana hujan salju yang sebenarnya, tenang saja. Anda bisa membuatnya kok hanya dengan aplikasi photoshop saja. Jadi, Anda tidak perlu jauh-jauh pergi ke luar negeri hanya untuk mencicipi rasanya hujan salju. Karena ada photoshop yang bisa mengatasi masalah Anda agar tidak harus ke luar negeri.

Cara Membuat Efek Hujan Salju dengan Photoshop
Membuat Efek Hujan Salju dengan Photoshop

Dengan tutorial cara membuat efek hujan salju ini, Anda bisa seolah-olah berada di musim salju. Karena menurut saya, efek ini bisa dibuat real/nyata dan hampir sama dengan hujan salju yang sesungguhnya. Bagi anda yang ingin mengeksplorasi bagaimana cara membuat efek salju tentunya dapat menerapkan tutorial di bawah ini. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang cara membuat efek hujan salju dengan photoshop. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Cara Membuat Efek Hujan Salju dengan Photoshop

Dengan menggunakan photoshop kita dapat membuat efek apapun sesuai dengan keinginan. Misalnya saja efek hujan salju yang sedang populer dikalangan banyak orang. Lantas bagaimana cara membuat efek hujan salju itu? Oke, kalau penasaran, silahkan simak tutorial mudah membuat efek hujan salju keren ini.

1. Pertama, buka foto yang akan diberi efek hujan salju.

2. Kemudian, buat layer baru berwarna hitam, dan letakkan diatas layer foto. Cara membuat layer barunya mudah sekali, tinggal tekan tombol keyboard (Shift+Ctrl+N) secara bersamaan nanti akan muncul layer baru yang masih berwarna transparant. Kemudian tinggal beri warna hitam pada layer baru tersebut dengan Paiant Bucket Tool (Tombol keyboard G).

Baca Juga  Cara Membuat Foto Hitam Putih dengan Photoshop

3. Setelah itu ubah blending mode pada layer baru menjadi Screen. Ini berfungsi untuk memngubah blending mode background hitam agar tidak menutupi foto utama. Lihat gambar.

Cara Membuat Efek Hujan Salju dengan Photoshop
Mengubah Blending Mode pada Layer Baru

Nanti setelah blending mode diubah menjadi screen, warna hitam tidak akan menutupi foto yang ingin dibuat efek salju.

4. Lanjut ke proses memberi efek saljunya. Lihat bagian menu bar atas, cari Menu Filter -> Filter Gallery -> Graphic Pen. Untuk letak Graphic pen sendiri berada di menu Sketch. Lihat gambar. Lalu sesuaikan pengaturan Graphic Pen sesuai gambar dibawah ini.

Cara Membuat Efek Hujan Salju dengan Photoshop
Membuat Efek Salju

5. Sekarang sudah terlihat rintik-rintik efek hujan salju. Namun ini belum selesai. Untuk memperhalus saljunya, silahkan pada menu bar pilih Filter -> Blur -> Gaussian Blur kemudian radiusnya isi dengan 1px saja. Lihat gambar.

Cara Membuat Efek Hujan Salju dengan Photoshop
Memperhalus Efek Saljunya

6. Selesai. Inilah hasil akhirnya.

Cara Membuat Efek Hujan Salju dengan Photoshop
Hasil Akhir Pengeditan

Jika Anda ingin menghilangkan efek salju yang berada di wajah gampang saja. Tinggal hapus menggunakan Eraser tool. Gambar diatas hanya sebagai contoh saja, jika hasilnya jelek maka ya harap dimaklumi ya. Karena saya juga masih belajar, mari kita belajar bersama-sama. Semoga bermanfaat. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.